Selasa, 12 Desember 2017

Memupuk Sifat Bekerjasama



oleh: M. Abi Haykal
@D23-Abi

Kerjasama itu ialah sebuah sistem pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerjasama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerjasama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggungjawab tiap anggota
Seseorang yang dapat diandalkan merupakan orang yang dapat diajak bekerjasama, bukan hanya bertumpu pada satu individu, seperti ibaratnya sapu lidi yang terdiri dari beberapa lidi, apabila hanya ada satu batang lidi akan sangat mudah dipatahkan, tetapi apabila bersatu dan diikat maka akan menjadi sebuah benda yang sulit dipatahkan. Saya sangat terkesan dengan takeline “kita tidak sama, kita kerja sama” yang mana kata-kata ini dipakai sebagai takeline dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-72 tahun. Maknanya sangat dalam, dimana walaupun kita berbeda dalam aspek apapun, tetapi rasa kerjasama yang tertanam tetaplah kuat.
Memang bekerja ‘”As a Team” akan lebih memicu banyak perbedaan, namun ingat bahwa hal tersebut akan membuat sesuatu menjadi lebih mudah. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin berkumpul dengan manusia yang lain.Aristoteles menamakan hal ini sebagai zoon politicon artinya makhluk yang selalu ingin hidup berkelompok dan sesamanya. Berdasarkan konsep tersebut, lahirlah hubungan dan kerja sama manusia satu dengan lainnya. Manusia atau bangsa tidak dapat lepas dari hubungan kerja sama dengan manusia atau bangsa lain. Hal ini membuktikan bahwa kerja sama benar-benar hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Beban suatu negara menjadi sangat berat bila hubungan dengan bangsa lain dihambat atau diputus.
     Kerjasama sendiri memiliki beberapa manfaat, antara lain :
a.     Cita – cita, terget, tujuan, maupun keuntungan yang diinginkan akan lebih cepat tercapai.
b.    Memupuk dan menumbuhkan sikap semangat persatuan.
c.     Pekerjaan yang sedang dihadapi akan menjadi lebih mudah.
d.    Pekerjaan yang sedang dihadapi akan menjadi lebih cepat selesai.
e.    Membiasakan diri menjadi pribadi yang ekstrovert dan gemar bekerjasama.

f.     Menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar