Senin, 04 Desember 2017

SEMANGAT HIDUP

@E02-Elvi, @ProyekA11
Disusun Oleh Elvi Khairina


Semangat hidup sebenarnya berasal dari dalam diri sendiri. Sebuah cara untuk selalu memiliki semangat hidup yang positif adalah dengan mengenal diri sendiri. Mengenal bagian-bagian dari diri sehingga kita bisa menata setiap bagian dari diri dengan baik.
MENGAPA DEMIKIAN? Karena dengan memahami bagian dari diri, seseorang akan menemukan mana yang merupakan fisik, pikiran dan jiwa. Dalam jiwa inilah terdapat EGO – AMARAH dan KEINGINAN. Sebuah bagian yang tidak dapat dipisah-pisahkan dari dalam diri kita. Jika kita dapat menatanya dengan baik, maka kita akan dapat memiliki semangat hidup yang selalu tinggi, semangat hidup yang dapat membuat hidup kita berjalan dengan tertata menuju kesuksesan yang hakiki.
DARIMANA SEMANGAT ITU MUNCUL?
Semangat muncul dari  sebuah keyakinan . Keyakinan itu merupakan sesuatu yang muncul karena dijalani bukan karena perkataan semata.

Menurut Asvi (2015), Berikut tips mengenai cara untuk membangkitkan semangat hidup :
  1. Bersabar
Jika Anda memiliki masalah besar, bersabarlah. Sabar bukan berarti diam, melainkan juga terus berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  1. Tawakal
Anda harus berserah diri kepada Allah, karena hanya Dial ah yang bisa membantu seseorang keluar dari masalah.
  1. Beribadah
Beribadah, mendekatkan diri pada Allah dan senantiasa bersabar hingga masalah tersebut terlewati.
  1. Mencari Sumber Masalah
Seseorang harus bisa mencari sumber masalah yang ada. Mengapa masalah tersebut bisa terjadi ? Bagaimana solusinya ? Lakukan evaluasi kecil yang bisa membantu dalam memecahkan masalah sehingga bisa lebih lega karena setiap masalah bisa diurai menjadi lebih kecil yang penanganannya lebih mudah.
  1. Menyelesaikan Masalah
Dan yang terakhir adalah mulailah untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selesaikan satu per satu dengan tujuan bahwa benar-benar ingin menyelesaikan dengan penuh tanggung jawab apapun resikonya. Itu mengapa semangat hidup penting untuk kita miliki.
Hubungan motivasi hidup dengan semangat (Yokun,2011):
Pengaruh kata-kata motivasi hidup terhadap semangat seseorang sangat dahsyat. Kata-kata motivasi hidup adalah senjata ampuh yang bisa dipergunakan untuk menembus gerbang kesuksesan. Misalnya : Kamu bisa!! Aku pasti bisa!! Semangat!! Tak ada kata menyerah!! Aku mendukungmu!! dan kata-kata yang sejenis itu bisa membuat seseorang berubah menjadi lebih baik.
Memberikan semangat berupa kata-kata motivasi hidup kepada orang yang kita sayangi bukan berarti kita memanjakan mereka. Karena sesungguhnya memotivasi tak sama dengan memanjakan. Ibarat orang yang ingin memancing, memotivasi sama saja dengan kail, sedangkan memanjakan sama saja dengan ikan. Maka, tak salah bukan bila ada pepatah “Jangan beri ikannya tapi berikanlah kailnya.

Menurut Maulana (2012), Arti semangat dalam menjalani kehidupan :

  1. Semangat mampu memberikan kekuatan
  2. Semangat mampu menciptakan jalan.
  3. Semangat bisa mengusir ketakutan.
  4. Semangat bisa mengobati rasa lelah.
  5. Semangat bisa mematahkan kesulitan.
  6. Semangat akan mengantarkan pada tujuan.
  7. Semangat akan menerangi kegelapan.
  8. Semangat merupakan roh kehidupan yang menjiwai segala tindak tanduk kita.

Daftar Pustaka :
Asvi, Erlangga. 2015, Cara Membangkitkan Semangat Hidup. Solusi Super Sukses  .Dalam http://solusisupersukses.com/cara-membangkitkan-semangat-hidup/


(Diakses tanggal 5 Desember 2017)
Yokan, Rifai. 2011. Hubungan antara kata - kata motivasi hidup dengan semangat untuk menjalani hidup.  Rifai Jepun.  Dalam http://rifaijepun.blogspot.co.id/2011/02/hubungan-antara-kata-kata-motivasi.html?m=1


(Diakses tanggal 5 Desember 2017)
Maulana,Ridho.2012. Arti Semangat. Kemanabintang.blogspot.co.id. Dalam http://kemanabintang.blogspot.co.id/2012/10/arti-sebuah-semangat.html?m=1


(Diakses tanggal 5 Desember 2017)
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar