Sabtu, 30 Desember 2017

Tips meningkatkan Semangat pada diri sendiri






hallo teman-teman semua,
serung kali kita males untum melakukan sesuatu dalan kehidupan sehari hari. tapi tau gak sih kelamaan males itu gak baik. oleh karena itu saya ingi  ngasih beberapa tips agar teman teman dapat mengembangkan diri :

Pertama, bangunlah kemantapan hati bahwa kita memiliki mimpi atau cita-cita. Seseorang yang tidak memiliki impian atau cita-cita, maka bisa dikatakan hidupnya akan hampa karena tak tahu apa tujuan hidupnya. Karena itulah, orang tua kita berpesan “gantungkanlah cita-citamu setinggi langit”. Jangan pernah takut mempunyai cita-cita yang tinggi, sebab dengan adanya cita-cita itulah, kita menjadi mau belajar dan berusaha untuk mengetahui bagaimana cara untuk mencapainya. 


Kedua, sadarilah bahwa kita dikelilingi oleh orang-orang yang kita cintai. Baik itu orangtua, guru, atau teman-teman yang pasti akan bangga jika kita menjadi orang yang pandai dan berprestasi. Dengan demikian, semangat kita akan terpacu untuk belajar menjadi lebih baik dan mampu menjadi pribadi yang patut dibanggakan, baik oleh diri sendiri maupun orang lain. 

Ketiga, pupuklah rasa iri (bukan dengki, ya) kepada orang yang lebih pandai atau lebih tinggi ilmunya. Kalau mereka bisa, kenapa saya tidak? Hadirkan pertanyaan ini berulang-ulang saat kita melihat orang lain berprestasi. Bukan hanya itu, dekati dan jadikan orang tersebut teman kita. Tak perlu malu untuk belajar kepada siapapun, meski mungkin kepada anak kecil sekali pun. Sebab, ilmu bisa didapatkan dari mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Dengan begitu, akan tumbuh motivasi sekaligus upaya positif dalam mencapai tujuan kita tersebut.


Dalam belajar kita harus mempunyai rasa mampu untuk rasa ingin tahu sehingga rasa malas itu tidak ada. Kita juga berusaha bergaul dengan teman yang rajin juga karena teman yang rajin juga dapat memengaruhi diri kita jika sudah terbiasa juga mudah untuk tertular dalam kebiasaannya dan melihatnya menjadikan diri kita untuk mencontohnya. Sedangkan teman yang malas juga terpengaruh ikut-ikutan malas jadi kita ikut malas juga.
Dalam belajar yang lebih semangat diri kita juga mempunyai rasa ingin menunda kesenangan karena sesuatu yang diawali dengan perjungan pasti akan diakhiri dengan kesenangan dan kebahagian pada diri kita. Maka tunda kesenangan dahulu dan perjuang belajar dengan semangat. Dalam belajar kita juga bisa membagi waktu atau mengatur waktu agar diri kita terbiasa disiplin, jangan bertingkah semaunya yang tidak sesuai kehendak hati misalnya lagi sakit hati karena diputusin pacar padahal besok ada jadwal ujian, maka tidak jadi belajar. Hal ini harus dihindari karena belajar itu harus berjalan. Belajar juga banyak gangguan yang membuat diri kita tidak fokus atupun terasa terganggu misal nonton tv, tiduran, main hp maka dari itu sebelum belajar singkirkan hal-hal seperti itu agar belajar lebih fokus.


Daftar Pustaka : 
- Nita. 2017. Masih Suka Males Belajar? Ayo Mulai Tingkatkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri Dulu.  https://www.hipwee.com/narasi/masih-suka-males-belajar-ayo-mulai-tingkatkan-semangat-belajar-pada-diri-sendiri-dulu/
-pride . 2017. CARA EFEKTIF MENUMBUHKAN SEMANGAT BELAJAR. http://pridehomeschooling.com/2017/11/09/cara-efektif-menumbuhkan-semangat-belajar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar