Selasa, 12 Desember 2017

Bersemangat dalam meraih cita-cita












@D13-Mega, @proyekB11
Oleh: Mega Puspitasari

Memiliki cita-cita boleh dikatakan sebagai nilai lebih seseorang. Karena dengan cita-cita, mereka akan memiliki motivasi serta semangat yang tinggi dalam menjalani kehidupan. Bayangkan bila Anda tidak punya cita-cita, menjalani kehidupanpun akan terasa sangat monoton dan membosankan.

Manfaat lain dalam memiliki cita-cita adalah membuat arah dan tujuan kehidupan semakin jelas, kita akan tahu bagaimana caranya berusaha dan mengapa kita melakukannya. Selain itu cita-cita akan membantu dalam melatih mental dan niat kita, karena dalam meraih cita-cita pastilah banyak tantangan dan ujian yang harus dilewati.

Meskipun begitu, dalam meraih cita-cita yang diinginkan tidaklah mudah. Fakta membuktikan bahwa hanya sekitar 25%, presentase manusia yang mampu dan sukses meraih cita-cita yang mereka inginkan. Kebanyakan diantara mereka banyak yang gagal ditengah jalan. Penyebab kegagalan meraih cita-cita mereka adalah karena faktor keluarga, ekonomi, lingkungan, pendidikan, serta mentalitas.

sebuah semangat dalam mencapai cita-cita hadir ketika kita menginginkan sesuatu atau menyenangi sesuatu.
bagi saya semangat adalah energi yang timbul ketika aku bercita-cita.
dulu cita-cita hanyalah sebuah mimpi yang di bisikkan oleh ayahku agar aku terus berada di peringkat sepuluh besar. ah! masa lalu.

tapi kayanya saya sekarang sedikit mengerti apa itu bercita-cita.
bercita-cita berarti berlari sekencang mungkin untuk menemukan bagian terbaik dari dalam diri.

semua itu tak lain untuk memuaskan dahaga akan keinginan untuk menyenangkan manusia disekeliling kita. untukku bercita-cita kulakukan untuk ayah ,ibu dan kakak-kakakku
dan disinilah arti sebuah semangat di butuhkan.

Orang yang bermotivasi tinggi punya ciri-ciri tersendiri diantaranya yaitu:
1. Optimis
2. Berani menerima tantangan
3. Mandiri dan bertanggung jawab
4. Punya gairah hidup
5. Memiliki cita-cita
6. Dikejar waktu
7. Kreatif
8. Menikmati hidup
9. Berfikir positif
10. Mencari hikmah

Manfaat bersemangat dalam bercita-cita:
Hidup mempunyai jalan atau arah yang jelas
-Hal ini sudah jelas, dengan mempunyai cita-cita, kita akan tahu kemana arah hidup yang akan kita jalani, dan kita pun tahu tujuan kita belajar, menuntut ilmu, bersekolah, dan segala macamnya. Tujuannya yaitu mengejar cita-cita dan berusaha sekuat mungkin untuk mengejar cita-cita tersebut.
-Mental dan niat semakin terasah
Dengan adanya cita-cita yang kuat, mental untuk melawan segala hambatan akan terasah, misalnya melawan rasa malas, kantuk, dan godaan bermain game akan teratasi. Hal ini biasa melanda anak SMP atau sederajat, tapi ini akan mudah teratasi jika kita  sudah tahu bahwa semua itu hanya akan menghambat niatnya mengejar cita-cita.
-Terus Belajar dan Berlatih
Cita-cita menjadi sebuah tujuan  yang harus kita kejar. Seiring dengan adanya cita-cita yang kuat tersebut, kita  akan berusaha meningkatkan kemampuannya agar cita-cita kita bisa tercapai. Yaitu dengan belajar dan berlatih segala hal yang menunjung cita-cita tersebut.

Daftar pustaka:

Gumay Firdaus. Arti serbuah Semangat 2010. Dalam http://firdausgumay.blogspot.co.id/2010/02/arti-sebuah-semangat.html?m=1

Farhan. 2010. Ciri-ciri Orang Bermotivasi Tinggi. Dalam http://akhmadfarhan.com/ciri-ciri-orang-bermotivasi-tinggi/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar