Selasa, 09 Januari 2018

Proaktif





Bersikap proaktif berarti melakukan sesuatu dengan inisiatif sendiri, kemudian bertanggung jawab terhadap perilakunya sendiri baik dari masa lalu, sekarang ataupun masa mendatang. Sikap proaktif ini menuntut untuk selalu mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang dipegang dan mengesampingkan suasana hati maupun keadaan. proaktif adalah orang yang relatif tidak terpengaruh oleh kekuatan situasi di sekitarnya, bahkan orang tersebut mampu mempengaruhi timbulnya perubahan dalam lingkungannya. 

Sikap seseorang yang Proaktif:
1.       Memiliki sikap yang mandiri, dia itu mampu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantungan kepada orang lain.
2.       Memiliki sikap yang selalu bertanggungjawab terhadap pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada dia dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.
3.       Selalu  memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar sebelum orang-orang yang ada disekitarnya melakukan inisiatif tersebut.
4.       Memiliki sikap yang tidak mau menyalahkan orang lain, meskipun masalah yang muncul itu disebabkan oleh dirinya sendiri.
5.       Memiliki sikap yang pantang meyerah, peduli dan dan selalu mempunyai semangat  yang kuat.
Manfaat memiliki sifat proaktif:
1.Tidak mudah tersinggung
2.Bertanggung jawab atas pilihan-pilihannya sendiri-
3.Berpikir sebelum bertindak
4.Cepat pulih kalau terjadi sesuatu yang buruk
5.Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana
6.Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak menguatirkan hal-hal yang tidak akan bisa mereka ubah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar