Selasa, 09 Januari 2018

PROAKTIF


 

Oleh : Lutfi Bayhaqi -
Proaktif adalah sikap untuk betanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal Dari berbagai macam keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi.   (Stephen R.Covey: 1997)
Alasan bersikap dan berpikir proaktif
Karena dengan kita berpikir secara proaktif , kita memiliki kompetensi yang lebih daripada orang lain . Sehingga untuk memenangkan persaingan tersebut kita memerlukan sikap proaktif ini. Kita perlu cepat dalam membuat suatu keputusan dan kita juga harus aktif melihat kondisi yang terjadi agar sesuatu bisa lebih dimanfaatkan dengan baik Kita bisa melihat contoh tokoh yang memiliki cara berfikir proaktif yaitu Carlos slim helu.
Carlos slim helu, merupakan orang terkaya didunia yang bisa mengalahkan kekayaan bill gates dan warren buffet. Ia seorang pengusaha asal meksiko yang lahir dari arab. Kekayaannya berasal dari hasrat orang- orang yang ingin berkomunikasi. Dia mendirikan usaha telekomunikasinya yaitu Telefonos de Mexico (Telmex). Dia dikenal sebagai orang nomor satu yang mempengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko. Bukannya dia tidak pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya, Ia pernah membeli sebuah perusahaan yang bangkrut, namun ia berpikir kedepan dan berpikir secara proaktif, sehingga segala bisnisnya selalu ia pikirkan dengan baik. Ia selalu memikirkan hal- hal yang didepannya yang mungkin akan menjadi pengaruh buruk bagi perusahaan-perusahaannya dan memikirkan bagaimana soolusinya, sehingga perusahaan yang ia dirikan masih bisa berdiri sampai sekarang.
Sikap seseorang yang Proaktif:
Memiliki sikap yang mandiri, dia itu mampu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantungan kepada orang lain.Memiliki sikap yang selalu bertanggungjawab terhadap pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada dia dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.Selalu  memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar sebelum orang-orang yang ada disekitarnya melakukan inisiatif tersebut.Memiliki sikap yang tidak mau menyalahkan orang lain, meskipun masalah yang muncul itu disebabkan oleh dirinya sendiri.Memiliki sikap yang pantang meyerah, peduli dan dan selalu mempunyai semangat  yang kuat.
Daftar Pustaka :
Hasanudin. 2015. Menjadi Proaktif. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/kanghasan/menjadi-proaktif_56079b3af67a616f05afa2ae. Diunduh 27 September 2015.
Anonim.2016.Reaktif dan Proaktif . Dalam reaktifdanproaktiffrodi.blogspot.co.id/2016/03/reaktif-dan-proaktif.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar