Kamis, 04 Januari 2018

Proaktif Sebagai Sifat Kepemimpinan

                                                                                              Oleh: M. Abi Haykal
                                                                                               @D23-Abi

Proaktif merupakan sikap yang selalu terkait dengan jiwa kepemimpinan seseorang. Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, baik di masa lalu, masa kini, maupun masa mendatang. Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif menunjukkan tingkat kecerdasan emosi (EQ) yang tinggi. Seseorang bisa bertahan saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi secara baik.
Sering kali Anda mendengar, “Berperilaku Proaktif lah, maka Sukses akan Menanti”.  Sukses dan Proaktif adalah bentuk Aksi Reaksi, dimana ketika Anda membangun Perilaku dan Sikap-sikap Proaktif, maka Anda tengah membangun Jalan Sukses dalam Karir dan Kehidupan.  Sikap dan Perilaku Proaktif merupakan pelatihan Mental dan Diri menjadi seseorang yang Matang dalam Tindak Tanduknya dan Hubungan kepada Orang Lain.  Apakah ciri-ciri Pribadi yang Proaktif?
1.  Inisiatif.

Anda sering mendengar Atasan yang berkeinginan agar Tim mereka untuk selalu punya inisiatif dalam bekerja, dengan minim supervisi dan sedikit perintah.  Atasan selalu berkeinginan agar masing-masing individu punya semangat inisiatif dalam segala permasalahan yang ada.  Inisiatif adalah ciri-ciri Pribadi yang Proaktif, dimana tidak menghendaki respon negatif dikemudian hari, sehingga berusaha untuk Memberi sebelum Diminta.  Inisiatif adalah Gerak Sadar Diri Sendiri yang telah dicermati dengan baik, sedangkan orang reaktif akan menunggu kondisi lingkungan dan keadaan yang menggerakkannya.
2.  Tanggung Jawab.

Daripada Anda bersusah payah mencari-cari alasan, bahkan cenderung memperkeruh suasana dengan mencari kesalahan orang lain, maka alangkah bijaknya jika Anda mengakui kesalahan dan siap dengan perbaikan selanjutnya.  Mengakui Kesalahan tidak akan menjatuhkan Harga Diri Anda selama kesalahan tersebut segera diperbaiki dan tidak terjadi kesalahan berulang.  Anda bertanggung jawab kepada diri sendiri dan tim, dimana kesalahan menjadi konsekuensi sebagai pimpinan dan keberhasilan adalah apresiasi bagi semua tim.

3.  Solutif.

Orang Proaktif selalu muncul dengan Ide dan Saran yang memberikan Jalan Keluar demi kebaikan bersama.  Setiap masalah selalu ada jalan keluarnya, dimana Anda dapat memilih jalan Menang-menang.  Orang Proaktif akan memberikan Alternatif ketiga dalam setiap kondisi dan situasi.  Ciri Solutif adalah ciri Pribadi yang Proaktif.  Orang Reaktif akan datang dengan respon dan tanggapan reaksional, emosional dan cenderung berpikiran singkat.

4.  Positif.
Selalu memandang dengan cara positif.  Sikap Proaktif tidak melihat kesusahan dalam permasalahan, namun akan menarik insight dalam problematika yang dihadapi.  Orang Proaktif tidak mundur dengan berbagai macam masalah.  Jalan keluar selalu muncul dari cara pandang yang positif terhadap permasalahan.


Proaktif adalah Perilaku yang mampu Mempertimbangkan Baik Buruknya Respon akan sebuah Permasalahan, sehingga berdampak kepada seluruh pihak terkait.  Ciri-ciri Proaktif diantaranya adalah Sikap Inisiatif, Solutif, Positif dan Tanggung Jawab.  Jadilah pribadi yang Proaktif dan bersiaplah dengan Sukses yang Menanti Anda.  Proaktif adalah Perilaku dalam Pengembangan Diri Anda sebagai Individu atau Profesional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar