Selasa, 09 Januari 2018

BEKERJASAMA


Oleh lutfi Bayhaqi

Manusia tentu memerlukan yang namanya suatu interaksi terhadap manusia yang lain. Manusia tidak akan bisa hidup tanpa orang lain, dikarenakan, manusia adalah makhluk sosial.
Seorang anak pasti membutuhkan orang tua untuk melindungi dan merawat dirinya. Siswa juga membutuhkan guru untuk membimbing dan memberi ilmu terhadap siswa tersebut. Bahkan, seorang penjual pun memerlukan atau membutuhkan pembeli, demikian juga yang sebaliknya.
Pengertian Kerja sama adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan interaksi yang paling penting karena pada hakikatnya manusia tidaklah bisa hidup sendiri tanpa orang lain sehingga ia senantiasa membutuhkan orang lain. Kerja sama dapat berlangsung manakala individu-individu yang bersangkutan memiliki kepentingan yang sama dan memiliki kesadaran untuk bekerja sama guna mencapai kepentingan mereka tersebut.

Manfaat kerjasama diantaranya
1. Memudahkan pekerjaan
Sobat pasti dalam hidup pernah mendapat pekerjaan yang sulit. Apakah sulit dari segi kualitasnya atau kuantitasnya.
2. Melatih sikap sosial bermasayarakat
Manusia adalah makhluk sosial yang pelu hidup bersama dan saling membantu satu sama lain.
3. Belajar mengerti dan menghargai perasaan orang lain
Seringkali dalam sehari-hari kita tidak bisa peka memahami perasaan orang lain sehingga terjadi salah faham atau miskomunikasi.

Daftar pustaka
-Perdi Wijaya Ardi.2017.Manfaat kerja sama.Dalam http://salam-pengetahuan.blogspot.co.id/2017/09/manfaat-kerjasama.html
-Al Faruq, Habibullah.2017.15 Bentuk kerja sama di lingkungan Rumah, Sekolah, dan Masyarakat.Dalam http://www.habibullahurl.com/2017/01/bentuk-kerja-sama-di-rumah-sekolah-masyarakat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar