Bekerjasama
@D22-Maytasya
Disusun oleh Maytasya Fadhila
Jika dalam sebuah organisasi tidak ada kerjasama, biasanya organisasi
tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Mengapa? Untuk mendapatkan
jawabannya, mari kita baca uraian singkat berikut.
Sebelumnya sudah diketahui pada posting sebelumnya bahwa organisasi
merupakan sekumpulan orang yang bekerja bersama dalam suatu divisi untuk
mencapai tujuan bersama (Schermerhorn, dkk., 1997:9). Dalam definisi tersebut
dikehatui adanya kerja sama untuk mencapai tujuan. Baiklah, sekarang saya
akan mencoba menjelaskan tentang apa itu kerjasama.
Kerjasama adalah proses untuk melakukan sesuatu yang mencakup beberapa
hal serta unsur-unsur tertentu antara lain:
1. Adanya tujuan yang sudah ditetapkan bersama atau tujuan sesuai dengan
peraturan.
2. Adanya pengaturan/pembagian tugas yang jelas.
3. Dalam bekerja saling menolong antara satu fihak dengan fihak yang lain.
4. Dapat saling memasukkan manfaat.
5. Adanya koordinasi yang baik.
Lalu apakah kalian pernah berpikir tentang apa bedanya “kerjasama” dengan
“sama-sama kerja”? Jika dilihat sepintas memang mirip, namun sebenarnya
memiliki makna yang berbeda meskipun kedua hal tersebut dilakukan secara
bersama-sama. Bukan kerjasama tetapi akan disebut “sama-sama kerja”, jika:
1. Masing-masing pihak mempunyai tujuan sendiri-sendiri.
2. Tanpa adanya pengaturan/pembagian tugas.
3. Tidak saling memperhatikan dan menolong pihak lain.
4. Manfaat tidak dirasakan oleh semua anggota.
Dari paparan definisi tentang kerjasama, dapat maka
terdapat beberapa dimensi penting yang terkandung dalam kerjasama tersebut,
yaitu:
- Anggota kelompok
- Peran
- Tugas
- Tujuan
Dalam sebuah organisasi, terdapat level of teamwork
mengacu pada komponen dimensi kerjasama seperti disebutkan diatas, yaitu:
- Kerjasama pimpinan puncak, terdiri dari tiap-tiap
pimpinan sub-organisasi (Kepala Bagian, Manajer)
- Project
Team, terdiri anggota kelompok usaha dari berbagai tingkatan dan fungsi
untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
- Kelompok
kerja, terdiri dari anggota kelompok unit usaha yang menjalankan unit-unit
kerja operasional rutin.
Dengan adanya kerjasama yang baik antara pihak satu dengan pihak yang lain,
tugas-tugas dari masing-masing pengurus akan menjadi lebih ringan dan cepat
selesai. Sehingga tujuan pun akan tercapai, seperti kata pepatah “berat sama dipikul ringan sama
dijinjing”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar