Kamis, 04 Januari 2018

Harus Semangat !!!

@D10-Khalil, @ProyekB11,
Oleh Khalil Gibran Setiaman
















Pengertian Tentang Semangat
Semangat berhubungan dengan perasaan dan tindakan. Semangat adalahkeadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu ,banyak tindakan dan mencapai sesuatu.  Jadi untuk dapat bersemangat kita harus mempunyai sesuatu yang ingin dicapai, biasanya disebut tujuan atau bisa juga target. Tujuan bisa bersifat jangka pendek (harian, mingguan atau bulanan) ataupun berjangka panjang (tahunan). Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertindak. Semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Semangat itu sifatnya spiritual, adalah dimana batin tergerak untuk bertindak.
Semangat juga bersifat angin-anginan, dia terkadang ada dan tidak ada. semangat tidak hanya datang satu kali, bisa puluhan kali atau ratusan kali bahkan lebih. Semangat bisa datang dan pergi berulang kali tanpa bisa dihitung. Jika memang demikian, bagaimana mempertahankannya ?
Menambah Semangat
Bagaimana caranya untuk menambah semangat ?

Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :
  • Merasa HARUS bertindak
  • Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
  • Perasaan bertanggung jawab
  • Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain
  • Kenali apa yang membuat kamu tidak bersemangat
Empat Kebenaran tentang semangat
1.    Semangat adalah langkah pertama menuju prestasi
Siapa pun yang unggul memiliki hasrat yang besar. Ini benar dalam bidang apapun. Hasrat yang lemah akan mendatangkan hasil yang lemah.sama seperti halnya api kecil mecipakan panas yang kecil. Semakin besar api semangat anda, semakin besar pula hasra anda dan besar pula potensi anda.
2.    Semangat meningkatkan kehendak kita
Semangat itu tidak ada gantinya. Semanga adalah bahan bakar pendorong kemauan, Jika Anda benar-benar menginginkan sesuatu. Anda akan memiliki kemauan untuk mencapainnya.
3.    Semangat mengubah Anda
Jika anda mengikuti semangat anda. Bukan persepsi orang lain. Maka anda pasi menjadi orang yang lebih berdedikasi dan lebih produktif
4.    Semangat mengubah hal-hal mustahil menjadi kenyataan
Seorang pemimpin yang memiliki sedikit keterampilan namun besar semangatnya selalu lebih unggul daripada pemimpin yang memiliki keterampilan hebat namun tidak bersemangat.

Daftar Referensi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar