Selasa, 09 Januari 2018

Mari kita bersikap proaktif




@D18-Rifqi ,@ProyekB13
Oleh Rifqi Baihaqi
Mari kita bersikap Proaktif

Pengertian proaktif adalah suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi. (Stephen R. Covey : 1997)
Pengertian proaktif dalam wirausaha adalah suatu bentuk kesedian para wirausahawan untuk mencari peluang pasar secara terus menerus dan melakukan berbagai macam eksperimen untuk menggali keuntungan potensial yang ada di suatu pangsa pasar tertentu. (Venkatraman : 1989)

Jika kita sering menyaksikan berbagai program penghargaan di televisi tentu kita paham bahwa kebanyakan orang yang meraih penghargaan dalam bidang apapun adalah orang-orang yang secara aktif dapat membawa perubahan bagi orang-orang di sekitarnya. Tidak sekedar hidup dan berkompromi dengan lingkungan tetapi berusaha melakukan perubahan ke arah yang lebih baik bagi diri dan lingkungannya. Sikap seperti ini disebut proaktif.
Sikap proaktif seseorang dapat dilihat dari perilakunya. Yang pertama orang proaktif memiliki rasa tanggung jawab. Mereka tidak mudah menyalahkan orang lain atas suatu kejadian tetapi lebih memilih bertanggung jawab dan mencari solusi atas permasalahan.

Kedua, orang proaktif lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar.

Ketiga, orang proaktif melakukan perubahan dimulai dari dirinya sendiri dengan melakukan instropeksi diri apakah yang dia lakukan sudah benar atau tidak. Baru kemudian memperluas perubahan kepada orang-orang di sekitarnya.

Keempat, orang proaktif memiliki prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang ia terjemahkan ke dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perilakunya selalu berpegang pada prinsip yang ia anut.. Dan yang terakhir, orang proaktif berupaya mengoptimalkan apa yang ada dalam dirinya yaitu yang disebut dengan empat anugerah unik yang hanya dimiliki manusia yaitu kesadaran diri, hati nurani, imajinasi kreatif, dan kebebasan kehendak.

DAFTAR PUSTAKA
Kotler, Philip., Keller, Kavin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Ed. Ke-13 Jilid 1.

       Jakarta: Erlangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar