Rabu, 10 Januari 2018

PROAKTIF

Pengertian Proaktif

Proaktif adalah suatu tindakan seseorang yang memiliki banyak tindakan yang mengarah ke hal-hal yang positif. Orang yang Proaktif selalu memiliki rangsangan, kesadaran diri, imajinasi, suara hati, kehendak bebas serta memiliki respon akan tetapi dia memiliki suatu pilihan untuk melakukan suatu hal yang bernilai positif.

Sikap Seseorang yang Proaktif

ü  Memiliki sikap yang mandiri, dia itu mampu dalam menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri tanpa bergantungan kepada orang lain.
ü  Memiliki sikap yang selalu bertanggungjawab terhadap pekerjaan ataupun tugas yang diberikan kepada dia dan mampu menyelesaikannya dengan baik dan benar.
ü  Selalu  memiliki inisiatif untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar sebelum orang-orang yang ada disekitarnya melakukan inisiatif tersebut.
ü  Memiliki sikap yang tidak mau menyalahkan orang lain, meskipun masalah yang muncul itu disebabkan oleh dirinya sendiri.
ü  Memiliki sikap yang pantang meyerah, peduli dan dan selalu mempunyai semangat  yang kuat.

Proaktif di Lingkungan Sekitar

Ø  Bertanggungjawab akan tugas yang diberikan.
Contoh : Rian memiliki seorang teman yang selalu tepat waktu dalam mengumpulkan  tugas yang diberikan oleh dosen-dosen. Dia itu sangat patut untuk dicontohi.

Ø  Memiliki sifat yang bisa mengatur waktu dengan baik.
Contohnya : Bagas dalam 1 minggu ini sering melihat banyak sekali orang yang mengatur waktunya dengan baik, yaitu semua teman kelas bagas apalagi pada saat mata kuliah KEPEMIMPINAN, jarang sekali teman-teman dan bagas yang  terlambat ke kampus.

Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar