Selasa, 09 Januari 2018

KERJASAMA








Pengertian Kerja Sama Menurut Ahli
1. Zainudin
Menurut Zainudin, Kerjasama ialah seseorang yang mempunyai kepedulian terhadap orang lain atau sekelompok orang hingga terbentuk suatu kegiatan yang sama dan menguntungkan semua anggota dengan dilandasi rasa saling percaya antar anggota serta menjunjung tinggi norma yang berlaku. Kerjasama menurut Zainudin merupakan kerjasama dalam bidang organisasi yang merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan bersama-sama antar anggota untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh anggota organisasi.
2. Pamudji
Menurut Pamudji, Kerjasama ialah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan melakukan interaksi antar indivindu yang melakukan kerjasama hingga tercapai tujuan yang dinamis.Terdapat tiga unsur yang terkandung dalam kerjasama yakni orang yang melakukan kerjasama, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.
3.Thomson dan Perry
Menurut Thomson Dan Perry, Kerjasama ialah suatu kegiatan yang memiliki tingkatan yang berbeda mulai dari adanya koordinasi dan kooperasi hingga terjadi kolaborasi di dalam suatu kegiatan kerjasama.
4.Rosen
Menurut Rosen, Kerjasama ialah sumber yang sangat efisien untuk kualitas pelayanan. Dalam hal ini kerjasama dalam ranah ekonomi pada bidang jual beli.

·         Cara-cara untuk membina kerjasama (Susanto, 2016) :
  1. Menentukan Sebuah Tujuan
  2. Menyiapkan profil
  3. Membuat sebuah pesan yang positif
  4. Menghargai setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
  5. Selalu fokus kepada kualitas
  6. Menawarkan bantuan
  7. Menunjukan antusiasme
·         Suatu tim dikatakan efektif jika telah memiliki ciri-ciri :
  1. Tujuan yang jelas dan operasional
  2. Keterampilan yang memadai
  3. Komitmen
  4. Saling percaya
  5. Komunikasi yang baik
  6. Kemampuan negosiasi
  7. Kempimpinan yang tepat
Macam – macam bentuk kerjasama dalam kehidupan sehari – hari yaitu:
  • Tawar menawar atau Bargaining, yaitu membentuk kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa antara dua orang atau juga lebih.
  • Koalisi atau Coalition, yaitu suatu  gabungan dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut.
  • Joint Venture,yaitu kerjasama suapay mengerjakan proyek-proyek tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai.
  • Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini dapat dijadikan sebuah cara suapaya menghindari terjadinya sebuah kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi.
  • Atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Daftar Pustaka :
Manado., 2014. Kerjasama dan Manfaat Kerja sama. SeputarCom dalam http://www.spengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html
Susanto., 2016. Pentingnya menjalin kerjasama tim. EquityWords Futures dalam http://equityworld-f.com/pentingnya-menjalin-kerjasama-tim-dalam-organisasi/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar