Selasa, 10 Oktober 2017

PRINSIP HIDUP

PRINSIP HIDUP
Disusun oleh : Yan Setianur
@E11-Yan

Prinsip hidup atau biasa disebut juga  dengan pandangan hidup adalah merupakan sebuah draft atau konsep dari kehidupan yang akan kita jalani. pandangan hidup yang dimiliki pada umumnya dimasyarakat adalah pandangan yang sesuai dengan agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Suatu pandangan hidup merupakan hal yang mutlak untuk dimiliki oleh setiap manusia didunia ini. Karena dengan memiliki pandangan hidup seseorang dapat mengarahkan kehidupannya kedepan nanti. Dan dengan pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang akan membuat atau mebentuk jati diri dari seseorang tersebut.
Menurut Carapedia(2016), Prinsip merupakan petunjuk arah layaknya kompas. Sebagai petunjuk arah, kita bisa berpegangan pada prinsip - prinsip yang telah disusun dalam menjalani hidup tanpa harus kebingunan arah karena prinsip bisa memberikan arah dan tujuan yang jelas pada setiap kehidupan kita. Seorang pemimpin yang baik adalah seorang pemimpin yang berprinsip. Karena seorang pemimpin yang berprinsip pasti akan terarah dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin.
5 Prinsip Hidup Orang Sukses
1.    Keberanian untuk Berinisiatif
Kekuatan yang sebenaranya bukanlah dari orang-orang terkenal, melainkan dari mereka yang selalu memiliki ide-ide cemerlang.
2.    Tepat Waktu
Prinsip hidup orang sukses selanjutnya adalah selalu tepat waktu.
3.    Senang Melayani dan Memberi
Banyak yang beranggapan jika kesuksesan diartikan jika Anda mampu memimpin, namun sebenarnya Hal lain yang perlu Anda lakukan dalam memberi dan melayani adalah keikhlasan.
4.    Membuka Diri Terlebih Dahulu
Rasa percaya serta kebesaran hati untuk terbuka kepada orang lain ketika berbicara adalah cermin jika Anda nyaman dengan diri Anda sendiri.
5.    Senang Mempelajari Hal-hal Baru

 MENANAMKAN SEBUAH PRINSIP HIDUP
Motivasi Impian
1.    Tanamkan motivasi dalam diri
Awali dari hal-hal kecil dan sederhana, dan syukuri terhadap apa yang kita peroleh. Lakukan dengan penuh kecintaan, kesabaran, dan diiringi dengan doa. 
2.    Jangan biarkan waktu mengendalikan setiap langkah kita, tapi kitalah yang akan mengendalikan waktu.
3.    Rasional dan selalu optimis.
4.    Belajar memahami orang lain dan berusaha menjadi sesuatu yangbermanfaat bagi orang lain.
Kita hanya bisa berusaha, hasilnya adalah ketentuan dari-Nya. Tuhan tidak akan merubah nasib kita, kecuali kita yang akan merubahnya sendiri. Mari kita gapai impian, semoga kita semua menjadi "Sang Pemenang". Yang bisa merubah semua impian menjadi kenyataan.

MAKNA PRINSIP HIDUP
Prinsip hidup adalah hal terpenting yang pada umumnya kita inginkan terlaksana ketika kita dihadapkan pada pilihan-pilihan dalam situasi tertentu. Misalnya, kalau salah satu prinsip hidup kita adalah “Setiap manusia harus disayangi, tetapi kejahatannya harus ditolak!” maka ketika kita dihadapkan pada situasi semacam itu, prinsip hidup kita itu akan mengarahkan kita pada keputusan untuk tetap berusaha menyayangi orang yang telah berbuat jahat dan berusaha membantunya keluar dari kejahatannya itu.
Memiliki sebuah prinsip hidup adalah masalah psikologi dan terkait pula dengan ekonomi. Prinsip hidup membimbing pemiliknya untuk lebih mudah menentukan pilihan. Orang yang berprinsip hidup kesenangan, misalnya, jika mendapatkan dua undangan pada saat yang sama, akan bertanya kepada dirinya sendiri: Di manakah aku akan lebih senang? Secara ekonomis, prinsip hidup telah menunjukkan pilihan dalam situasi yang sulit dan itu adalah efisiensi.

Daftar pustaka :
Admin Carapedia . 2016 . Pengertian dan Definisi Prinsip. Carapedia. Dalam
 Arbaf, Rika. 2014. “Prinsip Hidup Seseorang”. 
Benny. 2017. Prinsip Hidup Orang Sukses yang Perlu Anda Tiru”.
Sagittarius. Gesta. 2013. Keharusan memiliki prinsip hidup. Blogspot.co.id. dalam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar