Minggu, 15 Oktober 2017

Peduli




















@D20-Novia, @ProyekB05
Oleh Novia Nila Sutarman

1. Bersikap sopan 
Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda bahwa bersikap sopan sangat erat hubungannya dengan kepedulian, tetapi pada kenyataannya, bersikap sopan akan membuat Anda menjadi seseorang yang lebih peduli dan Anda akan memperlakukan orang-orang di sekitar dengan rasa hormat. Bersikap sopan berarti berkelakuan baik, tidak berselera rendah atau kasar di depan orang lain, membantu menahan pintu untuk orang lain dan bertanya tentang keadaan mereka. Ini juga berarti tersenyum kepada orang lain, saling bertegur sapa, dan tidak mencampuri urusan orang lain. Apakah Anda sedang berada di kantor, berjalan kaki di jalanan, atau berbicara dengan saudara perempuan Anda, berusahalah untuk selalu bersikap sopan
2. Berbagi kasih sayang
Orang-orang yang peduli selalu memberikan kasih sayang kepada orang-orang yang mereka cintai atau perhatikan. Apakah Anda sedang memeluk orang tua Anda atau menggenggam tangan kekasih Anda, berusahalah untuk memberikan kasih sayang kepada orang lain sebagai cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli kepada mereka. Pelukan bisa sangat berarti dan memberikan rasa nyaman kepada orang-orang yang membutuhkannya. Anda tidak boleh menunjukkan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang belum Anda kenal dengan baik, tetapi Anda harus memeluk, memberikan sentuhan kecil, ciuman, tepukan lembut, atau tanda-tanda lain sebagai ungkapan kasih sayang secara fisik kepada orang-orang yang dekat dengan Anda.
3. Dengarkan orang lain.
Orang-orang yang penuh kepedulian akan mempunyai waktu untuk mendengarkan orang lain. Mereka tidak terus menerus membicarakan diri mereka sendiri sebab mereka benar-benar tertarik dengan apa yang orang lain katakan. Pada saat seseorang sedang berbicara kepada Anda, lakukan kontak mata, abaikan dulu panggilan telepon atau hal-hal lain yang bisa mengganggu, dan jangan menyela pembicaraan orang ini. Jika Anda ingin memberikan nasihat atau tanggapan, tunggulah sampai orang ini selesai bicara. Selama Anda mendengarkan, perhatikan lebih dari sekedar kata-kata yang diucapkan; perhatikan juga wajah dan bahasa tubuh orang ini agar Anda bisa mengerti bagaimana sebenarnya pikiran dan perasaannya.
4. Perlakukan orang lain seperti Anda ingin diperlakukan

Kata-kata ini mungkin sudah sangat dipahami, tetapi Anda akan terkejut karena sangat sedikit orang yang benar-benar hidup sesuai hukum ini. Jika Anda ingin lebih peduli, Anda harus ramah dan bijaksana terhadap orang lain, dan memikirkan bagaimana perasaan Anda jika Anda berada di posisi mereka. Anda mungkin tidak begitu peduli pada saat memberikan komentar yang kasar kepada pelayan Anda karena Anda sedang kesal, tetapi pikirkanlah bagaimana pengaruh dari komentar Anda terhadap perasaannya. Anda mungkin tidak peduli sudah bersikap kasar kepada adik laki-laki Anda, tetapi Anda harus memikirkan bahwa kata-kata Anda akan sangat mempengaruhinya. Dengan membiasakan diri Anda untuk memandang orang lain dengan menempatkan diri Anda di posisinya, Anda akan mengalami perubahan besar pada cara Anda menjalani kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar