Minggu, 15 Oktober 2017

HARUS PUNYA KEPRIBADIAN COY

Oleh : Muhamad Aldy Firdausi Noveri


Kepribadian
Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi & tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang baku/berlaku terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.
  • Menurut, Theodore R. Newcombe – Kepribadian adalah organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.
  • Lalu menurut, Yinger – Kepribadian adalah keseluruhan perilaku dari seorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian instruksi.
  • Sedangkan menurut, Cuber – Kepribadian adalah gabungan keseluruhan dari sifat-sifat yang tampak dan dapat dilihat oleh seseorang.
  • Dan menurut, M.A.W Bouwer – Kepribadian adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan, dorongan, keinginan, opini & sikap-sikap seseorang.
Faktor-faktor pembentukan kepribadian
Berikut ini 3 faktor yang membentuk kepribadian seseorang, yaitu faktor keturunan, faktor lingkungan dan juga faktor budaya. Ini penjelasan singkatnya :

a. Faktor keturunan
Faktor pertama yang membentuk kepribadian seseorang adalah faktor keturunan, ini disebabkan karena warisan dari orang tua adalah pembentuk kepribadian yang pertama pada diri seseorang. Akan tetapi kepribadian ini juga dapat berubah sesuai dengan perkembangan di lingkungan masyarakat tersebut.

b. Faktor lingkungan
Faktor pembentuk kepribadian seseorang setelah faktor keturunan adalah faktor lingkungan. Di mana lingkungan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi atau merubah kepribadian seseorang, seseorang yang berada di lingkungan yang baik pasti ia akan cenderung berbuat baik, bila dibandingkan dengan seseorang yang berada di lingkungan yang buruk. Misal saja, ada seseorang yang berada di lingkungan yang banyak orang mabuk, maka bisa-bisa seseorang tersebut ikut-ikutan untuk mabuk.

c. Faktor budaya
Setelah faktor lingkungan, faktor yang membentuk kepribadian seseorang yang ketiga adalah faktor budaya. Di mana budaya ini merupakan salah satu yang menjadi pembentuk kepribadian, budaya ada juga yang mengartikan dengan suatu kebiasaan. Misalkan saja, budaya yang berkembang di suatu daerah tertentu adalah budaya yang islami, maka apabila ada seseorang yang merupakan pendatang baru tinggal di sana. Maka orang baru yang juga beragama Islam tersebut akan beradaptasi dan mengikuti apa yang telah menjadi budaya di daerah tersebut. Otomatis, ia akan menjadi pribadi yang lebih islami.

 

Unsur-unsur pembentukan kepribadian

Berikut ini 3 unsur yang membentuk kepribadian seseorang, di mulai dari pengetahuan, perasaan dan yang terakhir adalah tipologi kepribadian. 
a. Pengetahuan
Unsur pertama yang membentuk kepribadian seseorang adalah pengetahuan, pengetahuan merupakan suatu unsur yang mengisi akal dan alam jiwa pada seseorang yang masih sehat (tidak mengalami gangguan jiwa/stress), dan secara nyata yang terkandung di dalam otak manusia. 
b. Perasaan
Unsur yang kedua setelah pengetahuan adalah perasaan. Pengertian dari perasaan adalah suatu keadaan yang berada dalam kesadaran manusia, karena pengaruh pengetahuannya yang kemudian dinilai sebagai keadaan yang positif atau sebaliknya sebagai keadaan yang negatif.
Adapun motif atau dorongan naluri, antara lain, dorongan untuk bertahan hidup, dorongan untuk berbakti, rasa, simpati, cemburu dan lain sebagainya.
c. Tipologi kepribadian
Tipologi atau tipe dari kerpibadian seseorang dapat dibagi menjadi enam macam, dan daeri ke-enam macam tersebut semuanya mempunyai karakter, ciri dan kedudukan yang berbeda satu sama lain. Dan berikut ini ke-enam tipologi kepribadian beserta penjelasannya :
  • Realistis : Tipologi kepribadian yang pertama adalah realistis, pengertiannya yaitu seseorang yang menyenangi kegiatan fisik yang menuntut keterampilan, kekuatan dan koordinasi. Sebagai contoh orang yang termasuk tipe realistis adalah olahragawan.
  • Investigatif : Tipologi kepribadian yang kedua adalah investigatif yang mana tipe ini dimiliki oleh seseorang yang menyukai suatu kegiatan yang mencakup pemikiran, pengorganisasian, dan pemahaman. Contohnya adalah programmer komputer.
  • Sosial : Tipologi kepribadian yang ketiga adalah sosial. Tipe ini dimiliki oleh seseorang yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat banyak, contohnya membatu korban gempa menjadi relawan, LSM dan lain sebagainya.
  • Konvensional : Tipologi kepribadian yang ke-empat adalah konvensional. Seseorang yang memilik kepribadian konvensional biasanya menyukai kegiatan yang diatur dengan peraturan yang jelas. Sebagai contoh adalah polisi, hakim dll.
  • Enterfising : Tipologi kepribadian yang kelima adalah enterfising yang mana kepribadian tipe ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang menyukai kegiatan yang dapat mempengaruhi orang lain. Contoh, adalah seorang pemimipin, pembuat iklan di media sosial atau media massa.
  • Artistik : Tipologi kepribadian seseorang yang ke-enam adalah artistik. Tipologi ini terdapat pada seseorang yang menyukai kegiatan dalam waktu yang sama, dan merupakan seseorang yang ekspresif, kreatif. Karakternya imajinatif, tidak teratur, idealis, emosional dan tidak praktis. Contohnya adalah para seniman, arsitektur dan lain sebagainya.

Tahap perkembangan kepribadian
Tahap-tahap perkembangan kepribadian setiap individu tidak dapat disamakan satu dengan yang lainnya. Tetapi secara umum dapat dirumuskan sebagai berikut.

1. Fase Pertama

Fase pertama dimulai sejak anak berusia satu sampai dua tahun, ketika anak mulai mengenal dirinya sendiri. Pada fase ini, kita dapat membedakan kepribadian seseorang menjadi dua bagian penting, yaitu sebagai berikut:
  1. Bagian yang pertama berisi unsur-unsur dasar atas berbagai sikap yang disebut dengan attitudes yang kurang lebih bersifat permanen dan tidak mudah berubah di kemudian hari. Unsur-unsur itu adalah struktur dasar kepribadian (basic personality structure) dan capital personality. Kedua unsur ini merupakan sifat dasar dari manusia yang telah dimiliki sebagai warisan biologis dari orangtuanya.
  2. Bagian kedua berisi unsur-unsur yang terdiri atas keyakinan-keyakinan atau anggapan-anggapan yang lebih fleksibel yang sifatnya mudah berubah atau dapat ditinjau kembali di kemudian hari.

2. Fase Kedua

Fase ini merupakan fase yang sangat efektif dalam membentuk dan mengembangkan bakat-bakat yang ada pada diri seorang anak. Fase ini diawali dari usia dua sampai tiga tahun. Fase ini merupakan fase perkembangan di mana rasa aku yang telah dimiliki seorang anak mulai berkembang karakternya sesuai dengan tipe pergaulan yang ada di lingkungannya, termasuk struktur tata nilai maupun struktur budayanya.
Fase ini berlangsung relatif panjang hingga anak menjelang masa kedewasaannya sampai kepribadian tersebut mulai tampak dengan tipe-tipe perilaku yang khas yang tampak dalam hal-hal berikut ini.
  1. Dorongan-dorongan (drives). Unsur ini merupakan pusat dari kehendak manusia untuk melakukan suatu aktivitas yang selanjutnya akan membentuk motif-motif tertentu untuk mewujudkan suatu keinginan. Drives ini dibedakan atas kehendak dan naftsu-naftsu. Kehendak merupakan dorongan-dorongan yang bersifat kultural, artinya sesuai dengan tingkat peradaban dan tingkat perekonomian seseorang. Sedang naftsu-naftsu merupakan kehendak yang terdorong oleh kebutuhan biologis, misalnya naftsu makan, secksual, amarah, dan yang lainnya.’
  2. Naluri (instinct). Naluri adalah suatu dorongan yang bersifat kodrati yang melekat dengan hakikat makhluk hidup. Misalnya seorang ibu mempunyai naluri yang kuat untuk mempunyai anak, mengasuh, dan membesarkan hingga dewasa. Naluri ini dapat dilakukan pada setiap makhluk hidup tanpa harus belajar terlebih dahulu seolah-olah telah menyatu dengan hakikat makhluk hidup.
  3. Getaran hati (emosi). Emosi atau getaran hati adalah sesuatu yang abstrak yang menjadi sumber perasaan manusia. Emosi dapat menjadi pengukur segala sesuatu yang ada pada jiwa manusia, seperti senang, sedih, indah, serasi, dan yang lainnya.
  4. Perangai. Perangai adalah perwujudan dari perpaduan antara hati dan pikiran manusia yang tampak dari raut muka maupun gerak-gerik seseorang. Perangai ini merupakan salah satu unsur dari kepribadian yang mulai riil, dapat dilihat, dan diidentifikasi oleh orang lain.
  5. Intelegensi (IQ). Intelegensi adalah tingkat kemampuan berpikir yang dimiliki oleh seseorang. Sesuatu yang termasuk dalam intelegensi adalah IQ, memori-memori pengetahuan, serta pengalaman-pengalaman yang telah diperoleh seseorang selama melakukan sosialisasi.
  6. Bakat (talent). Bakat pada hakikatnya merupakan sesuatu yang abstrak yang diperoleh seseorang karena warisan biologis yang diturunkan oleh leluhurnya, seperti bakat seni, olahraga, berdagang, berpolitik, dan lainnya. Bakat merupakan sesuatu yang sangat mendasar dalam pengembangkan keterampilan-keterampilan yang ada pada seseorang. Setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda, walaupun berasal dari ayah dan ibu yang sama.

3. Fase Ketiga

Pada proses perkembangan kepribadian seseorang, fase ini merupakan fase terakhir yang ditandai dengan semakin stabilnya perilaku-perilaku yang khas dari orang tersebut. Pada fase ketiga terjadi perkembangan yang relatif tetap, yaitu dengan terbentuknya perilaku-perilaku yang khas sebagai perwujudan kepribadian yang bersifat abstrak. Setelah kepribadian terbentuk secara permanen, maka dapat diklasifikasikan tiga tipe kepribadian, yaitu sebagai berikut:
  1. Kepribadian normatif (normative man). Kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang ideal, di mana seseorang mempunyai prinsip-prinsip yang kuat untuk menerapkan nilai-nilai sentral yang ada dalam dirinya sebagai hasil sosialisasi pada masa sebelumnya. Seseorang memiliki kepribadian normatif apabila terjadi proses sosialisasi antara perlakuan terhadap dirinya dan perlakuan terhadap orang lain sesuai dengan tata nilai yang ada di dalam masyarakat. Tipe ini ditandai dengan kemampuan menyesuaikan diri yang sangat tinggi dan dapat menampung banyak aspirasi dari orang lain.
  2. Kepribadian otoriter (otoriter man). Tipe ini terbentuk melalui proses sosialisasi individu yang lebih mementingkan kepentingan diri sendiri daripada orang lain. Situasi ini sering terjadi pada anak tunggal, anak yang sejak kecil mendapat dukungan dan perlindungan yang lebih dari lingkungan orang-orang di sekitarnya, serta anak yang sejak kecil memimpin kelompoknya.
  3. Kepribadian perbatasan (marginal man). Kepribadian ini merupakan tipe kepribadian yang relatif labil di mana ciri khas dari prinsip-prinsip dan perilakunya sering kali mengalami perubahan-perubahan, sehingga seolah-olah seseorang mempunyai lebih dari satu corak kepribadian. Seseorang dikatakan memiliki kepribadian perbatasan apabila orang ini memiliki dualisme budaya, misalnya karena proses perkawinan atau karena situasi tertentu hingga mereka harus mengabdi pada dua struktur budaya masyarakat yang berbeda.


Kesimpulan
Setiap manusia hendaknya menjadi sadar akan arti penting Kematangan, Kedewasaan, dan Kemandirian, serta keseimbangan dalam dirinya sendiri sehingga masing-masing akan terhindar dari cara berpikir, berucap dan bertindak yang merugikan diri dan orang lain, menghindari konflik diri atau orang lain. Oleh karena itu, jadilah pribadi yang menarik, dewasa, dan mandiri dengan tetap memperhatikan etika dan kepribadian dalam masyarakat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar