Senin, 16 Oktober 2017

KEPRIBADIAN UNGGUL !!

oleh : Lestari Febrina Tanjung 


PENGERTIAN
Personality atau kepribadian berasal dari kata persona, kata persona merujuk pada topeng yang biasanya digunakan para pemain sandiwara di Zaman Romawi.Secara umum kepribadian menunjuk pada bagaimana individu tampil dan menimbulkan kesan bagi individu-individu lainnya.
Pada dasar defenisi dari kepribadian secara umum ini adalah lemah karena hanya menilai perilaku yang dapat diamati saja dan tidak mengabaikan kemungkinan bahwa ciri-ciri ini bisa berubah tergantung pada situasi sekitarnya selain itu defenisi ini disebut lemah karena sifatnya yang bersifat evaluatif (menilai), bagaimanapun daarnya kepribadian itu tidak dapat dinilai “baik” atau “buruk” karena bersifat netral.Kepribadian juga dapat diartikan sebagai prilaku yang mencerminkan dirinya dan berbeda dari orang lain, kuat pendiriannya, tidak mudah goyah dan tidak mudah berpengaruh oleh orang lain.

KEPRIBADIAN MENURUT ISLAM
Al-Qur’an memberikan rumusan tentang pribadi yang unggul dalam 3 kriteria yaitu sebagai berikut :
·         THE BEST PERFORMANCE (PERFORMA TERBAIK)
Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surah At-Tiin ayat 4 :
Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya “
Penampilan terbaik seorang muslim ditunjukkan dengan posisi tubuh, ekspresi wajah dan pakaian yang dikenakan. Posisi tubuh yang tegak menunjukkan optimis sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW jika beliau berjalan langkahnya tidak pernah gontai. Setelah posisi tubuh, penampilan yang terbaik dicirikan dnegan ekspresi wajah yang ramah, senyum yang tulus saat bertemu dengan sesama muslim, sebagaimana disebutkan dalam hadist :
                “ Sesungguhnya dihadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu ”  (HR.Turmudzi)
Penampilan terbaik seorang muslim ditunjukkan dengan berpakaian terbaik berupa menutup aurat, bersih, rapi, dan paduan warna yang tepat.
·         THE BEST ATTITUDE (SIKAP TERBAIK)
Sikap terbaik seorang muslim digambarkan dalam Al-Qur’an Surat Fushilat ayat 33 :
Siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal sholeh dan berkata : ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri’ “
Sikap seseorang dinilai dari perkataan atau ucapannya. Dan tidakkah seorang muslim berkata selain ucapan yang baik, misalnya mengajarkan ilmu dan mengajak orang lain kepada kebaikan. Diantara sikap terbaik itu adalah:
ü  Berbaik sangka (Husnudzon) positive thingking
ü  Pro-aktif yaitu orang yang mempunyai inisiatif dan siap melakukan tindakan bukan hanya bicara.
·         THE BEST ACHIEVEMENT (AMAL PERBUATAN TERBAIK)
Allah SWT berfirman dalam Surat Al=Mulk ayat 2 :
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”
Amalan yang terbaik adalah ikhlas dan sesuai dengan kaifiyat (tata cara) yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Usaha seorang muslim agar memiliki amal terbaik dapat dilakukan dengan beberapa cara :
ü  Mereka yang selalu berada di atas rata-rata dan untuk mencapainya, seseorang perlu meiliki prestasi
ü  Orang yang luar biasa atau seorang yang memiliki addes value, dimana pun dia berada selalu memberi manfaat atau niai tambah bagi dirinya dan orang lain.
Ketika kita berupaya dan berikhtiar menjadi pribadi yang lebih unggul atau seorang yang sukses, sesungguhnya kita sedang merajut hari-hari kita menuju cita-cita yang kita idamkan yakni menjadi insan yang bertaqwa sebagaimana dalam Surah Al-Hujurat ayat 13 :
                “ Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu “
Personal excellence dapat juga dikaitkan dengan dunia kerja setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang muslim selalu berorientasi pada akhirat. Sehingga motivasi bekerja seorang muslim adalah ibadah kepada Allah SWT. Allah berfirman dalam Surat Al-Qashash ayat 77 :
                “ Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan kepada mu (kebahagian) negeri akhirat, dan janganlah  kamu melupakan bahagiamu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat  kerusakan ”
Hidup dengan kebahagiaan akhirat atay bekerja untuk ibadah akan menumbuhkan motivasi berprestasi da menghindarkan diri dari berbuat kerusakan dalam lingkungan kerja seperti melanggar kode etik, tata tertib, aturan dan merusak nama baik institusi.

CIRI KHAS PRIBADI YANG UNGGUL
Beberapa ciri khas pribadi yang unggul meliputi :
v  Disiplin diri
Menjadi orang yang disiplin diri berarti mengendalikan hidup diri sendiri. Untuk menjadi seseorang yang unggul kita harus menjadikan disiplin diri sebagai sikap pertama yang harus kita kembangkan.
v  Percaya diri
Seseorang dengan kepercayan diri yang positif pasti bisa melakukan hal-hal yang besar. Untuk menjadi pribadi yang unggul kita harus memiliki rasa percaya diri.
v  Tekun
Untuk mengimplementasikan pribadi yang unggul kita harus memiliki sikap yang tekun. Ketekunan adalah suatu proes usaha yang berkesinambungan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan meskipun banyak tantangan dan halangan yang merintangi langkah-langkah kita.

v  Progresif
Progresif adalah sikap lain yang menunjang seseorang untuk menjadi pribadi yang unggul. Dibutuhkan progresifitas untuk mengubah yang sesuatu hal yang sulit dan telah mengakar.
v  Tegas
Mereka yang tegas adalah orang-orang yang fleksibel dan berani mengambil inisiatif. Mereka selalu berorientasi pada tindakan, proses dan hasil.
v  Fokus
Dalam proses menjadi pribadi yang unggul banyak hal yang akan mengganggu usaha kita., sehingga kita perlu memiliki sikap untuk fokus terhadap setiap tujuan yang telah ditetapkan.
v  Visioner
Melihat kesempatan yang belum terjadi, dan berusaha merealisasikannya adalah seorang visioner. Pribadi yang unggul tentu memiliki sifat demikian. Dalam merealisasikan kesempatan tersebut, kita akan berhadapan dngan banyak resiko sesuai keputusan yang telah kita ambil.
v  Memiliki persiapan untuk menyambut keberuntungan
Rumus keberutungan adalah dimana persiapan diri bertemu dengan kesempatan. Keberuntungan adalah tentang cara kita melihat dunia
v  Semangat
Semangat mendorong setia individu yang unggul untuk memiliki harapan yang tinggi dan bersedia kembali mengharapkannya meskipun ketika mengalami kegagalan.
v  Bertujuan
Memiliki tujuan hidup adalah faktor utama yang membuat jiwa kita tetap hidup. Pada saat kita berkembang, kita pasti akan mendengarkan atau bertemu dengan orang yang memiliki panggilan hidup mereka masing-masing.

KEPRIBADIAN UNGGUL DALAM DIRI
10 kepribadian unggul yang harus kita miliki :
*      KETULUSAN
*      KERENDAHAN HATI
*      KESETIAAN
*      POSITIVE THINGKING
*      KECERIAAN
*      BERTANGGUNG JAWAB
*      PERCAYA DIRI
*      KEBESARAN JIWA
*      EASY GOING
*      EMPATI

DAFTAR PUSTAKA
Hariyanik.2011. Berkepribadian unggul. Blogspot.com. dalam
( 26 Desember 2011 )
Irawan.Peri 2012. Ciri khas pribadi unggul. Visioner.co.id. dalam
( 10 Desember 2012 )
Alfalahiyyah.2014. kepribadian unggul menurut Islam. Alfalahiyyah.com. dalam
( 31 Oktober 2014 )
Sembiring.ay 2012. 10 kepribadian unggul yang perlu kita miliki. Wordpress.com. dalam
( 26 Maret 2012 )
Anonim.2007. Arti dan defenisi kepribadian. Trescent.wordpress.com. dalam
( 07 Agustus 2007 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar