Selasa, 17 Oktober 2017

KEPRIBADIAN MENARIK














@ProyekA07, @E14-Devi
Oleh : Devi Yanti Naibaho




ARTI KEPRIBADIAN BAIK/MENARIK

Kepribadian yang baik/menarik merupakan kunci sukses diterima atau tidaknya anda dalam pergaulan, baik itu di rumah, kampus, kantor atau dimanapun. Coba saja anda perhatikan hanya mereka yang berkepribadian menarik lah yang memiliki banyak teman dan sahabat. Orang-orang dengan kepribadian yang baik selalu dikelilingi oleh orang-orang yang peduli padanya. Memang kepribadian merupakan watak dasar atau karakter seseorang yang sudah terbentuk dalam dirinya. Karena itu kepribadian setiap orang jelas tidak sama.
Namun bukan berarti kepribadian yang buruk tidak bisa dirubah. Jika selama ini kepribadian anda dinilai kurang baik, tidak ada salahnya anda mulai merubahnya dari sekarang. Toh memperbaiki kepribadian bukanlah sesuatu yang merugikan. Justru sebaliknya, merubah hal menjadi baik adalah suatu jalan menuju kebenaran.
(Rano Muhammad, 2014)

Berkepribadian menarik bukan saja hanya untuk memikat lawan jenis, tetapi dengan memiliki kepribadian yang menarik anda bisa dengan mudah diterima baik dalam pergaulan sehari-hari maupun dalam urusan kantor atau bisnis. Dengan memiliki kepribadian menarik, Anda bisa dengan mudah masuk dalam situasi apa saja, jika ada teman Anda dalam masalah dengan kehadiran Anda bisa saja terhibur saat itu dan bisa melupakan masalahnya.
Begitu juga dalam urusan kantor, disaat anda bertemu dengan klien baru Anda, berkat kepribadian menarik Anda bisa membuat suasana rapat menjadi hangat dan bersahabat. Dan tidak terlepas dari efek kuat untuk memikat lawan jenis, karena dengan Anda memiliki kepribadian menarik, kita memiliki nilai plus dimata lawan jenis kita, bahkan bisa dikatakan kepribadian yang menarik bisa mengalahkan kegantengan dan kekayaan.

MENJADI PRIBADI YANG MENARIK, DEWASA DAN MANDIRI
            Pribadi yang Menarik
Menjadi pribadi yang menarik adalah idaman semua orang. Seseorang yang berkepribadian menarik adalah seseorang yang mampu menyelaraskan emosi, pikiran, dan tingkah laku. Artinya seseorang harus mampu menjaga penampilan lahiriah dan batiniah secara seimbang.
            Pribadi yang Dewasa
Menjadi pribadi dewasa bukanlah sesuatu yang bisa diperoleh secara instan. Pribadi dewasa sering disebut juga sebagai pribadi yang banyak makan asam garam. Artinya Ia mempunyai berbagai macam pengalaman hidup yang mengajarnya atau membuatnya dewasa matang dan bijaksana (Suharyo, 1999).
Dewasa itu sebenarnya memilki arti yang sangat luas, karena melibatkan aspek fisik dan kematangan psikogis. Umumnya seseorang di katakatan dewasa apabila ia memilki fisik dan memilki kematangan berpikir orang dewasa. Namun ada kalanya kita melihat suatu fenomena yang berbeda, ada beberapa orang yang secara fisik belum dewasa tapi memiliki pola pikir seperti orang dewasa, sebaliknya sering juga kita melihat secara fisik orang dewasa tapi pemikirannya masih seperti anak-anak.
Pribadi yang Mandiri
Menjadi pribadi yang mandiri adalah idaman dan cita-cita tiap orang. Pribadi mandiri secara umum gambarannya adalah pribadi yang tak tergantung pada pihak lain dalam mengekpresikan diri dalam segala bentuknya.Untuk menjadi pribadi mandiri diperlukan banyak bekal, baik ilmu, kematangan diri, pengalaman hidup dan keberanian mengambil keputusan.
1. Berani Bermimpi
Dalam buku Dragon Spirit” karangan Ron Rubin dan Stuard Avery Gold,  dijelaskan bahwa untuk bisa mandiri awalnya orang harus berani punya mimpi”, ya mimpi untuk bisa menjadi sesuatu, mimpi untuk bisa menggapai sesuatu, mimpi untuk bisa menghasilkan sesuatu, mimpi untuk bisa sampai pada tujuan tertentu, mimpi untuk bisa mengatasi sesuatu (masalah, situasi, tantangan). Mimpi ini akan mampu  menghasilkan energi yang sangat luar biasa dahsyat bagi sesorang jika kemudian ia serius untuk berusaha menjadikannya kenyataan”.
2. Punya Keyakinan
Untuk menjadi pribadi mandiri yang sukses seseorang harus punya keyakinan. Yakin bahwa mimpinya itu benar bisa terwujud, yakin bahwa mampu, yakin bahwa dia kuat,yakin bahwa dia bisa. Keyakinan ini menyatu dengan kekuatan tekad, kekuatan fikiran dan hati, sehingga menimbulkan kepercayaan diri yang tinggi dan kemandirian yang kokoh sebagai pribadi.

Daftar Pustaka
Ø  Muhammad Rano. 2014. Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan. Kumpulan Artikel Menarik. Di dalam https://ranomuhamad98.blogspot.co.id/2014/02/menjadi-pribadi-yang-menyenangkan.html. Diunduh Februari 2014.
Ø  Suharyo. 1999. Menciptakan Kepribadian. Character Education.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar