Senin, 07 Desember 2015

RESPONSIBILITIES OF YOUTH



A.      PENDAHULUAN

Masa masa remaja bukan lah suatu masa yang mudah. Sebenarnya banyak  remaja yang mampu menampilkan perilaku sosial yang bertanggung jawab. Ia  sadar dengan segala tindakannya dan juga memiliki kesadaran untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang baik. Usaha yang dilakukan untuk melaksanakan berbagai tugas dan tanggung jawab menunjukkan kearah kedewasaan.


B.      PENGERTIAN

Rasa Tanggung Jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila, dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya.Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa mansuia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Rasa tanggung jawab kemudian berkembang bukan hanya pada tataran personal, namun selalu dikaitkan dengan hubungan dengan orang lain, sehingga dapat dibuat dalam sistem hukum, bahkan hukum pidana. Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinnya.


C.      REFLEKSI TANGGUNG JAWAB

Dalam living values activities yang ditulis oleh Diane.T dicantumkan butir-butir refleksi yang menunjukkan tanggung jawab, antara lain sebagai berikut :

1.      Tanggungjawab berarti melakukan tugas-tugas kita.
                Orang yang bertanggung jawab melaksanakan semua tugasnya dengan sebaik mungkin.
2.      Tanggung jawab berarti menerima apa yang diwajibkan dan melaksanakan tugas sesuai dengan kemmpuan.
3.      Tanggung jawab berarti melaksanakan tugas-tugas dengan integritas. Integritas adalah mutu,sifat atau keadan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga mewakili potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.
4.       Pelaksanaan tanggung jawab menimbulkan kepuasaan batin pada orang yang melaksanakannya karena telah menyumbangkan sesuatu. Misalnya pengendara montor yang bertanggung jawab selalu mentaati peraturan berkendaraan dijalan, sehingga tanpa disadari hal ini dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Dampak dari perilaku bertanggung jawab ini tidak hanya rasa aman dan nyaman pada pengendara montor saja , tapi juga pengguna jalan lainnya.
5.      Orang yang bertanggung jawab memiliki keyakinan bahwa dirinya memiliki sesuatu yang berharga untuk diberikan kepada orang lain dan yakin bahwa orang lain merasakan hal yang sama terhadap dirinya.
6.      Orang yang bertanggung jawab tahu bagaimana bersikap adil, mengusahakan agar semua orang mendapatkan bagiannya.
7.      Adanya hak-hak menyebabkan adanya tanggung jawab.
8.      Tanggung jawab bukan saja merupakan kewajiban tetapi juga sesuatu yang mengizinkan kita untuk memperoleh apa yang kita harapkan.
9.      Tanggung jawab global membutuhkan adanya penghargaan atas semua umat manusia. Oleh karena itu, pelaksanaan terhadap tanggung jawab tidak boleh bertentangan dengan keselamatan dan hak asasi manusia.

10.  Tanggung jawab berarti menggunakan seluruh sumber daya untuk mengusahakan perubahan yang positif.




A.      TANGGUNG JAWAB PADA DIRI SAYA

Menurut orang tua saya, saya cukup bertanggung jawab dalam segala hal. terutama tugas sekolah. sejak kecil saya dididik untuk bertanggung jawab dimana pun itu. baik tanggung jawab terhadap tugas sekolah ataupun tanggung jawab terhadap tugas dirumah. semoga mulai hari ini saya bisa menjadi pribadi yang makin bertanggung jawab terhadap apapun.

SUMBER :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar