Selasa, 29 Desember 2015

Mengenal Diri

Pengertian mengenal diri yaitu, memahami hal-hal pokok & penting tentang diri sendiri, dari segi psikis & fisik yang meliputi pengenalan ciri-ciri dasar fisik, pengenalan kepribadian, watak & tempramen, pengenalan bakat, pengenalan kekuatan & kelemahan diri sendiri.

Tujuan & manfaatnya adalah untuk mengenal potensi diri, mengenal kelemahan diri sendiri. Dengan mengenal diri, seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya & kemungkinan-kemungkinannya.

Cara mengenal diri, yaitu:
  1. Mengamati diri sendiri
  2. Melalui pengamatan orang lain
  3. Melalui kebersamaan kita dengan orang lain
  4. Membaca buku-buku pengenalan diri
 Berikut adalah cara saya mengenal diri dengan cara melalui pengamatan orang lain :

Nama Saya Muhammad Alphin Sepana Pratama, saya anak tunggal. Menurut ibu saya, saya anak kurang bertanggung jawab, pemarah, pemalas, dan egois. Itu semua dapat dilihat dari pekerjaan sehari-hari saya menurutnya. Tetapi menurut ibu saya, saya memiliki sifat yang patut ditiru yaitu berani mengambil resiko, dan solid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar