Selasa, 29 Desember 2015

MENGENDALIKAN DIRI

Dalam keadaan tertentu kita merasa sulit untuk mengendalikan diri dimana banyak hal yang membuat kita ingin marah dan memberontak terhadap suatu hal yang membuat kita marah.
Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alamiah, yaitu bisa berupa marah, sedih, cinta, benci, senang, bosan, dan lain sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami.
Meluapkan amarah menjadi hal yang wajar. Namun terkadang emosi yang terlalu meluap membuat anda menjadi tak terkendali. Menurut penelitian terbaru yang telah dimuat dalam Journal of Experimental Social Psycohlogy, perasaan marah sebenarnya dikarenakan adanya pikiran negatif terhadap suatu hal. Pikiran itu terus berkelanjutan, sehingga anda tidak dapat mengendalikan diri sendiri. Penelitian sebelumnya dilakukan oleh Dominik Mischkowski, mahasiswa psikologi sosial setingkat doktor di Ohio State University, menunjukkan jika menjaga jarak dengan situasi yang membuat anda marah bisa membantu meredakan rasa emosi yang meluap.
3 langkah yang dapat anda coba untuk mengendalikan diri:
1.       Kembali melihat situasi
Untuk mengontrol marah yang berlebihan, coba lihat situasi yang memuat anda marah. Pikirkan apa penyebabnya. Lalu berlanjut ke langkah berikutnya
2.       Analasis masalahnya
Tanyakan kepada diri anda sendiri mengapa anda bisa merasakan marah yang begitu besar dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui secara jelas masalah yang ada, anda bisa mengontrol emosi yang meluap tersebut.
3.       Selesaikan masalah
Bagi sebagian orang menonton film atau video lucu dapat membuat perasaan lebih tenang. Namun hasilnya hanya bertahan beberapa waktu saja. Karena anda selalu berinteraksi dengan orang lain, terutama dengan orang yang telah membuat anda sangat marah, maka perasaan itu bisa kembali lagi suatu saat jika tidak diselesaikan.
Oleh karena itu, sebaiknya kembali menoleh kebelakang agar mengetahui masalah sebenarnya, cari inti dari permasalah tersebut, dan selesaikan dengan segera. Maka anda akan terasa lepas dari emosi yang berlebihan tadi.

Sumber:
yohakimn.blogspot.co.id/2012/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x_18.html?m=1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar