Selasa, 29 Desember 2015

Tanggung Jawab



Tanggung Jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila, dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya.Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa mansuia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Rasa tanggung jawab kemudian berkembang bukan hanya pada tataran personal, namun selalu dikaitkan dengan hubungan dengan orang lain, sehingga dapat dibuat dalam sistem hukum, bahkan hukum pidana. Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinnya. Keadaan wajib menanggung segala sesuat memberikan jawaban dengan menanggung akibtnya. Sifat tanggung jawab wajib dimiliki oleh semua orang, masalah tanggung jawab saya berusaha untuk menjadi yang terbaik. Contoh lain dari perilaku tanggung jawab adalah berani mengakui kesalahan atau perbuatan dan berani meminta maaf atas apa yang terlah diperbuat.

Tanggung jawab pada diri saya, saya cukup bertanggung jawab dalam segala hal. sejak kecil saya dididik untuk bertanggung jawab dimana pun itu. baik tanggung jawab terhadap tugas sekolah ataupun tanggung jawab terhadap tugas dirumah. semoga mulai hari ini saya bisa menjadi pribadi yang makin bertanggung jawab terhadap apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar