Senin, 21 Desember 2015

Kerja Sama





KERJA SAMA (TEAM WORK)


Kerjasama adalah suatu usaha antara orang perorangan atau kelompok manusia diantara kedua belah pihak untuk tujuan bersama sehingga mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik.



Kerjasama dimaksudkan sebagai suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok manusia untuk mencapai satu atau tujuan bersama.

Kerjasama (cooperation) adalah suatu usaha atau bekerja untuk mencapai suatu hasil.

Kerjasama (Cooperation) adalah adanya keterlibatan secara pribadi diantara kedua belah pihak dami tercapainya penyelesaian masalah yang dihadapi secara optimalBekerjasama

Berpartisipasi, anggota kelompok yang baik – melakukan tugas/bagiannya.
Mendukung keputusan kelompok.
Sebagai anggota kelompok, mengupayakan agar anggota lain mendapat informasi yang relevan dan bermanfaat, misalnya informasi tentang proses kelompok, tindakan individual, atau hal-hal yang penting.
Kerjasama merupakan salah satu cara untuk cepat mencapai sebuah tujuan yang diinginkan oleh manusia hampir dalam semua aspek kehidupan.
( Sumber : http://kerjasamabisnis.com/apa-itu-kerja-sama.php )



Kerja sama atau belajar bersama adalah proses beregu (berkelompok) di mana anggota-anggotanya mendukung dan saling mengandalkan untuk mencapai suatu hasil mufakat. Ruang kelas suatu tempat yang sangat baik untuk membangun kemampuan kelompok (tim), yang Anda butuhkan kemudian di dalam kehidupan.
Kerja sama/belajar bersama adalah saling mempengaruhi sebagai anggota tim, Anda:

Membangun dan membagi suatu tujuan yang lumrah
Sumbangkan pemahamanmu tentang permasalahan: pertanyaaan, wawasan, dan pemecahan
Tanggap terhadap, dan belajar memahami, pertanyaan lain, wawasan dan penyelesaian.
Setiap anggota memperkuat yang lain untuk berbicara dan berpartisipasi, dan menentukan kontribusi (sumbangan) mereka.
Bertanggung jawab terhadap yang lain, dan mereka bertanggung jawab pada Anda
Bergantung pada yang lain, dan mereka bergantung pada Anda

Apa yang dilakukan tim belajar yang baik? What makes for a good learningteam?

Kegiatan tim berawal dengan latihan, dan proses pengertian kelompok.
Seorang instruktur mulai dengan memfasilitasi diskusi dan memberikan nasehat alternatif
tetapi jangan membebankan pemecahan pada tim, khususnya bagi mereka yang sulit bekerja sama.
Tiga sampai empat orang
Tim yang besar menyulitkan untuk melibatkan setiap orang
Guru- menempatkan kelompok
Menentukan kelompok berfungsi lebih baik daripada menempatkan diri sendiri
Berbagai tingkat ketrampilan (kemampuan), latar belakang, pengalaman:
Setiap individu memperkuat kelompok
Setiap anggota kelompok bertanggung jawab tidak hanya untuk menyumbangkan kekuatannya, tetapi juga membantu pemahaman sumber dari kekuatan mereka.
Siapa saja yang tidak beruntung atau tidak senang dengan keseluruhan mayoritas harus diberanikan dan didorong untuk berpartisipasi secara proaktif.
Belajar adalah pengaruh yang positif dengan peningkatan pilihan berbagai perspektif dan pengalaman untuk memecahkan persoalan, dan memperluas jarak rincian pertimbangan
Tanggung jawab setiap anggota untuk mencapai suatu tujuan ditentukan dan dimengerti melalui kelompok
Jarak kerahasiaan antar anggota kelompok adalah caraterbaik untuk menilai siapa dia dan siapa yang tidak berkontribusi (berpartisipasi)
Kelompok mempunyai hak untuk memecat mereka yang tidak bekerja sama dan tidak berpartisipasi kalau semua bantuan gagal.
(Orang yang dipecat kemudian dicarikan kelompok yang lain yang mau menerima dia)
Seseorang dapat berhenti apabila mereka bekerja banyak dengan sedikit bantuan dari yang lain.
(Orang ini sering mudah menemukan kelompok yang lain yang akan meneriman bantuannya)
Pembagian prinsip-prinsip pengoperasian dan tanggung jawab, ditetapkan dan disetujui oleh setiap anggota. Semua ini termasuk:
Tanggung jawab untuk hadir, menyiapkan, dan tepat waktu di dalam rapat
Ada diskusi-diskusi dan ketidaksepakatan terhadap pokok persoalan, menghindari kritik perorangan
Bertanggung jawab untuk membagi tugas dan menyelesaikannya tepat waktu
Anda perlu melakukan tugas-tugas dengan sedikit pengalaman yang Anda miliki, dengan sebelumnya merasa persiapan tidak sempurna, atau bahkan berpikir yang lain akan berbuat yang terbaik. Terimalah tantangan, tetapi legalah di dalam keadaan bahwa Anda perlu bantuan, latihan, seorang pembimbing, atau harus berhenti dan melakukan tugas yang berbeda.

Proses
Mengacu pada Pedoman Proyek Kelompok Group Project Guide

Buatlah tujuan-tujuan, definisikan seberapa sering dan dengan arti apa Anda akan berkomunikasi, menilai kemajuan, membuat keputusan, dan menyelesaikan persoalan
Definisikan sumber-sumber, khususnya seseorang yang dapat mengarahkan, mengawas, membimbing, dan bahkan mempertimbangkan.
Tinjauan jadwal kemajuan dan komunikasi untuk mendiskusikan apa yang termasuk pekerjaan dan yang bukan.

Tim yang ada persoalan harus diundang atau wajib bertemu dengan instruktur untuk membicarakan kemungkinan penyelesaian.
* "Belajar bekerja sama sering digunakan di dalam pendidikan K-12, dan belajar bersama di pendidikan tinggi.
Lihat juga:
"Kursus teknis belajar bekerja sama (Cooperative learning in technical courses): tata cara, bersembunyi, dan keuntungan , Richard M. Felder, North Carolina State University & Rebecca Brent, East Carolina University
Online Belajar Bersama di Pendidikan Tinggi, primary sites
web site yang memberikan banyak waktu dengan praktek yang terbaik di dalam online Belajar Bersama di Pendidikan Tinggi, dengan masalah-masalah yang terkait. Tim Roberts, Faculty of Informatics and Communication, Central Queensland University, Bundaberg, Queensland 4670 Australia

( Sumber : http://www.studygs.net/melayumanado/cooplearn.htm )

IMPLIKASI MANAJERIAL

Implikasi dapat merujuk kepada:
Dalam manajemen:

Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan

Dalam logika:

Implikasi logis dalam logika matematika
kondisional Material dalam falsafah logika

Dalam linguistik:

Implikasi (pragmatis)
Entailmen (pragmatics)

Kegunaan lain:

Dalam matematika, fungsi dapat merupakan implisit.
Diagnosa medis (penyelidikan ilmiah), dalam ilmu kedokteran forensik, hipotesis penyebab adalah implikasi atau indikasi alasan pada kondisi yang dapat ditemukan yang dapat memberikan penyebab.

( Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Implikasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar