Kamis, 28 September 2023

Kepahaman audiensi terhadap komunikasi efektif


 

Disusun oleh :

Aris Sigit Riyanto

@B-45 ARIS

No. Peserta : 43123010160


A. Pengertian Audiens

Audiens adalah seseorang yang berkomunikasi dengan anda melalui setiap media, baik itu blog, sosial media, dan lain sebagainya. Mereka adalah penonton yang suka menonton karya anda

B. Tujuan Audiens

Tujuan utama dalam komunikasi audiens adalah menyampaikan pesan. Kemampuan mengubah audiens menjadi pelanggan atau justru membuat audiens menjauh, bergantung pada bagaimana cara kita berkomunikasi dengan mereka. 

C. Fungsi Audiens

fungsi dari audience. Karena, audience adalah istilah yang mengacu pada pembaca dan juga banyak penulis lebih suka mengadopsi gaya suara yang berbeda, seperti campuran, formal, serta santai tergantung pada audiens yang dituju.

Dengan Anda memahami audience, Anda juga dapat membantu blogger atau penulis untuk menentukan level detail apa yang harus dia berikan, serta jenis pilihan kata apa yang mungkin mereka buat, karena pilihan kata dan nada tersebut harus sesuai dengan harapan audience.

Biasanya, peran penonton dalam sebuah drama dan sandiwara panggung adalah unik, karena audience akan mengirimkan energi serta emosi mereka kepada para pemain dan aktor melalui tanggapan mereka selama pertunjukan.

D. Jenis- jenis Audiens

  • Audience Awam

Yang pertama adalah audiens awam. Jenis ini adalah mereka akan terhubung dengan aspek minat manusia dari sebuah artikel.

Biasanya, penonton awam ini adalah mereka yang tidak memiliki pengetahuan khusus. Mereka biasanya membutuhkan informasi latar belakang serta mengharapkan lebih banyak definisi dan deskripsi, juga mereka mungkin menginginkan grafik atau visual yang lebih menarik.

  • Audience Manajerial

Audience manajerial mungkin memiliki lebih banyak pengetahuan daripada audience awam tentang subjek. Tidak hanya itu, mereka juga membutuhkan pengetahuan sehingga mereka dapat membuat sebuah keputusan tentang masalah tersebut.

  • Audience Akademik

Pada audience akademik, dengan asumsi Anda sedang menulis makalah untuk kelas, tanyakan pada diri diri Anda bahwa siapa yang akan menjadi pembaca di tulisan Anda?

Dalam jenis audiens akademik ini, pembaca yang paling penting mungkin adalah instruktur. Tanyakan pada diri Anda sendiri apa yang Anda ketahui tentang guru dan pendekatannya terhadap disiplin.

  • Audience Non-Akademik

Jenis audiens yang terakhir ini adalah biasanya penonton jenis ini ingin membaca tulisan Anda karena alasan selain untuk menilai Anda.

Sebagai contohnya, misal ada beberapa guru yang menugaskan makalah yang secara khusus meminta siswa untuk menulis untuk audiensi non-akademik.  Maka, mereka akan mendapatkan informasi dari tulisan Anda tersebut.

Cara Audiens berkomunikasi efektif

Terdapat 4 cara yang perlu Anda lakukan ketika ingin berkomunikasi dengan audiens:


1. Temukan alasan pesan harus disampaikan

Harus ada alasan mengapa sebuah pesan disampaikan, baik itu untuk membuat seseorang membeli produk, meningkatkan brand awareness, atau mencari partner bisnis yang sesuai. Ketahui tujuan Anda dengan menjawab pertanyaan : ‘mengapa saya harus melakukan hal ini?’. Sehingga, dari pesan yang disampaikan Anda mengerti goals yang ingin dicapai.

2. Tentukan siapa audiensnya

Setelah tahu apa tujuan pesan dibuat, sekarang saatnya menentukan kepada siapa pesan tersebut akan disampaikan. Jadi, Anda harus menentukan target audiens. Jika Anda belum tahu siapa target audiens baginya. 

4. Pesan apa yang ingin disampaikan

Jika target audiens telah ditentukan, selanjutnya tentukan pesan seperti apa yang ingin disampaikan. Hal yang perlu diingat ketika membuat pesan adalah pesan tersebut harus menjawab 4 pertanyaan berikut :

1. Apa yang Anda tawarkan?

2. Apakah itu penting bagi audiens?

3. Apa call to action (CTA) dari pesan?

4. Pilih media yang tepat

Banyak sekali media (channel) marketing yang ada untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus memanfaatkan seluruh channel tersebut, karena semakin banyak channel yang digunakan artinya semakin banyak pula budget dan effort yang diperlukan. 

5. Pilih beberapa channel yang sesuai dengan target audiens. Sebagai tips tambahan, sebelum tergiur untuk mencoba channel baru, ada baiknya untuk memaksimalkan channel yang sudah dimiliki dengan cara yang telah kami tuliskan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar