Kamis, 28 September 2023

DEFINISI KARIR

Disusun oleh : (@B22-RAIHAN) 



 Apa Itu Karir?

Karir adalah kombinasi dari jumlah pekerjaan yang sudah diambil, berbagai pencapaian, hingga pelatihan yang sudah dilalui agar dapat meraih tujuan profesionalitas.


Tentunya memilih karir harus dilakukan dengan hati-hati, karena nantinya akan berdampak pada arah hidup, profesionalitas, dan rasa kepuasan di dalam hidup.


Jenis-Jenis Karir


1. Karier dari pekerjaan yang tidak terkait


Contohnya, kamu menjadi seorang sales associate di dalam industri retail, lalu menjadi seorang customer service pada perusahaan IT, lalu menjadi seorang community manager di perusahaan startup keuangan.

Dengan jenis ini, kamu bisa mempunyai banyak sekali pengalaman dalam berbagai jenis bidang. 


2. Karier yang berkembang dari satu pekerjaan

Jenis karir yang satu ini umumnya dikenal dengan jalur karir linear. Akan lebih fokus pada satu bidang ataupun satu industri saja terlepas dari perusahaan yang sama atau berbeda.

Sebagai contoh, kamu memulai karir di bidang penulisan sebagai seorang asisten editor di perusahaan XY. Mungkin saja kamu akan menjadi seorang editor ketika pindah ke perusahaan ZX, dan kemudian diangkat sebagai editor senior setelah setahun bekerja.

Jenjang karir seperti contoh di atas banyak dilakukan banyak orang karena perkembangan karirnya jelas.


3. Karir dari pekerjaan yang berbeda di satu industri

Bentuk dari alur karir ini adalah bekerja di satu industri, tapi menjalani berbagai jenis pekerjaan.

Sebagai contoh, kamu memiliki tujuan untuk menjadi seorang creative director di bidang industri kreatif. Kamu bisa saja memulai karirmu dengan bekerja sebagai seorang copywriter di agency lalu pindah ke agency lain sebagai videographer.

Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda di setiap pekerjaan, tapi tetap berada di industri kreatif. 


Manfaat Perencanaan Karir

Di dalam dunia kerja, manfaat perencanaan karir dapat diperoleh jika maksimal dalam melakukannya.

Tentunya perencanaan karir memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat perencanaan karir bagi karyawan dan perusahaan.

Manfaat Perencanaan Karir bagi Karyawan

1. Mencapai kepuasan pribadi

Dalam membangun perencanaan karir, kepuasan karir adalah tujuan yang harus dimasukkan secara pribadi. Karna akan menghabiskan waktumu untuk bekerja, jadi harus memilih karir yang tepat agar mendapatkan keuntungan serta kepuasan pribadi.

2. Memperoleh kesadaran dan pemahaman diri

untuk mendapatkan pemahaman terhadap diri sendiri secara sadar. Pemahaman seseorang terhadap dirinya untuk mendapatkan pengetahuan dalam mengelola kesulitan-kesulitan yang terjadi di dalam hidupnya.


3. Membangun efisiensi usaha dan penggunaan waktu

Di sini dapat memilih tahapan karir secara lebih sistematis. harapannya agar dapat meminimalisasi proses trial-and-error serta membuat lebih dekat dengan arah tujuan yang kamu inginkan.


4. Mempersiapkan diri dalam memperoleh tempat dan penghasilan yang sesuai

Dengan perencanaan karir ini, kamu dapat fokus bekerja pada karir yang tepat sesuai dengan kemampuan dan skill-mu.

Sebagai pekerja, juga perlu membandingkan aset dan kewajiban dengan syarat dan permintaan dari berbagai jenis karir. 


Manfaat Perencanaan Karir bagi Perusahaan


1. Mendorong pertumbuhan karyawan

Perencanaan karir yang baik akan mendorong para karyawan untuk memiliki semangat kerja serta tumbuh dan berkembang bersama perusahaan. Hal ini tentu akan berdampak baik untuk perusahaan.


2. Menjaga loyalitas karyawan yang menurunkan perputaran karyawan

Tentunya cara ini membuat perusahaan akan memiliki karyawan yang loyal serta terus meningkat secara kualitas. Dengan loyalitas karyawan yang terjaga, turn over pegawai di perusahaan juga dapat ditekan.

3. Siap akan regenerasi

Perusahaan menjadi lebih siap dalam menghadapi regenerasi. Ketika setiap karyawan sudah memiliki mapping yang baik, mereka dapat mengisi posisi-posisi kosong di dalam perusahaan tersebut di masa depan.

4. Mempersiapkan penempatan di luar negeri

Bagi perusahaan yang sudah taraf global, membuat perancangan karir yang baik dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi serta mempersiapkan penempatan karyawan potensial di luar negeri.

5. Mengembangkan promosi pegawai

Dalam hal ini penawaran internal atas pegawai yang bisa dipromosikan akan terbangun.

Perusahaan juga dengan mudah dapat mencari pengganti kekosongan jabatan yang disebabkan oleh masa pensiun, karyawan resign, atau lain sebagainya.

6. Memuaskan kebutuhan karyawan sehingga dapat mendukung karyawan potensial

Perencanaan karir juga bisa memberikan jalan untuk karyawan potensial. Mereka menjadi lebih berani untuk melangkah maju dan meningkatkan kemampuan potensial mereka karena adanya tujuan karir yang lebih spesifik.


Cara Menemukan Karir

1. Melakukan networking

Dengan melakukan networking, bisa membangun dan menjaga hubungan profesional dengan orang lain. Akan membantumu untuk melihat dan memilih karir yang sesuai dengan kemampuan serta skill-mu.

2. Membuat planning

Awalilah meniti karir dengan membuat planning. Walaupun kamu sudah membuat rencana, harus tetap terbuka dan fleksibel saat ada kesempatan lain yang hadir. Hal penting yang berguna untukmu, tujuan profesional, dan hal yang kamu sukai dari pekerjaanmu saat ini.

3. Terus belajar

Tentunnya belajar adalah suatu kewajiban, terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi yang mewajibkan kamu untuk terus berinovasi dan juga beradaptasi.


4. Memperhatikan dunia industri yang sedang dijalani

Sebisa mungkin, cobalah untuk membaca beragam berita terkait industri yang ingin atau sedang kamu jalani saat ini. Cara ini akan membuatmu untuk terus mengikuti tren dan memperoleh gambaran pekerjaan yang sesuai untuk karirmu.

5. Bersiap untuk mengubah karir

Apabila kamu berada di dalam industri yang trennya sedang mengalami penurunan, pertimbangkanlah untuk beralih ke karir yang berbeda.


Faktor yang Mempengaruhi Karir


1. Kepribadian karyawan

Kepribadian dan motivasi karyawan adalah syarat yang perlu untuk bekerja pada posisi pekerjaan tertentu. Kepribadian karyawan merupakan salah satu kunci yang berpengaruh langsung terhadap pengembangan karir.

2. Pendidikan, pelatihan, dan kursus yang diikuti

Pendidikan yang memadai, kursus yang diselesaikan, dan program pelatihan adalah salah satu faktor dasar yang memengaruhi perkembangan karir serta promosi jabatan dalam struktur organisasi perusahaan.

3. Prestasi kerja dan faktor atasan

Salah satu faktor yang mempengaruhi karir yaitu hasil kerja yang dicapai. Tetapi yang dilihat dari perusahaan tidak hanya itu saja. Terdapat faktor penting yang mempengaruhi karirmu yaitu penilaian dari atasan secara langsung.

4. Posisi pekerjaan yang dilakukan

Posisi pekerjaan yang dilakukan harus sesuai dengan tujuan karirmu. kamu harus menemukan tempat kerja yang memadai untuk pengembangan karirmu.

5. Situasi perusahaan

Situasi juga berpengaruh terhadap karir setiap karyawannya. Misalnya, karyawan memiliki semua syarat untuk promosi jabatan, tapi situasi di perusahaan tidak memungkinkan sehingga pengembangan karir bisa saja terhambat.


Karir adalah sebuah alur atau rangkaian perilaku serta sikap yang berkaitan dengan pengalaman kerja pada kehidupan seseorang dan menjadi serangkaian kegiatan kerja berkelanjutan.

Faiqotul Himma. (2022). Karir Adalah Definisi, Jeni, dan Cara Menemukan Karir. Jakarta: Majoo.id

https://majoo.id/solusi/detail/karir-adalah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar