Jumat, 29 September 2023

ADAPTASI DAN FLEKSIBILITAS DALAM PENGEMBANGAN KARIR

Oleh Dicki Setiawan

(@B31-DICKI)

Pembahasan

APASIH ADAPTASI ITU?

Menurut Forage, kemampuan adaptasi adalah soft skill yang membuatmu dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang berubah.

Arti Fleksibelitas dalam Pekerjaan

Fleksibilitas menekankan kemauan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan. Ini termasuk mengenai bagaimana dan kapan pekerjaan diselesaikan.

The blance careers menekankan fleksibilitas ini bergantung pada kemampuan adaptasi yang kamu miliki.

Untuk menjadi pekerja yang fleksibel, kamu harus mampu beradaptasi terhadap pekerjaan yang kamu terima.

Pekerja yang fleksibel mampu menyesuaikan diri dengan tantangan yang diterimanya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini termasuk menyesuaikan diri ketika kondisi kerja tidak ideal.

Manfaat Fleksibilitas untuk Pekerjaan

Menjadi fleksibel dalam pekerjaan akan memberikan banyak manfaat untuk kamu. Bersikap fleksibel dapat membantumu mengatasi perubahan yang terjadi ditempat kerja. Berikut adalah manfaat fleksibilitas dalam pekerjaan yang bisa kamu dapatkan:

1. Memudahkan adaptasi dalam pekerjaan

Menjadi fleksibel dalam pekerjaan memungkinkan kamu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan. Misalnya, ketika kamu menerima tugas atau tanggung jawab baru.

2. mampu mengatasi keadaan tak terduga

Banyak kasus yang menuntut kamu bersikap fleksibel dalam pekerjaan. Misalnya, ketika terjadi konflik dengan rekan kerja, kamu dapat mengatasinya dengan bersikap tenang

3. Mempertahankan loyalitas

Tanpa fleksibilitas dalam pekerjaan, akan sulit untukmu bertahan di satu tempat kerja. Terlebih dengan kondisi industry saat ini, bertahan disatu tempat adalah pilihan yang aman ketimbang berpindah-pindah tempat kerja.pola piker yang fleksibel akan membantumu tetap bertahan dalam pekerjaanmu saat ini meskipun tempat kerjamu mengalami perubahan berkali kali.

4. Meningkatkan kepuasan kerja

Fleksibilitas dalam pekerjaan dapat mengurangi tingkat stres kerjamu. Selain itu, menjadi pribadi yang fleksibel memungkinkan kamu mendapatkan pengalaman-pengalaman baru saat bekerja. Stres kerja yang rendah, serta kesempatan untuk mendapatkan pengalaman baru, akan meningkatkan kepuasan kerjamu.

5. Meningkatkan motivasi dan berpikir positif

Salah satu hal sulit yang harus dilakukan dalam pekerjaan adalah tetap positif saat menghadapi perubahan.Dilansir dari Mindtools, menghadapi perubahan rutinitas dalam pekerjaan merupakan hal yang sulit dilakukan pekerja.Dengan bersikap fleksibel, kamu bisa tetap berpikir positif. Adanya perubahan ini bisa kamu sikapi dengan positif dan memotivasi diri untuk bekerja dengan lebih baik.

6. Meningkatkan skill-set

Fleksibel dalam pekerjaan berarti siap menerima juga beradaptasi dengan perubahan.Hal ini bisa membantu kamu meningkatkan dan mengembangkan skills yang kamu punya, lho! Saat skills kamu berkembang, maka kamu lebih bisa menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi dalam pekerjaan kamu.

 7. Lingkungan kerja suportif

Memiliki tim yang baik dan fleksibel dalam menghadapi perubahaan dan rutinitas pekerjaan merupakan suatu keberuntungan.Hal ini karena dengan tim yang fleksibel, kamu memiliki lingkungan kerja yang positif dan suportif.

Tips meningkatkan fleksibilitas dalam pekerjaan

1. Terima bahwa perubahan tidak dapat dihindari

2. Jadilah percaya diri

3. Atasi batasan jika memungkinkan

4. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja

5. Berpikiran terbuka

6. Explore skill set yang berbeda

Perbedaan Adaptasi dan Fleksibelitas

.           1. Makna kata

Kemampuan adaptasi mengacu pada perubahan perilaku kesebuah situasi baru dan bisa saja jadi perubahan besar.

            2. kegunaanya ditempat kerja

Kemampuan adaptasi dan fleksibelitas sangatlah penting didunia kerja. Namun,keduanya dapat bermanfaat disituasi yang berbeda.

Ketika kamu diharuskan menjalani peran baru, maka ada baiknya bagimu untuk menunjukkan kemampuan adaptasi.

Namun, saat ada perubahan dalam deadline atau terjadinya fluktuasi harga, kamu bisa menunjukkan kemampuan fleksibilitas.

Contohnya, ketika jadwal deadline diubah menjadi lebih dekat, kamu dapat menunjukkan fleksibilitas dengan menerima perubahan tersebut.

Lalu, kamu menunjukkan kemampuan adaptasi dengan mengubah perilakumu untuk mengelola stres yang dirasakan dari perubahan deadline tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

References

Medina, M. I. (2023, januari 29). perbedaan adaptasi dan fleksibilitas plus contohnya. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/perbedaan-adaptasi-dan-fleksibilitas/

Oktriwina, A. S. (2023, juni 21). Arti Fleksibilitas dalam pekerjaan. Retrieved from https://glints.com/id/lowongan/fleksibilitas-dalam-pekerjaan/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar