Kamis, 28 September 2023

Sikap Terbuka Dalam Konsep Berpikir Positif

Disusun Oleh: Nabilla Lailatul Fauziah (@B34-NABILLA)


   Memiliki pola pemikiran yang terbuka atau open minded kerap dianggap sebagai hal positif pada diri seseorang. Tak hanya memiliki pikiran yang positif, orang open minded juga punya empati dan sikap rendah hati yang tinggi.Open minded yaitu kemampuan berpikir terbuka yang ada pada diri seseorang terhadap semua bentuk informasi, gagasan, opini, ide, dan argumen. Kemampuan ini akan membuat seseorang bisa lebih rasional, kritis, dan mudah mendapatkan solusi saat menghadapi masalah.

Tak hanya itu, memiliki pemikiran yang terbuka juga membuat kamu lebih mudah mendapatkan pengalaman dan wawasan baru, serta menjalin relasi yang lebih baik. Tak ketinggalan, membuat mental menjadi lebih sehat karena selalu memiliki pikiran dan energi yang optimis serta positif. Seseorang dengan pola pikir terbuka akan memiliki beberapa ciri khas yang cukup menonjol, seperti:

• Sangat terbuka dengan pendapat, gagasan, ide, argumen, dan pemikiran orang lain.

• Tidak takut mengemukakan pendapat dan pemikiran sendiri.

• Berani untuk mengambil risiko.

• Punya rasa empati dan sikap rendah hati yang tinggi.

• Meyakini kalau setiap orang punya hak untuk mengatakan apa yang sedang dipikirkan.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih diri untuk dapat bersikap open minded dari segi psikologi pertama dengan menerima ketidaktahuan. Memiliki banyak hal yang tidak diketahui tidak lantas menjadikan dirimu kurang pandai. Sebaliknya, kamu justru akan memiliki pola pikir dan pandangan yang lebih terbuka melalui ketidaktahuan tersebut. Sebab, kamu menerima bahwa orang lain memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan dengan diri sendiri. Kedua adalah introspeksi diri jika sebelumnya kamu merasa sulit untuk menerima opini dan saran orang lain terhadap diri sendiri. Tanyakan pada dirimu, mengapa kamu tidak berkenan dengan saran tersebut, atau adakah sisi positif yang bisa kamu dapatkan dengan menerima saran tadi. Dengan demikian, kamu bisa mengambil keputusan dan sikap yang lebih rasional, terbuka, dan bijaksana. Ketiga dapat dilakukan dengan menemukan perbedaan untuk dapat melebarkan relasi dengan orang yang memiliki suku, budaya, agama, dan latar belakang yang berbeda. Cara ini bisa membuat diri kita toleran dan terbiasa terhadap perbedaan, sehingga menerima bahwa hidup tidak selalu sama dalam segala hal. Memang benar, menjadi pribadi dengan pemikiran terbuka tidak bisa didapatkan secara spontan. Meski begitu, dengan disiplin untuk menerapkan cara-cara yang ada, lambat laun juga bisa memiliki karakter sekaligus merasakan efek positif dari open minded.

Daftar Pustaka

halodoc & Fadli, d. R. (2022, September 1). Tak Melulu Berpikir Positif, Kenali Ciri Orang Open Minded. Diakses September 28, 2023, dari https://www.halodoc.com/artikel/tak-melulu-berpikir-positif-kenali-ciri-orang- open-minded


Tidak ada komentar:

Posting Komentar