Kamis, 27 September 2018

Disiplin Kunci Kesuksesan

Oleh : Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhad nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab. dan dengan sikap yang selalu disiplin membuat seseorang berhasil dengan apa yang seseorang tersebut impikan itulah sebabnya disiplin adalah modal utama suatu kesuksesan.
    Disiplin dibutuhkan untuk membawa kita sampai pada tujuan. kita tidak akan menemukan disiplin jika kita tidak menciptakannya. disiplin itu harus diciptakan dari dalam diri kita sendiri, filsuf Yunani Plato menegaskan bahwa "Kemenangan pertama dan terbaik adalah menaklukkan diri sendiri".

    Disiplin dapat membangun karakter serta membangun diri pribadi seseorang dalam mencapai keinginan atau mimpi yang ingin diraih. Dengan kedisiplinan yang telah dibiasakan, maka kesuksesan akan menjadi suatu kemungkinan, bukan kemustahilan. Karena kedisiplinan adalah salah satu modal untuk meraih kesuksesan.
   Kebanyakan orang gagal disebabkan ketidakmampuannya dalam memanajemen waktu dengan baik. Sebenarnya kemampuan kita untuk selalu efektif dan efisien dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki akan menjadi kekuatan untuk menguasai manajemen waktu dengan optimal. Ini tercipta dari disiplin yang kuat dalam memanfaatkan setiap detik waktu yang tersedia untuk hal-hal yang telah direncanakan.
    Latihlah kedisiplinan sejak dini demi meraih kesuksesan. mulai dengan satu kebiasaan, buatlah satu kegiatan menjadi pola kebiasaan hingga menjadi rutinitas. kemdian, miliki kmitmen untuk memulai, Jika kita sudah menetapkan tujuan, buatlah tujuan tersebut sebagai target yang harus kita tuju dan mau tidak mau kita harus memulainya.  kemudian, membangun konsistensi, jika kita sudah melakukan hal kegiatan yang sederhana menjadi pla kebiasaan rutinitas, maka pacu diri untuk melakukan lebih dari sebelumnya. lalu, ulangi terus meneru, jangan biarkan rasa malas membuat kedisiplinan menjadi layu dan mengalami keruntuhan. karena, memulai kembali sebuah kedisiplinan menjadi kesulitan sendiri. 
    Penting bagi kita untuk mengontrol tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Setiap apa yang  kita pikirkan dan lakukan akan membawa akibat berupa kebaikan atau keburukan. Hal itulah yang akan membawa kita ke tempat yang akan dicapai atau hanya diam di tempat tanpa ada perubahan. Kesuksesan tidak dapat diraih secara instant. tetapi jika kita sudah mendapatkan kesuksesan itu, kita tidak boleh cepat puas dan terlena dengan apa yang kita raih.

DAFTAR PUSTAKA
Widyarini, Diah Hapsari. 2013. Dengan artikel "Disiplin Diri Kunci Meraih Kesuksesan" dan http://diahhapsariw.blogspot.com/2013/02/disiplin-diri-kunci-meraih-kesuksesan.html . Diakses pada 27 september 2018.
Finansialku. 2017. Dengan artikel "Kedisplnan Diri adalah Kunci Segala Keberhasilan" dan https://www.finansialku.com/kedisiplinan-diri/ . Diakses pada 27 september 2018.
Kandani, Haryanto. 2013. Dengan artikel "Disiplin Diri adalah Kunci Sukses" dan http://motivatorindonesia.com/artikel-motivasi/disiplin-diri-adalah-kunci-sukses-haryanto-kandani.html . Diakses pada 2 september 2018.
Anita. 2011. Dengan artikel "Disiplin adalah kunci kesuksesan dalam Keberhasilan Siswa" dan https://nitason.wordpress.com/2011/02/26/disiplin-adalah-kunci-kesuksesan-dalam-keberhasilan-siswa/ . Diakses pada 27 september 2018.
Yusuf, Muhammad. 2011. Dengan artikel "Kedisiplinan adalah Modal Kesuksesan" dan http://retmonoright.blogspot.com/2012/01/disiplin-adalah-kunci-kesuksesan.html . Diakses pada27 september 2018.

2 komentar:

  1. @K04-Bayu

    Artikel yang cukup menarik untuk materi ini, karena mencangkup beberapa hal yang penting. Dan juga penyampaian materi yang menarik. Isi dari materinya jg sudah cukup lengkap. Tapi dari materi tereebut masih bisa dikembangkan lagi agar tambah menarik.

    BalasHapus

  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin sukses, ternyata ada loh miliarder dunia yang bisa mempertahankannya hingga usia 90 tahun lebih. Namanya Jim Pattison. Kira-kira apa ya rahasia sukses dirinya? Kalo temen-temen penasaran bisa cek di sini: Berusia 90 tahun lebih, ini tips sukses dari Jimmy Pattison

    BalasHapus