Senin, 24 September 2018

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI


Oleh: Rofiqoh Awaliyah ( @K28-Rofiqoh )

Abstrak Kedisiplinan merupakan faktor yang berasal dari dalam diri yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi belajar. Dengan tingkat kedisiplinan belajar yang tinggi diharapkan dapat memperoleh prestasi yang optimal. Dengan disiplin belajar yang baik akan dapat mendorong meraih prestasi belajar yang optimal. Semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar, maka akan semakin baik prestasi belajar yang diraihnya.
Kata Kunci: Disiplin Belajar

Ya, salah satu yang mempengaruhi prestasi adalah disiplin belajar. Disiplin belajar merupakan salah satu sikap atau perilaku yang harus dimiliki. Kita akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan apabila kita mampu mengatur waktu dan kegiatan belajarnya.
Teori menyatakan bahwa disiplin belajar adalah perwujudan dari sikap, tingkah laku dan perbuatan seseorang yang tumbuh dari dalam kesadaran dirinya untuk belajar dengan mematuhi dan melaksanakan segala macam peraturan yang berlaku baik di sekolah maupun di rumah (Djamarah 2002: 12).

Sikap disiplin yang timbul dari kesadarannya sendiri akan dapat lebih memacu dan tahan lama dibandingkan dengan sikap disiplin yang timbul karena adanya pengawasan dari orang lain. Disiplin dapat tumbuh dan dibina melalui latihan, pendidikan atau penanaman kebiasaan dimulai sejak dalam lingkungan keluarga, mulai pada masa kanak-kanak dan terus tumbuh berkembang sehingga menjadi disiplin yang semakin kuat. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa disiplin belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap perhatian orang tua dirumah.

Prestasi belajar seseorang pada dasarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor baik yang berasal dari dalam (internal) maupun dari luar (eksternal) diri kita yang paling terkait. Tetapi pada kenyataannya faktor dalam diri saja tidak menunjang dalam proses prestasi belajar tanpa adanya metode pembelajaran yang baik serta dukungan dari pengajar sebagai tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar. Beberapa masalah yang berkaitan dengan prestasi belajar  antara lain, motivasi dalam belajar, metode pembelajaran, disiplin belajar, perhatian orang tua, sumber dan fasilitas yang tersedia, kondisi lingkungan yang mendukung dan sebagainya.

Menurut Soegeng Prijodarminto, (1993: 15) “Disiplin adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban”. Disiplin memang susah dalam penerapan dan berat untuk dilakukan, namun apabila kita tetap untuk disiplin maka hasil yang akan diperoleh cenderung akan sesuai dengan yang diinginkan.

Menurut Rugun (1991:20); Aspek-aspek penting yang mempengaruhi penerapan disiplin tersebut adalah:
(a)ketepatan waktu,
(b) ketaatan dalam mengikuti aturan-aturan yang didasari kerelaan hati untuk melaksanakan aturan dan menghindari larangan-larangan,
(c) tanggung jawab terhadap segala kegiatan.

Pada hakekatnya tidak ada faktor tunggal yang berdiri sendiri yang secara otomatis menetukan prestasi belajar. Kesadaran pentingnya norma, aturan, kepatuhan, dan ketaatan merupakan prasyarat kesuksesan seseorang.  

Kesimpulan
Berdasarkan latar belakang tersebut menunjukkan adanya permasalahan motivasi, metode pembelajaran dan disiplin belajar. Dapat disimpulkan bahwa disiplin itu adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan disuatu tempat dan norma-norma yang berlaku, sehingga dengan menanamkan sikap disiplin seseorang akan dengan mudah mencapai hasil belajar yang maksimal.

Daftar Pustaka
Simbolon. 2015. Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X AP SMK YAPIM 2 MEDAN. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+disipin+belajar&btnG , http://digilib.unimed.ac.id/14536/1/7111141003%20BAB%20I.pdf
Maja, Ibnu. 2013. PENGARUH MOTIVASI, METODE PEMBELAJARAN DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA TEKNIK DI POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA (Studi Penelitian pada Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia). ORASI BISNIS Vol 9, No 3 (2013): Orasi Bisnis Edisi IX Mei 2013 http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=89941
Ariefiani, Mega Nita. 2013. HUBUNGAN DISIPLIN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN MAKANAN INDONESIA 1 DI SMK NEGERI 9 PADANG. E-Journal Home Economic and Tourism Vol 2, No 1 (2013): periode maret 2013 http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=24245
Nurhayati. 2014. PENGARUH KEADAAN EKONOMI ORANGTUA, DISIPLIN MELALUI PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR. Vol 2, No 5 (2014): JEE (jurnal Edukasi Ekobis) http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=287875
Anggraini, Pramita dan Arifin Rahman. 2013. PENGARUH PENERAPAN MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 NGANJUK. Kajian Moral dan Kewarganegaraan No 1 Vol 1 https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=manfaat+disipin+belajar&btnG , http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/1478/1117

1 komentar: