Jumat, 21 September 2018

Konsep diri

Dibuat oleh : K23-Nofiyanto

AbstrakMenurut John Robert Powers (1977),  konsep diri adalah ‘kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi ; siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku’ Konsep diri menjadi dasar perilaku hidup sehari-hari yang disadari. Kesadaran dan pemahaman akan dirinya semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya.




Kata kunci : Sifat, Evaluasi, Tujuan



Bagaimana Sifat Aku?

Aku memiliki sifat:
  • ·         Baik
  • ·         Ramah
  • ·         Sopan
  • ·         Mudah Berbaur


Tujuan Pengenalan Diri
Dengan adanya pemahaman terhadap konsep diri, diharapkan :
  • ·         Tumbuhnya kesadaran seseorang untuk memahami dan mengenali dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya.
  • ·         Terbentuknya sikap dan perilaku percaya diri serta prinsip hidup menuju kehidupan yang sejahtera. Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak-hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain.


Mengapa Konsep Diri Diperlukan
Setiap orang perlu mengetahui dan memahami dirinya serta mampu menumbuhkan dan mengembangkan kemampuannya. Setelah seseorang mengetahui dirinya, maka terbentuklah sikap dan perilaku dalam menentukan arah dan prinsip hidup yang diinginkan. Seseorang yang mempunyai konsep diri, dapat menilai dirinya dalam menjalankan peranan hidup berkeluarga atau dalam masyarakat tanpa merasa lebih atau kurang terhadap kemampuan dan bersikap kepada orang lain. Perilaku seseorang dalam kehidupan bermasyarakat merupakan faktor yang  menentukan, dengan demikian ‘konsep diri’ seseorang bukan suatu yang langsung jadi, melainkan diperoleh dan dibentuk melalui pendidikan, pengalaman serta pengaruh lingkungan.


Kesimpulan
Aku adalah orang yang sangat senang dengan sesuatu yang baru. karena sesuatu yang baru dapat membuat perubahan secara signifikan. Aku sangat senang bergaul dengan seseorang yang menurut aku dia orang yang berfikir logis dan masuk akal.


Daftar Pustaka : 
Conny setiawan, 1987. Konsep Diri Wanita sebagai Pipinan dalam peranan Manajemen, Jakarta. https://dykaandrian.blogspot.com/2014/10/materi-pengenalan-diri.html (di akses pada 22 september 2018)
John Robert Powers, 1977. Pelatihan Program Pengembangan Pribadi Departemen. https://dykaandrian.blogspot.com/2014/10/materi-pengenalan-diri.html (di akses pada 22 september 2018)

1 komentar:

  1. @k21-rohit kurang rapih untuk penataannya, materi bagus dan bisa di pahami

    BalasHapus