Rabu, 26 September 2018

DISIPLIN MEMBUAT HIDUP TERTIB DAN TERATUR


Oleh : Nia Wulandari (@K09-Nia)
Karakter disiplin diartikan sebagai sifat patuh atau taat pada peraturan. Disiplin akan menghadirkan sikap bertanggung jawab yang sangat berguna apabila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Teori
Menurut Hougton (2018), “Disiplin adalah pola perilaku yang diharapkan akan menghasilkan karakter tertentu, khususnya menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur. Disiplin adalah kontrol yang diperoleh dengan menegakkan kepatuhan atau perintah. Disiplin militer adalah sebuah metode yang sistematis untuk memperoleh ketaatan.”
Pembahasan
            Penerapan disiplin tidak hanya dilakukan dilingkungan sekolah saja, tetapi juga sangat berguna apabila dijadikan kebiasaan dalam beraktivitas sehari-hari. Penerapan karakter disiplin akan sangat bermanfaat jika diterapkan dalam lingkungan sehari-hari.
Manfaat dari karakter disiplin diantaranya :
1.      Hidup Akan Lebih Tertib dan Teratur
Disiplin menjadikan hidup tertib dan teratur misalnya, apabila kita disiplin dalam mengerjakan sesuatu hal sesuai waktunya, maka pekerjaan lain tidak akan terbengkalai dan selesai tepat waktu.
2.     Meningkatkan Percaya Diri
Disiplin meningkatkan rasa percaya diri, dengan adanya sikap disiplin dalam mengerjakan sesuatu kita akan lebih percaya bahwa kita dapat mengerjakan hal tersebut.
3.     Mendatangkan Sikap Bertanggung Jawab
Dengan diterapkannya sikap disiplin kita akan lebih bertanggung jawab atas pekerjaan atau tugas yang kita miliki. Sehingga tugas tersebut akan selesai tepat waktu.
            Selain manfaat dari karakter disiplin berikut macam-macam disiplin dianaranya :
1.      Disiplin Beribadah
Kita hidup di negara yang menganut berbagai macam agama dengan menerapkan sikap toleransi antar umat beragama. Disiplin dalam beribadah itu merupakan hal yang indah apabila dijadikan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari misalnya, untuk umat muslim melaksanakan sholat sesuai waktunya, apabila telah berkumandang suara adzan langsung menuju ke masjid untuk segera melaksanakan sholat. Begitu juga untuk agama lain misalnya, ada sekolah minggu atau ibadah sesuai waktunya.
2.     Disiplin Waktu
Disiplin waktu merupakan disiplin terhadap waktu. Dari waktu sekolah sebenarnya kita sudah diajarkan kedisiplinan misalnya, tidak terlambat datang ke sekolah.
3.     Disiplin Bersikap
Disiplin dalam bersikap dapat dilakukan dengan cara mengontrol diri misalnya, mengontrol emosi, dan tidak tergesa dalam mengambil keputusan.
4.     Disiplin Peraturan
Disiplin peraturan merupakan sikap disiplin terhadap peraturan yang berlaku di suatu tempat. Misalnya, mematuhi peraturan di jalan seperti peraturan berlalu lintas yang mewajibkan memakai helm ketika berkendara dengan sepeda motor.
Kesimpulan
            Dengan menerapkan karakter disiplin hidup akan terasa lebih tertib serta teratur. Terlebih lagi apabila disiplin dijadikan kebiasaan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Daftar Pustaka
·       Waryandani, Wuri, dkk. Cakrawala Pendidikan, Juni 2014, Th. XXXIII, No. 2. Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Dalam http://perpustakaan.unitomo.ac.id/repository/2168-5972-1-PB.pdf (Diunduh pada 23 September 2018)
·       Anonim. 2017. Disiplin. Dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
·       Anonim. 2018. Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli. Dalam http://www.pengertianmenurutparaahli.com/pengertian-disiplin-menurut-para-ahli/ (Diunduh pada 23 September 2018)
·       Anonim. 2018. Macam-macam Disiplin dan Mnafaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-hari. Dalam https://www.share-disini.com/macam-macam-disiplin-dan-manfaat-disiplin/ (Diunduh pada 23 September 2018)
·       Rainer, Dedi. 2017. Pengertian Disiplin, Tujuan, Macam, Manfaat, Contoh Disiplin Terlengkap. Dalam http://www.sepengetahuan.com/2017/08/pengertian-disiplin-tujuan-macam-manfaat-contoh-disiplin.html (Diunduh pada 23 September 2018)

1 komentar:

  1. Nama : Ryan Albo Galfanis
    @K08-Ryan

    Mindmap mudah di mengerti abstrak sudah sangat jelas dah artikel nya menarik , mungkin judul nya di buat lebih menarik

    BalasHapus