Selasa, 25 September 2018

NIKMATNYA HIDUP DISIPLIN

Oleh : @K19-Luthfiah, @ProyekJK03

   Tahukah kalian yang dimaksud dengan disiplin?  Menumbuhkan rasa disiplin dalam diri sangatlah penting. karena dengan menumbuhkan rasa disiplin dapat mengembangkan sikap yang baik yang dapat membawa kita ke kehidupan yang lebih baik. Sebaliknya, jika kita tidak menumbuhkan rasa disiplin maka kita akan kesulitan untuk mengembangkan diri karena di zaman sekarang sangatlah membutuhkan sikap disiplin dalam setiap aspek kehidupan.
   

   Disiplin juga sangat erat hubungannya dengan moral manusia. Menurut Siswanto (2001) disiplin adalah suatu sikap menghormati, menghargai, patuh, dan taat pada peraturan yang berlaku, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.
    Menurut saya, disiplin sangatlah penting dalam kehidupan, karena tanpa adanya kedisiplinan orang lain akan berpikir bahwa kita adalah salah satu orang yang tidak bisa dipercaya. Banyak cara yang sudah saya terapkan dalam diri saya agar dapat menjadi orang yang disiplin. Salah satunya adalah menyalakan alarm agar tidak bangun tidur kesiangan, ataupun untuk mengingatkan bahwa kita memiliki acara supaya tidak terlambat datang. 
    Dalam kehidupan sekolah/kuliah pun kita dituntut untuk selalu disiplin, salah satu contohnya adalah mengerjakan atau mengumpulkan tugas tepat pada waktunya tetapi tetap dikerjakan dengan baik dan benar, tidak datang terlambat. Lalu bagaimana peranan orang tua saya terhadap kedisiplinan saya? Mereka selalu mengingatkan bahwa disiplin itu penting dan harus dimiliki dalam diri. Misalnya, sedari kecil beliau membantu saya untuk selalu bangun pagi supaya tidak terlambat ke sekolah, mengingatkan untuk mengerjakan tugas sekolah. Tetapi karena beliau merasa saya sudah memiliki tanggung jawab terhadap diri saya sendiri, beliau tinggal memantau saya dan mengingatkan jika saya berlaku tidak disiplin. 
     Disiplin juga memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, diantaranya :
  • Menumbuhkan kepekaan
  • Menumbuhkan kepedulian
  • Mengajarkan keteraturan
  • Menumbuhkan kepercayaan diri
  • Menumbuhkan kemandirian
  • Menumbuhakan keakraban
   Disiplin juga memiliki beberapa tujuan, Menurut Ellen G White, diantaranya :
  • Pemerintah atas diri
  • menaklukan kuasa kemauan
  • Perbaiki kebiasaan-kebiasaan
  • Hancurkan benteng syetan
  • Menghormati orang tua dan ilahi
  • Penurutan atas prinsip, bukan paksaan
    Kesimpulannya, saya akan selalu berusaha sebaik mungkin untuk merubah diri saya menjadi lebih baik lagi dan lebih disiplin dalam kehidupan untuk kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Karena hidup disiplin sangatlah nikmat.

DAFTAR PUSTAKA


1 komentar:

  1. @K18-Fierdian
    Saya sependapat dengan kata anda bahwa, "Tanpa adanya kedisiplinan orang lain akan berpikir bahwa kita adalah salah satu orang yang tidak bisa dipercaya". Di zaman seperti sekarang ini memang sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Maka dari itu kita harus disiplin. Isi, mindmap dan daftar pustaka sudah lengkap karena menyertakan nama, tahun, judul penerbit.

    BalasHapus