Sabtu, 11 Januari 2020

Komponen Kebiasaan Proaktif


Oleh : Dicky Abdillah Maulana (@P03-DICKY)

Menurut E.Koswara:1986, Proaktif adalah Suatu Keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri. 
 

Menurut Covey:, seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya. Proaktif dia definisikan sebagai “Kemampuan memilih respon”.

Hjelle dan Ziegler mengemukakan bahwa proaktivitas merupakan salah satu asumsi dasar sifat manusia. Lebih jauh dijelaskan bahwa proaktivitas adalah lawan dari reaktivitas. Proaktivitas merupakan keyakinan diri bahwa sumber segala perilaku adalah terletak pada diri manusia itu sendiri. Manusia melakukan aksi, bukan sekedar reaksi. Penyebab perilaku dapat ditemukan dalam diri manusia sendiri dan muncul secara internal.

Bersikap proaktif berarti bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri, baik di masa lalu, masa kini, maupun masa mendatang. Bersikap proaktif juga berarti mampu membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai yang berlaku. Pemimpin Yang Proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka bertekad menjadi pendorong yang kreatif dalam hidup mereka sendiri, dan mereka menjadi inspirasi bagi orang lain.

Ciri – Ciri Sikap Proaktif
a.      Tidak mudah tersinggung pada apa yang membuat pada sesuatu yang tidak sesuai
b.      Bertanggung jawab terhadap tindakannya sendiri dan memilih berfikir sebelum bertindak.
c.       Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain.
d.      Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.
e.      Tidak menyalahkan keadaan ataupun kondisi lingkungan jika seandainya ada yang tidak sesuai dengan keinginannya.
f.        Mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun pada situasi yang sangat sulit.
g.      Orang proaktif biasanya menggunakan bahasa proaktif, seperti: “Saya bisa”, “Saya akan”, karena mereka berpikir positif pada setiap keadaaan.

Faktor-Faktor yang mempengaruhi proaktif
Sean Covey (Saputra (Ed) 2010) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi proaktivitas yang berasal dari paradigma diri sendiri adalah kepercayaanmotivasi, kebiasaan dan sikap. Paradigma luar yang mempengaruhi proaktivitas adalah teman, keluarga, uang, barang sekolah dan tempat ibadah (Sean Covey Saputra(Ed), 2010). Proaktivitas ditentukan oleh kematangan emosional, intelektual, moral dan sosial (Arif, 2005).

Komponen kebiasaan Proaktif
-          Mampu mengambil kesimpulan.
-          Memilih berdasarkan nilai-nilai hidup.
-          Tidak menyalahkan pihak eksternal (orang lain,situasi,dan hal-hal di luar diri sendiri).

DAFTAR PUSTAKA
https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar