Sabtu, 11 Januari 2020

MARI BERSIKAP ADIL




Adetha Muhammad Dzulfaqar
(@N11-Adetha)



     A.    Pengertian Adil

      Adil memiliki arti yaitu meletakkan sesuatu pada tempatnya. Maksudnya, adil itu adalah tidak memihak antara yang satu dengan yang lain nya. Namun, bukan berarti adil itu harus sama atau memberikan sesuatu dengan porsi yang sama, tetapi memperlakukan orang sesuai dengan tempatnya tanpa ada yang dikurangi atau ditambahkan. Seseorang yang memiliki sikap adil apabila menghadapi suatu masalah, tidak akan memihak kepada siapapun walaupun itu adalah teman, sahabat, atau keluarga sekalipun. Seseorang yang adil akan terpaku pada kebenaran. Bersikap adil mempunyai tujuan untuk menciptakan keharmonisan dalam hidup. Adil juga dapat membuat hidup menjadi tentram karena semua berjalan sesuai dengan tempatnya.

B.     Manfaat Adil

      Berperilaku adil akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan selanjutnya. Adil merupakan sikap yang sangat mulia sehingga manfaatnya begitu baik bagi kehidupan siapa saja yang menjalaninya. Ada beberapa manfaat perilaku adil, yaitu :
1.      Mencegah terjadinya perpecahan
Apabila kita bersikap adil, maka tidak akan pernah ada pihak yang merasa dirugikan sehingga tidak menyebabkan kesalahpahaman dan perpecahan sehingga membuat hubungan antar sesame manusia dapat harmonis, selain itu, bersikap adil juga dapat menumbuhkan rasa percaya.
2.      Mempermudah segala urusan
Apabila seseorang berlaku adil, maka ia akan menempatkan sesuatu atau segala hal sesuai dengan tempatnya dan porsi nya, sehingga tidak akan merasa memiliki beban.
3.      Mengurangi kecemburuan sosial
Apabila ditanamkan sikap adil dan berperilaku adil, maka akan menghindari adanya kecemburuan sosial karena semua orang telah mendapatkan hak yang sesuai dan mengetahui kewajiban yang harus dijalankan. Sehingga, dalam kehidupan akan lebih rukun dan sejahtera.

C.     Jenis – jenis perilaku adil
Perilaku adil ada bermacam – macam di kehidupan. Adapun macam – macam perilaku adil, yaitu :
1.      Adil kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Adil kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu menjadikan Tuhan sebagai satu – satunya yang disembah, dan senantiasa mematuhi perintahnya dan menjauhi larangan – Nya.
2.      Adil kepada diri sendiri
Berperilaku adil terhadap diri sendiri itu maksudnya menempatkan diri di tempat yang benar, harus menjaga diri sendiri, dan menempatkan diri pada kebaikan.
3.      Adil kepada sesama manusia
Berperilaku adil terhadap sesama manusia yaitu memperlakukan orang lain pada tempatnya, maksudnya memperlakukan orang lain secara layak, benar, memberikan hak orang lain, jujur, serta tidak menyakiti orang lain.
4.      Adil kepada makhluk lain
Memperlakukan makhluk yang ada di bumi dengan layak, memberikan haknya dengan jujur, serta tidak merusak atau menyakiti.

D.    Pentingnya Bersikap Adil

      Adil adalah sebuah perilaku yang harus ditanamkan sejak dini. Berperilaku adil sangatlah penting untuk diterapkan dalam setiap aspek kehidupan. Karena, apabila seseorang bersikap adil, maka ia akan mendapatkan kepercayaan dari orang banyak karena selalu bertindak sesuai dengan kebenaran. Bersikap adil juga dapat memberikan gambaran baik dari diri kita. Dalam berbagai kegiatan sehari – hari pun seseorang harus selalu bersikap adil.
      Perilaku adil haruslah dimiliki olah seorang pemimpin. Karena, sikap adil akan membawa kepada keberhasilan dalam suatu organisasi ataupun dalam kelompok. Apabila seorang pemimpin tidak dapat berlaku adil, maka akan menyebabkan organisasi atau kelompok yang dipimpinnya akan runtuh. Begitupula di dalam keluarga, jika pemimpin keluarga tidak memperlakukan adil kepada anggota keluarga yang lain, maka akan menciptakan suasana yang tidak harmonis di dalam keluarga.


Daftar Pustaka




Tidak ada komentar:

Posting Komentar