Jumat, 10 Januari 2020

Kerjasama




   Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.
   Kerjasama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.
   Kerja sama tim bisa menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung dalam tim kerja tersebut. Apabila kerja sama tim bisa berjalan baik, maka kelancaran dalam komunikasi dan rasa tanggung jawab setiap individu dalam tim akan dapat terbentuk.

Unsur-Unsur Kerjasama
1. Dua orang atau lebih
   Artinya kerjasama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan. Oleh karena itu, sukses tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peran dari kedua orang atau kedua pihak yang bekerjasama tersebut.

2. Aktivitas
Menunjukkan bahwa kerjasama tersebut terjadi karena adanya aktivitas yang dikehendaki bersama, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan ini membutuhkan strategi (bisnis/usaha).

3. Tujuan/target
Merupakan aspek yang menjadi sasaran dari kerjasama usaha tersebut, biasanya adalah keuntungan baik secara financial maupun nonfinansial yang dirasakan atau diterima oleh kedua pihak.


Cara Membina Kerjasama
   Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membina kerjasama agar bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai apa yang diharapkan.

1. Tentukan tujuannya
Dengan adanya tujuan yang jelas, maka kerjasama dapat berjalan dengan baik, lancar dan teratur sesuai apa yang diharapkan.

2. Siapkan bahasan
Apabila anda tergabung dengan sebuah kerja sama tim, maka anda perlu menggali materi-materi mengenai suatu yang akan anda bahas bersama nantinya.

3. Buat kesan positif
Buat kesan positif atau kesan baik ketika anda memulai kerja sama dengan suatu tim dan pertahankan terus.

4. Hargai setiap pendapat dan kebiasaan rekan kerja
Dalam sebuah tim kerja sama setiap individu tentunya mempunyai kebiasaan yang berbeda-beda terutama dalam memberikan pendapat. Jadi  pada saat melakukan kerjasama kita harus menghormati dan menghargai setiap pendapat dari anggota yang lain, hal itu agar kerjasama yang dilakukan bisa berjalan secara harmonis dan baik.

5. Tunjukan antusiasme
Tunjukan antusiasme anda kalau memang senang dapat bekerja sama dan mengenal orang-orang yang ada di lembaga/ organisasi tersebut, lakukan hal seperti itu secara tulus.

6. Tawarkan bantuan
Apabila kamu memang merasa sanggup jangan sungkan untuk menawarkan bantuan kepada orang lain saat melakukan kerjasama.

7. Selalu fokus pada kualitas
Anda membuat jaringan kerja sama yang banyak dengan siapapun itu boleh-boleh saja, namun perlu di ingat utamakan kualitas jangan kuantitas, terutama dalam kualitas kerja


Bentuk-bentuk Kerjasama

Adapun bentuk-bentuk kerja sama yang ada dalam masyarakat adalah sebagai berikut:

1. Bargaining yaitu perjanjian mengenai pertukaran barang-barang dan jasa antarindividu maupun antar kelompok. Dalam arti yang lebih luas, bargaining adalah nilai tawar. Bargaining dilakukan agar proses kerja sama dapat memberi keuntungan secara adil bagi kedua belah pihak.

2. Kooptasi yaitu proses penerimaan unsu-unsur baru dalam kepemimpinan atau pelaksanaan politik dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara untuk menghindari terjadinya kegoncangan atupun kekacauan dalam stabilitas organisasi yang bersangkutan.

3. Koalisi yaitu gabungan atau kombinasi dua kelompok atau lebih yang memiliki tujuan sama dan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut. Contoh dalam kehidupan nyata yaitu dua atau lebih partai politik berkoalisi untuk mengajukan seorang calon kepala daerah.

4. Joint Venture, yaitu bentuk kerja sama yang dilakukan oleh dua orang/ perusahaan dalam melaksanakan suatu pekerjaan/ proyek.

5. Atas dasar kerukunan adalah kerjasama yang didasari adanya kerukunan sesama makhluk manusia, kerjasama atas dasar kerukunan biasanya tidak akan mengharapkan upah/ imbalan. Misalnya dalam hal bergotong royong membangun fasilitas umum, kerja bakti kebersihan lingkungan dan yang lainnya.


Mengatasi Konflik Dalam Kerjasama
   Untuk mengatasi masalah-masalah dalam berkerjasama, ada beberapa cara yang dapat menjadikan kerjasama dapat berjalan dengan baik dan mencapai tujuan yang telah disepakati oleh dua orang atau lebih tersebut. 
1. Saling Terbuka
Setiap orang yang terlibat dalam tatanan kerjasama harus mengemukakan pendapatnya, dengan pengertian mengungkapkan apa yang menjadi keinginannya dan mau dibawa ke mana permasalahan itu nanti. Selain itu, harus ada kejelasan pembagian tugas yang harus diemban oleh setiap orang yang terlibat dalam kerjasama tersebut.

2. Saling Mengerti
 Seorang yang terlibat dalam menyelesaikan masalah tersebut harus memahami bahwa dia telah melakukan suatu bentuk upaya dalam menyelesaikan permasalahan. Jangan sampai terlintas dalam benaknya buruk sangka yang mengakibatkan ketidakpercayaan dan kegagalan kerjasama. Sebaliknya orang yang telah melakukan kesalahan harus cepat sadar  bahwa dia masih dibutuhkan oleh orang lain.

3. Saling Menghargai
Bagian ini merupakan bagian yang sangat penting dalam setiap bentuk aktivitas sehari-hari manusia. Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa sebuah ucapan yang baik terhadap salah seorang  yang terlibat dalam proses kerjasama, sangat bernilai untuk menumbuhkan semangat baru yang dapat menghilangkan kejemuan, kekesalan, dan kekecewaan  terhadap sebuah permasalahan .


Manfaat Kerja Sama
   Terdapat beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dalam menjalin kerjasama, berikut ini adalah manfaat kerja sama.

1. Kerja sama dapat mempererat ikatan persaudaraan
Kerja sama dalam sebuah tim kerja dapat membuat setiap individu saling berinteraksi dan saling membantu dalam menyelesaikan persoalan yang ada untuk mencapai sesuatu yang dituju. Dengan begitu maka dapat terjalin komunikasi yang baik dimana hal seperti itu bisa menambah rasa persaudaraan.

2. Kerja sama dapat menumbuhkan semangat persatuan
Dengan bekerja sama maka bisa menumbuhkan rasa semangat persatuan setiap individu yang tergabung dalam tim kerja. Agar setiap kegiatan dalam kelompok kerjasama bisa berjalan secara baik maka harus menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

3. Kerja sama membuat Pekerjaan lebih cepat terselesaikan
Dengan menjalin kerja sama maka sesulit apapun masalah yang ada akan bisa cepat terselesaika. Sebab tidak hanya mengandalkan satu orang saja dalam menyelesaikan masalah, namun banyak orang yang bersatu, saling mendukung antara satu dengan yang lain. Dengan begitu maka pekerjaan akan cepat terselesaikan dan cepat mendapatkan hasil.

4. Dengan kerja sama pekerjaan terasa lebih ringan
Dengan bekerja sama pekerjaan yang terasa sulit akan menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan. Hal itu karena dikerjakan oleh banyak orang yang saling memberi dukungan atara satu dengan yang lain.


Daftar Pustaka
https://www.temukanpengertian.com/2013/09/pengertian-kerja-sama.html
https://blog.ub.ac.id/hanikayanti/2013/12/03/artikel-bagaimana-kita-membangun-sistim-kerja-sama-tim-dalam-pengelolaan-konflik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar