Sabtu, 11 Januari 2020

BERLAKU ADIL


Oleh : RAMA NUR HIDAYAT
(@N01-RAMA)


Adil adalah dimana semua orang mendapat hak menurut kewajibannya. Sebagian besar orang mendefenisikan kata adil adalah suatu sikap yang tidak memihak atau sama rata, tidak ada yang lebih dan  tidak ada yang kurang, tidak ada pilih kasih dan masih banyak lagi persepsi yang lainnya. Dengan demikian, orang yang adil selalu bersikap imparsial, yaitu suatu sikap yang tidak memihak kecuali kepada kebenaran. Bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, bangsa maupun agama. Penilaian, kesaksian dan keputusan hukum hendaknya berdasar pada kebenaran walaupun kepada diri sendiri, saat di mana berperilaku adil terasa berat dan sulit.

Adil itu menempatkan sesuatu pada tempatnya, Kata adil dilawankan dengan kata dzalim yaitu menempatkan sesuatu yang bukan pada tempatnya. Adil adalah memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya tanpa ada pengurangan, dan meletakkan segala urusan pada tempat yang sebenarnya tanpa ada aniaya, dan mengucapkan kalimat yang benar tanpa ada yang ditakuti kecuali terhadap Allah swt saja.

Membiasakan Sikap Adil
Seorang hendaknya membiasakan diri berlaku adil, baik terhadap dirinya, kedua orang tuanya, saudaranya, anaknya, temannya, tetangganya, bangsa dan Negaranya, maupun terhadap sang Khalik(Allah swt).  Apabila keadilan itu ditegakan dalam setiap aspek kehidupan, tentu keamanan, ketentraman,kedamaian, serta kesejahteraan lahir dan batin, duniawi dan ukhrawi akan dapat diraih. Berikut cara membiasakan bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari :
·         menyadari pentingnya keadilan dalam kehidupan
·         memahami nilai-nilai positif yang terkandung dalam prinsip keadilan
·         berusaha mempraktikkan keadilan baik kepada Allah SWT, diri sendiri maupun orang lain

Manfaat bersikap adil
Bersikap adil sangat banyak manfaatnya bagi kita, berikut manfaat bersikap adil dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Keadilan membawa ketentraman
2.      Keadilan membawa kedamaian
3.      Keadilan menimbulkan kepercayaan
4.      Keadilan dapat meningkatkan kesejahteraan
5.      Keadilan dapat menciptakan kemakmuran
6.      Keadilan dapat mengurangi kecemburuan sosial
7.      Keadilan dapat mempererat tali persaudaraan
8.      Keadilan dapat menimbulkan kebaikan dan mencegah kejahatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar