Senin, 07 Desember 2015

Cara Beradaptasi

Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. ·        Pengertian adaptasi adalah cara makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup dimana mereka tinggal.
Adaptasi ini diperlukan oleh makhluk hidup dibumi, karena setiap lingkungan dibumi memiliki karakteristik sendiri. Misalkan dikutub suhunya sangat dingin serta banyak terdapat air sedangkan sebaliknya di daerah gurun suhunya panas, gersang, dan sulit untuk mendapatkan air.

·         Oleh karena itu ditempat tersebut makhluk hidupnya memiliki bentuk dan karakteristik berbeda untuk menyeseuaikan diri dengan lingkungannya. Seperti, Beruang kutub memiliki bulu yang lebat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin dan di gurun unta memiliki punuk atau bagian yang menonjol di punggungnya sebagai penyimpan cadangan air karena digurun sulit untuk mendapatkan air.

·         Lingkungan tempat makhluk hidup berkembang biak disebut dengan habitat. Pada umumnya, makhluk hidup yang sudah beradaptasi dilingkungan tertentu sulit untuk beradaptasi ditempat lain. Kecuali manusia, karena manusia memliki otak dan pikiran sebagai alat untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada. Otak dan pikiran ini digunakan untuk menyesuaikan lingkungan dengan kemauannya. Misalkan, dikutub itu dingin maka ia membuat rumah yang berbentuk seperti kubah karena dengan bentuk seperti itu maka suhu didalamnya akan lebih hangat.

Berikut cara mudah beradaptasi di lingkungan baru dengan cepat:

1  Bersikap Ramah.
Jangan terlalu berekspektasi bahwa lingkungan yang baru nanti akan welcome terhadap anda, tapi justru mulai dari diri untuk bisa bersikap welcome terhadap orang-orang baru disekitar lingkungan nanti, dengan mencoba ramah, senyum, saling sapa maka itu akan mencairkan suasana kaku yang akan di alami diawal-awal, dengan tujuan proses pengenalan diri dan memberikan efek senang pada orang sekitar akan kehadiran anda.

2  Kenali Adat dan Budaya.
Proses kedua yang sangat penting ialah pengenalan akan budaya dan adat yang pastinya akan baru, terutama kita hidup di Indonesia yang merupakan negara Multicultural, jangankan berbeda suku bangsa di dalam suku bangsa pun tiap daerahnya pasti memiliki kebiasaan atau adat yang berbeda, maka dari itu coba kenali dan sesuaikan diri anda pada adat dan budaya baru disekitar sana, seperti peribahasa "dimana langit dijunjung disitu bumi dipijak" jadi anda harus mengikuti adat istiadat dimana tempat anda berada,

 3  Fleksibel.
Orang yang fleksibel sangatlah mudah untuk beradaptasi, maksud fleksibel adalah mampu menjadi peran yang tepat disaat dan tempat yang berbeda, biasakan dengan adanya perbedaan seperti lingkungan kantor yang lebih individual akan sangat berbeda dengan lingkungan rumah yang masih sangat bertoleransi, maka  fleksibel-lah.

4  Rasa ingin tahu.
Coba terus ketahui hal baru dilingkungan anda, jangan pernah malu untuk bertanya jika memang anda masih awam terhadap sesuatu, jangan bersikap tertutup dan terus ketahui dan pelajari lingkungan sekitar anda.

Sumber:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar