Minggu, 22 Oktober 2023

Mengembangkan kebiasaan baik dalam menegakkan disiplin

 

Disusun oleh: Desy Nuraini Syach (@B33-DESY)







A.  Kebiasaan Baik


Kebiasaan baik merupakan suatu hal yang penting dalam hidup kita. Kebiasaan baik dapat membantu kita mencapai tujuan hidup dengan lebih baik dan menjaga kesehatan mental dan fisik. Namun, mengembangkan kebiasaan baik tidaklah mudah. Berikut 7 tips yang dapat membantu anda mengembangkan kebiasaan baik dalam hidup.

1.     Tentukan tujuan yang ingin Anda capai

Sebelum mengembangkan kebiasaan baik, Anda harus memiliki tujuan yang jelas dan tepat. Mengidentifikasi tujuan yang ingin Anda capai akan membantu Anda fokus pada apa yang perlu dilakukan

2.     Mulailah dengan kebiasaan yang mudah

Jangan mencoba mengubah semua kebiasaan Anda sekaligus. Mulailah dengan kebiasaan sederhana seperti bangun pagi atau berolahraga 15 menit sehari. Jika mencoba melakukan terlalu banyak hal sekaligus, maka akan merasa kewalahan dan mudah kehilangan semangat.

3.     Mengutamakan kebiasaan baru

Untuk mengembangkan kebiasaan baru, Anda harus menjadikannya sebagai prioritas utama. Jika Anda terus membiarkan kebiasaan lama menghalangi Anda, Anda tidak akan pernah bisa mengembangkan kebiasaan baru yang baik.

4.     Luangkan waktu untuk membentuk kebiasaan baru

Membangun kebiasaan baru memerlukan waktu dan kesabaran. Jangan berharap untuk melihat perubahan besar dalam semalam. Konsisten dan sabar, lama kelamaan kebiasaan baru akan menjadi lebih mudah dan  alami.

5.     Membuat jadwal dan catatan

Membuat jadwal dan catatan dapat membantu Anda tetap teratur dan melacak kemajuan kebiasaan baru. Buat jadwal dan catatan yang jelas dan mudah diikuti.

6.     Temukan Motivasi

Temukan motivasi yang kuat untuk membantu Anda mengembangkan kebiasaan baru. Cari tahu apa yang memotivasi Anda untuk melakukan perubahan dan ingat mengapa Anda memulai perubahan tersebut.

7.     Jangan menyerah

Mengembangkan kebiasaan baru memang tidak mudah. Anda mungkin mengalami kesulitan atau kegagalan selama proses ini. Jangan menyerah dan terus berusaha mencapai tujuan Anda.

Mengembangkan kebiasaan baik memerlukan waktu dan kesabaran. Mulailah dengan kebiasaan sederhana dan teruslah berusaha. Dengan latihan dan tekad, Anda dapat mengembangkan kebiasaan baik yang membawa manfaat positif bagi hidup Anda.

 

B.     Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Atomic Habits

1.     Make it Obvious (Buat Jadi Terlihat)

Kita harus tau apa saja kebiasaan baik yang ingin diperkuat. Misalnya, kamu ingin rutin berolahraga. Buatlah proses atau kebiasaan menjadi lebih jelas. Menurut James, jika kita hanya sekadar niat berolahraga saja tanpa memutuskan waktu dan tempat, maka akan sulit untuk diwujudkan. Oleh karena itu, kamu perlu membuatnya jadi terlihat.

Contohnya, sebelum tidur, kamu bisa menyiapkan baju olahraga yang akan terlihat jelas di kamar. Kamu bisa menaruh sepatu dan baju olahraga di dalam kamar, sehingga saat kamu bangun tidur, kamu akan langsung melihatnya. Hal ini akan mendorongmu untuk melakukan aksi nyata dan benar-benar memulai kebiasaan berolahraga.


2.     Make it Attractive (Buat Jadi Menarik)

Semakin menarik sesuatu, maka akan semakin besar untuk kita mengadopsinya menjadi kebiasaan. Nah, dengan mencatat deretan hal menarik yang dapat membuatmu memulai kebiasaan baru.

Di buku ini, James Clear juga mengenalkan konsep dopamine loop. Dopamin adalah hormon yang dilepaskan tubuh ketika seseorang merasakan keseruan dari sebuah kegiatan, yang membuatnya ingin melakukan kegiatan itu lagi.

Lalu, bagaimana cara membuat sebuah kegiatan baru menjadi menarik? Misalnya, kamu ingin mulai kebiasaan baru untuk berolahraga dengan berlari di atas treadmill.

3.      Make it Easy (Buat Jadi Mudah)

Cara membangun kebiasaan baik selanjutnya adalah dengan membuatnya menjadi lebih mudah. Sebagai manusia, kita cenderung termotivasi untuk melakukan sesuatu yang mudah. Tidak ada salahnya untuk memilih bagian yang paling mudah terlebih dahulu untuk memulai kebiasaan baik baru. Nantinya, bagian yang lebih sulit akan mengikuti, begitu bagian yang mudah sudah dilaksanakan dan menjadi rutinitas. Contohnya, jika kamu ingin mulai belajar dan menambah keterampilan, kamu bisa memulainya dengan pembelajaran yang mudah.

4.     Make it Satisfying (Buat Jadi Menyenangkan)

Untuk membangun kebiasaan jangka panjang, kamu harus membuat sebuah kebiasaan menjadi hal yang menyenangkan dan memuaskan. Contohnya, kamu bisa memberikan reward pada diri sendiri, jika sudah berhasil melakukan pengubahan ke kebiasaan baik baru.

 

 

C.     Disiplin

Disiplin berasal dari bahasa Inggris “disciple” yang berarti murid atau murid. Disiplin dalam bahasa Latin “discere” artinya belajar. Dan dari kata inilah muncul kata “disiplin” yang artinya mengajar atau melatih. Disiplin dapat diartikan sebagai kepatuhan terhadap peraturan atau ketundukan pada pengawasan dan pengendalian. Disiplin bertujuan untuk mengembangkan diri agar mampu berperilaku tertib. Disiplin waktu berarti mampu menggunakan dan membagi waktu dengan tepat.

Pada dasarnya disiplin bersumber dari kebiasaan hidup, gaya hidup belajar dan mengajar yang teratur serta rasa cinta dan penghargaan terhadap pekerjaan seseorang. Kesuksesan dapat diraih dengan memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan sebaik- baiknya. Karena waktu sangat berharga, kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Mengetahui cara memanfaatkan waktu dengan baik memang tidak mudah, perlu latihan. apalagi bagi yang belum disiplin pada awalnya. Berikut beberapa cara melatih disiplin waktu.

1.     Identifikasi prioritas

Mulailah mengatur waktu Anda secara lebih efektif dengan mengidentifikasi prioritas. Tugas yang Anda anggap penting harus selalu menjadi prioritas jadwal Anda.

2.     Hindari kebiasaan menunda-nunda

Jangan biasakan menunda-nunda tugas atau pekerjaan, karena akan membuat tugas anda semakin menumpuk. Semakin banyak tugas yang Anda tunda, semakin tidak produktif waktu Anda.

3.     Bersikap tegas

Artinya mengatakan “tidak” dan menolak tugas yang tidak dapat kita selesaikan. Jika kita tidak menyelesaikannya, jangan pernah memaksakan diri.

4.     Hindari perfeksionisme

Mempelajari cara menghindari perfeksionisme akan membantu Anda mengatur waktu. Mengupayakan kesempurnaan, apalagi pada hal-hal sepele dan tidak penting, justru akan membuang-buang waktu Anda.


5.     Perencanaan darurat

Memulai rencana cadangan akan sangat membantu Anda ketika rencana utama Anda belum terselesaikan, sehingga akan membuat waktu Anda lebih produktif.


DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

Abbas. (2017). Lakukan 5 Cara Melatih Disiplin Waktu Ini Agar Waktumu Lebih Efisien. Di akses dari https://www.smanegeri3polewali.sch.id/read/6/lakukan-5-cara-melatih- disiplin-waktu-ini-agar-waktumu-lebih-efisien

 

Haryanto, B. (2023). 7 Cara Mengembangkan Kebiasaan Baik Dalam Hidup. Di akses dari https://id.linkedin.com/pulse/7-cara-mengembangkan-kebiasaan-baik-dalam-hidup- bambang-haryanto

 

Larasati, A. (2022). 4 Cara Membangun Kebiasaan Baik Menurut Buku Atomic Habits. Di akses dari https://www.gamelab.id/news/1873-4-cara-membangun-kebiasaan-baik-menurut- buku-atomic-habits

Tidak ada komentar:

Posting Komentar