Rabu, 18 Oktober 2023

KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM KEPEMIMPINAN

 






Oleh : Yolanda Puspitasari

(@B08-YOLANDA)




Kemampuan komunikasi kepemimpinan adalah faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan atau organisasi. Pemimpin yang efektif tidak hanya mampu menyampaikan gagasan dan pandangan mereka dengan jelas, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan memandu tim mereka menuju tujuan bersama.

Kemampuan berkomunikasi dengan jelas dan tujuan adalah faktor utama dalam mencapai kesuksesan baik dalam karier pribadi maupun profesional. Pemimpin yang efektif tidak hanya mampu menyampaikan pandangan mereka, tetapi juga mampu memotivasi dan menginspirasi tim menuju tujuan bersama.

Kemampuan komunikasi yang kuat pada tingkat kepemimpinan dapat membantu membangun budaya kerja yang positif, meningkatkan produktivitas, mendukung inovasi, dan memastikan visi dan tujuan organisasi dipahami dan diterapkan oleh seluruh tim.

Menurut G.Riley Mills, co-founder dari Pinnacle Performance Co yang berbasis di Chicago sekaligus penulis buku “The Bullseye Principle” menyebut, “kemampuan berkomunikasi dengan kejelasan dan tujuan adalah kunci kesuksesan pribadi dan profesional.”

Kepemimpinan yang efektif sangat penting karena itu memungkinkan organisasi untuk mempertahankan karyawan, memuaskan pelanggan, dan meningkatkan produktivitas. Pemimpin harus mampu secara efektif mengomunikasikan visi perusahaan, membimbing tim, dan mempengaruhi perubahan. Sayangnya, banyak pemimpin kurang fokus pada pengembangan keterampilan komunikasi dan lebih berorientasi pada keterampilan bisnis. Namun, kurangnya kemampuan komunikasi dapat berdampak negatif pada organisasi, mengakibatkan pemborosan waktu dan upaya, menurunkan moral, mengurangi produktivitas, serta merusak kepercayaan dan kredibilitas. Menurut Dean Brenner, presiden The Latimer Group di Wallingford, Conn., yang menyediakan layanan pelatihan eksekutif.

 

Kemampuan komunikasi yang kuat adalah salah satu aspek utama yang membedakan pemimpin yang sukses dari yang tidak. Keterampilan bisnis penting, tetapi tanpa kemampuan komunikasi yang baik, seorang pemimpin mungkin kesulitan dalam memandu timnya menuju keberhasilan.

 

Berikut beberapa Keterampilan Komunikasi Efektif yang harus dimiliki oleh seorang Pemimpin :

 

1.    Kemampuan Menyesuaikan Gaya Komunikasi, Salah satu penyebab komunikasi buruk yang sering terjadi adalah gaya komunikasi yang berbeda. Ini dapat menyebabkan masalah seperti ketidakjelasan prioritas dan peningkatan stres, menurut Economist Intelligence Unit.

 

2.    Kemampuan menjadi Active Listener, Pemimpin yang efektif tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Mereka harus menghindari interupsi saat karyawan berbicara, tetap fokus pada apa yang mereka katakan, dan menghilangkan gangguan seperti bermain ponsel.

 

3.  Transparansi, Dalam komunikasi perusahaan adalah kunci. Lebih dari sepertiga manajer senior, eksekutif, dan karyawan tidak tahu apa yang terjadi di perusahaan, menurut survei oleh American Management Association. Mengakui kesalahan dapat mendorong eksperimen dan menciptakan ruang yang aman untuk pemecahan masalah.

 

4.  Kejelasan dalam Komunikasi, Ketika berbicara dengan karyawan, gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sampaikan informasi secara spesifik untuk menghindari kebingungan.

 

5.   Kemampuan Mengajukan Pertanyaan Terbuka, Untuk memahami motivasi, pemikiran, dan tujuan karyawan dengan lebih baik, pemimpin dapat mengajukan pertanyaan terbuka. Gunakan akronim 'TED,' yang berarti 'Tell me more,' 'Explain what you mean,' dan 'Define that term or concept for me.'


6.   Empati, Banyak pemimpin kehilangan kredibilitas mereka karena kurang dalam mempraktikkan empati. Dalam kemampuan berkomunikasi, empati adalah unsur kunci yang sangat berpengaruh dalam berhasilnya komunikasi. Semakin baik seorang pemimpin dalam mengenali dan memahami perasaan serta pengalaman karyawan, semakin besar kemungkinan karyawan merasa didengar dan dihargai.

 

7.  Keluwesan Berkomunikasi Lewat Bahasa Tubuh, Jika seorang pemimpin berusaha memberikan inspirasi kepada seseorang, hindari ekspresi wajah yang serius dan alis yang merengut adalah penting. Sebaliknya, penting untuk menjaga kontak mata agar dapat menunjukkan minat dan membangun hubungan yang baik. Selain itu, senyuman tulus dapat digunakan untuk mengungkapkan kehangatan dan kepercayaan..

Komunikasi adalah penyelesaian seluruh masalah dan dasar bagi pengembangan diri pribadi. - Peter Shepherd.

Sebenarnya, tingkat kualitas komunikasi antara bawahan dan pemimpin adalah hasil dari hubungan personal yang ada di antara mereka, dan juga sejauh mana hubungan ini memenuhi harapan bawahan. Keberhasilan dalam memastikan bahwa setiap bawahan melaksanakan tugasnya dengan baik sangat bergantung pada kemampuan pemimpin dalam berkomunikasi dengan efektif.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Vindiasari Yunizha (2022, January 11 ) Pentingnya Memahami Karakter Leadership Communication Skill bagi Pemimpin Bisnis dan Perusahaan https://www.ruangkerja.id/blog/pentingnya-memahami-karakter-leadership-communication-skill-bagi-pemimpin-bisnis-dan-perusahaan

A.M, (2022, September 04) Komunikasi Dalam Kepemimpinan https://kumparan.com/ruhbanullail/komunikasi-dalam-kepemimpinan-1xtwOq0HzMY/2


Tidak ada komentar:

Posting Komentar