Senin, 30 September 2019

BERTANGGUNG JAWABLAH


BERTANGGUNG JAWABLAH





Adi lesmana (@P20-ADI)

ABSTRAK

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab,mananggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tida di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.


Pendahuluan


tanggung jawab adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh setiap individu yang berdasarkan atas kewajiban maupun panggilan hati seseorang. Yaitu sikap yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki sifat kepedulian dan kejujuran yg sangat tinggi.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah merupakan bagian dati kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian, maka  tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain.

Permasalahan

Tanggung jawab belajar memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatan pembelajaran matematika. Karena dengan tanggung jawab siswa akan lebih dewasa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu dengan tanggung jawab siswa akan menjadi pribadi yang lebih baik sehingga dalam memecahkan masalah siswa akan lebih percaya diri. Akan tetapi realita di lapangan menunjukan bahwa banyak siswa yang tidak memiliki tanggung jawab belajar yang tinggi pada mata pelajaran


Penyelesaian

Ketidaksadaran seseorang dalam melakukan sebuah tindakan yang tidak dapat ditanggung jawabkannya.

PEMBAHASAN
Pengertian Tanggung Jawab
Tanggung jawab dapat diartikan berkewajiban menanggung memikul jawab segala sesuatu atau memberikan jawab serta menanggung akibatnya.Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah lakunya atau perbuatan yang disengaja maupun tidak sengaja.
  
Manfaat Tanggung Jawab
Rasa tanggung jawab adalah sifat yang harus dimiliki oleh setiap orang karena dengan sifat ini banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.
Oleh sebab itu, sebagai manusia kita harus menjadi seseorang yang bertanggung jawab atas segala yang dilakukan.
Berikut beberapa manfaat tanggung jawab yang dapat kita peroleh, diantaranya :
1. Dihargai oleh orang lain
Hal ini karena dengan rasa tanggung jawab akan membuat seseorang dapat diandalkan dan juga akan lebih dipercaya dalam mengemban tugas.
2. jarang melakukan kesalahan
Hal ini karena mereka akan sangat berhati-hati dalam mengerjakan tugasnya dan mereka memiliki kecenderungan lebih teliti untuk memeriksa pekerjaannya.
3. Dapat dipercaya
Rasa Kepercayaan ini bisa didapat dari hasil yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.
4. Meningkatkan peluang kesuksesan
Hal ini karena orang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dipercaya, lebih berhati-hati dan juga akan menjalankan pekerjaan dengan baik dan benar.
5. Hasil kerja yang dikerjakan lebih memuaskan.
Ketika anda menjadi seseorang yang bertanggung jawab maka anda akan lebih fokus pada hasil akhir sehingga mereka akan maksimal dalam menjalankan pekerjaannya.

Macam - macam Tanggung Jawab

1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Jenis tanggung jawab personal ini adalah individu yang memilih untuk bertindak, berbicara atau mengambil posisi tertentu.
Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah rasa penyesalan atas kesalahan yang diperbuat.
2. Tanggung jawab terhadap kehidupan sosial.
Manusia harus berarti untuk menanggung segala tuntutan berupa sanksi dari masyarakat seperti cemoohan, hukuman penjara, dll.
3. Tanggung jawab kepada Tuhan
Manusia di dunia di dunia merupakan makhluk ciptaan Tuhan dan sebagai makhluk ciptaanNya manusia harus bertanggung jawab kepada tuhan misalkan merasa berdosa karena telah melakukan kesalahan.


IV. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Berdasarkan dari uraian tentang pengertian tanggung jawab diatas maka dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab adalah kemampuan dalam memahami tentang apa saja yang bersifat positif atau negatif, berusaha untuk tidak mencoba untuk melakukan hal-hal negatif dan selalu berusaha melakukan hal positif.

Saran
Setiap manusia wajib menjalankan tugas yang sudah diberikan kepada mereka sebagai suatu tanggung jawab. Namun kita harus teliti terlebih dahulu terhadap tugas tersebut apakah mengorbankan masyarakat atau tidak.

Daftar Pustaka
Artiningrum, Primi, dkk. 2013. Etika dan Perilaku Profesional Sarjana. Graha Ilmu. Yogyakarta.
https://www.pahlevi.net/pengertian-tanggung-jawab/
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Rasa_tanggung_jawab
https://revolusimental.go.id/ide/menjadi-orang-yang-bertanggung-jawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar