Senin, 23 September 2019

PENTINGNYA MENERAPKAN KEDISIPLINAN




Disusun oleh: Adetha Muhammad Dzulfaqar (N11-Adetha)





Pengertian Disiplin
             Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya. Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman dimana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran (hukum) atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Sedangkan guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik dan mengevaluasi peserta didik, pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. 
            Ditinjau dari segi tirminologi disiplin menurut para ahli pendidikan mendefinisikan berbagai pengertian disiplin Menurut Suharsimi Arikunto (1980: 114), Disiplin adalah kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.Menurut Thomas Gordon (1996: 3), Disiplin adalah perilaku dan tata tertib yang sesuai dengan peraturan dan ketetapan, atau perilaku yang diperoleh dari pelatihan yang dilakukan secara terus menerus.
Tujuan Disiplin
Menurut Ellen G White, disiplin ini memliki tujuan diantaranya sebagai berikut:
  1. Perintah atas diri
  2. Menaklukan kuasa kemauan
  3. Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
  4. Mengajarkan menghormati orang tua dan Ilahi
  5. Penurutan atas dasar prinsip
  6. menghancurkan benteng setan
Sedangkan jika menurut Emile Durkheim, tujuan disiplin ini diantaranya sebagai berikut:
  1. Untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan manusia
  2. Untuk memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala



Berikut Macam-Macam Dari Kedisiplinan atau Disiplin

Dibawah ini merupakan macam-macam dari kedisiplinan di lingkungan sekitar.
1) Disiplin Menggunakan Waktu
Disiplin untuk menggunakan waktu dengan baik, karna waktu sangat berharga untuk sebagian orang yang mengerti. Jadi pergunakan waktu dengan sebaik mungkin.
2) Disiplin Beribadah
Masalah beribadah biasanya tidak bertoleransi, biasanya ialah disiplin tentang solat.
3) Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara


Manfaat Disiplin dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Menghasilkan Keteraturan
Disiplin memiliki manfaat untuk menegakkan keteraturan dan membuat orang-orang menjadi berusaha mematuhi segala peraturan yang ada karena ada sanksi dan hukuman yang menunggu jika melanggar sebuah peraturan.
2. Menumbuhkan Rasa Peduli
Memiliki kedisiplinan yang tinggi juga akan menumbuhkan rasa peduli seseorang terhadap kepentingan orang lain. Seseorang bisa menjadi lebih menghargai orang lain dengan tingginya rasa disiplin di dalam diri.
3. Menjadi Lebih Peka
Seseorang yang disiplin terhadap peraturan akan menjadi pribadi yang lebih peka dan berperasaan. Seseorang dengan kedisiplinan yang tinggi akan lebih muda memahami perasaan orang lain.
4. Menghindarkan Diri dari Sanksi
Kedisiplinan sangat berguna untuk menjauhkan diri dari sanksi dan hukuman yang akan didapatkan saat melanggar hukum atau norma.
5. Lebih Dihargai Orang Lain
Seseorang yang memiliki tingkat kedisiplinan yang tinggi akan lebih dihargai oleh orang lain karena orang tersebut mampu menghargai diri sendiri dan juga lingkungannya. Orang-orang dengan tingkat kedisiplinan tinggi akan menjadi lebih dihormati dan disegani oleh orang lain di lingkungannya.



Daftar Pustaka

A, Pranata. 2012. Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli, Pendisiplinan, Macam-Macam Disiplin, dan Manfaat Disiplin. http://eprints.ums.ac.id/17229/7/BAB_II.pdf  (akses Senin 23 September 2019).

Munir, Rajil. 2017. Pengertian Disiplin, Macam-Macam, dan Contohnya. https://forum.teropong.id/2017/08/09/pengertian-disiplin-macam-macam-manfaat-dan-contohnya/ (akses Senin 23 September 2019).

Ibeng, Parta. 2018. Disiplin: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Macam, dan Contohnya. https://pendidikan.co.id/disiplin-pengertiantujuan-manfaat-macam-dan-contohnya/ (akses 23 September 2019).

Anonim. 2019. Pengertian Disiplin-Definisi, Manfaat, Jenis. https://pendidikan.co.id/disiplin-pengertiantujuan-manfaat-macam-dan-contohnya/ (akses 23 September 2019).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar