Senin, 30 September 2019

tanggung jawab


  1. OLEH: IVAN JATI PURNOMO @P22-IVAN

TANGGUNG JAWAB

Pengertian tanggung jawab secara umum adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. tanggung jawab adalah sebuah perbuatan yang dilakukan oleh setiap individu yang berdasarkan atas kewajiban maupun panggilan hati seseorang. Yaitu sikap yang menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki sifat kepedulian dan kejujuran yg sangat tinggi.
Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah merupakan bagian dati kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab, maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu.
Arti tanggung jawab juga dapat diartikan seperti ini. Tanggung Jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Tanggung jawab juga harus berasalah dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus di tanggung jawabkan. Contohnya adalah seorang mahasiswa, seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk belajar agar mahasiswa itu sendiri dapat bertanggung  jawab atas hasil nya nanti apakah dia akan mendapat nilai A,B,C,D,atau E dan setelah lulus nanti mahasiswa harus bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri. Tanggung jawab juga merupakan suatu kesadaran dari manusia akan perilaku ataupun perbuatan yang disengajai dan juga tidak disengajai mereka. Tanggung jawab memiliki sifat kodrati, yang mana berarti telah menjadi separuh dari bagian kehidupan manusia, karena setiap orang juga pasti memiliki beban akan tanggung jawabnya.
Dan jika ia tidak ingin bertanggung jawab, maka nantinya ada pihak lainnya yang akan memaksakan suatu tanggung jawab tersebut. Dengan begitu, tanggung jawab tersebut juga bisa dilihat melalui dua sisi, yakni dari pihak yang berbuat dan juga dari kepentingan pihak lain.
Suatu tanggung jawab juga merupakan suatu ciri dari manusia yang berbudaya dan juga beradab. Setiap manusia merasa memiliki tanggung jawab disebabkan ia sudah menyadari akibat yang baik ataupun buruk dari perbuatannya tersebut, dan juga sudah menyadari juga bahwasanya pihak lain yang sangat memerlukan, pengabdian ataupun pengorbanannya.
Agar dapat mendapatkan hasil atau meningkatkan suatu kesadaran dalam bertanggung jawab, maka sangat diperlukan untuk menempuh usaha yang melalui penyuluhan, pendidikan, dan juga ketakwaan terhadap Tuhan.
Untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan tanggung jawab, Anda dapat mengacu pada pendapat para ahli mengenai pengertian tanggung jawab dibawah ini. Berikut pengertian tanggung jawab menurut para ahli :
1. Menurut Friedrich August von Hayek
Friedrich August von Hayek berpendapat bahwasanya istilah dari tanggung jawab biasanya hanya digunakan untuk menutupi tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab dan kebebasan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.
Karena orang yang bisa bertanggung jawab akan tindakannya dan juga dapat mempertanggung jawabkan perbuatannya itu cuma orang yang bisa mengambil keputusan dan juga mampu bertindak tanpa adanya tekanan dari pihak manapun ataupun secara bebas.
2. Menurut George Bernard Shaw
George Bernard Shaw berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang yang mampu menerapkan segala pengetahuan dan juga energinya ke dalam be g efektif, serta dapat berguna apabila mereka sendiripun juga harus menanggung akubat dari apa yang dilakukannya. Baik dalam hal keuntungan dan juga kerugian.
3. Menurut Carl Horber
Carl Horber berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang pasti memiliki kemungkinan di beberapa situasi pada kewajiban moral ataupun hukum untuk dapat bertanggung jawab kepada orang lain.

1.    Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggungjawab terhadap diri sendiri menentukan kesedaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia peribadi. Dengan demikian bisa memevahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga pribadi. Karena merupakan seorang pribasi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, berangan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang sengaja mahupun yang tidak.
Menurut sifatnya manusia adalah makhluk bermoral. Akan tetapi manusia juga seorang pribadi, dan sebagai makhluk pribadi manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, angan-angan untuk berbuat ataupun bertindak, sudah barang tentu apabila perbuatan dan tindakan tersebut dihadapan orang banyak, bisa jadi mengundang kekeliruan dan juga kesalahan. Untuk itulah agar maanusia itu dalam mengisi kehidupannya memperoleh makna, maka atas diri manusia perlu diberi Tanggungjawab.

Contoh TanggungJawab Terhadap diri sendiri
Misalnya sebagai seorang pelajar kita haruslah mengerti dan menyadari posisi kita untuk senantiasa belajar dan mengerjakan segala pekerjaan rumah dengan penuh dedikasi, karena hal-hal seperti itulah yang akan mempengaruhi kesuksesan kita sendiri pada akhirnya. Hal-hal tersebut tidak ada kaitannya sama sekali dengan orang lain, kerana yang menentukan jalan hidup kita, masa depan kita adalah diri sendiri.



2.    Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.
Misalnya seorang anak memiliki tanggung jawab kepada keluarganya untuk selalu menjaga dan melindungi nama baik keluarganya setiap saat dengan cara bertindak dan berperilaku dengan sopan dan santun sesuai dengan aturan yang ada dalam masyarakat dan tidak melanggar aturan-aturan tersebut

3.    Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Pada hakikatnya manusia tidak biasa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.
Manusia sebagai mahkluk social tentunya tidak dapat hidup sendiri dan harus bermasyarakat dengan individu lainnya, oleh karena itu setiap anggota masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama dalam masyarakat misalnya tanggung jawab untuk menjaga kebersihan, keamanan, dan ketentraman di lingkungan masyarakat tersebut.



4.    Tanggung jawab terhadap Tuhan YME
Sejak kita pertama kali dilahirkan kebumi kita sudah mempunyai tangung jawab terhadap Tuhan, dengan itu maka kita mempunyai kepercayaan yang disebut Agama. Berbagai macam Agama didunia ini pasti mengajarkan tentang kebaikan, tidak ada satupun agama yang menyuruh kita berbuat jahat. Bagi anda yang menemukan agama tersebut maka jauhi agama itu karena itu bukan agama atau kepercayaan.
Bicara tentang tanggung jawab terhadap Tuhan, apa saja tanggung jawab kita terhadap Tuhan ?. Disini saya akan menulis tentang Tanggung jawab saya Terhadap Allah SWT dan Agama saya Islam.
Mungkin pertama adalah Menyembah Tuhan, di islam cara untuk Menyembah Allah SWT dengan cara Sholat 5 waktu, Subuh Zuhur Ashar Maghrib dan Isya. Tidak mudah untuk menjalankannya, maka dari itu diwajibkan sejak saat kita kecil kita harus diajarkan sholat, bagaimanapun caranya. Dari gerakannya, bacaannya dari niat sampai akhir. Awalnya memang sangat sulit tapi jangan khawatir anda akan pasti bisa.












                 

              






DAFTAR PUSTAKA :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar