Senin, 30 September 2019

Pentingnya Bertanggung Jawab



Oleh : Bagas Fadhlullah Akmal (@P25-BAGAS)


Abstrak
Hampir setiap orang ingin hidup bahagia tanpa harus banyak berusaha. Pada kenyataannya, sikap bertanggung jawab akan membuat hidup lebih berarti dan menjadi kesempatan untuk mengembangkan karakter, menjalin hubungan yang bermakna, dan mencapai keberhasilan. Tanggung jawab dapat diartikan sebagai melakukan semua tugas dan kewajibannya dengan sungguh-sungguh serta kesiapan menanggung segala resiko atas perbuatan sendiri. Tanggung jawab terbentuk seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Tanggung jawab berasal dari dalam hati dan kemauan sendiri untuk melakukan kewajiban

Kata kunci : Tanggung jawab

I. Pendahuluan
            Tanggung jawab juga merupakan suatu kesadaran dari manusia akan perilaku ataupun perbuatan yang disengajai dan juga tidak disengajai mereka. Tanggung jawab memiliki sifat kodrati, yang mana berarti telah menjadi separuh dari bagian kehidupan manusia, karena setiap orang juga pasti memiliki beban akan tanggung jawabnya. Dan jika ia tidak ingin bertanggung jawab, maka nantinya ada pihak lainnya yang akan memaksakan suatu tanggung jawab tersebut. Dengan begitu, tanggung jawab tersebut juga bisa dilihat melalui dua sisi, yakni dari pihak yang berbuat dan juga dari kepentingan pihak lain.
Suatu tanggung jawab juga merupakan suatu ciri dari manusia yang berbudaya dan juga beradab. Setiap manusia merasa memiliki tanggung jawab disebabkan ia sudah menyadari akibat yang baik ataupun buruk dari perbuatannya tersebut, dan juga sudah menyadari juga bahwasanya pihak lain yang sangat memerlukan, pengabdian ataupun pengorbanannya. Agar dapat mendapatkan hasil atau meningkatkan suatu kesadaran dalam bertanggung jawab, maka sangat diperlukan untuk menempuh usaha yang melalui penyuluhan, pendidikan, dan juga ketakwaan terhadap Tuhan.
II. Permasalahan
             1. Apa manfaat tanggung jawab ?
              2. Bagaimana Perilaku bertanggung jawab ?
III. Pembahasan
Pengertian tanggung jawab menurut para ahli
1. Menurut Friedrich August von Hayek 
Friedrich August von Hayek berpendapat bahwasanya istilah dari tanggung jawab biasanya hanya digunakan untuk menutupi tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab dan kebebasan adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan.
2. Menurut George Bernard Shaw
George Bernard Shaw berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang yang mampu menerapkan segala pengetahuan dan juga energinya ke dalam bentuk suatu tindakan yang efektif, serta dapat berguna apabila mereka sendiripun juga harus menanggung akubat dari apa yang dilakukannya. Baik dalam hal keuntungan dan juga kerugian.
3. Menurut Carl Horber
Carl Horber berpendapat bahwasanya pengertian dari tanggung jawab adalah setiap orang pasti memiliki kemungkinan di beberapa situasi pada kewajiban moral ataupun hukum untuk dapat bertanggung jawab kepada orang lain.

Macam-macam tanggung jawab
a. Tanggung jawab personal
            Orang yang bertanggung jawab itu sepenuhnya tindakan sukarela. Bertanggung jawab adalah disebabkan seseorang itu memilih untuk bertindak atau berbicara atau mengambil posisi tertentu sehingga ia harus bertanggung jawab
            Adapun ciri-ciri orang yang bertanggung jawab, yaitu :
1. Memilih jalan lurus
            2. Selalu memajukan diri sendiri
            3. Menjaga kehormatan diri
            4. Selalu waspada
            5. Memiliki komitmen pada tugas
b. Tanggung jawab Moral
            Tanggung jawab moral biasanya merujuk pada pemikiran bahwa seseorang mempunyai kewajiban moral dalam situasi tertentu
c. Tanggung jawab sosial
            Tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab dimana manusia saling memeri dan tidak membuat kerugian kepada masyarakat yang lain, selain itu tanggung jawab sosial adalah tanggung jawab yang merupakan sifat-sifat yang perlu dikendalikan dalam hubungannya dengan orang lain.
Manfaat Tanggung jawab
1. Dengan sikap yang bertanggung jawab, seseorang akan dipercaya, dihormati dan dihargai serta disenangi oleh orang lain.
2. Sikap bertanggung jawab membuat seseorang lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan.
3. Sikap bertanggung jawab akan membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang.
4. Sikap bertanggung jawab seseorang membuat ia berhasil menyelesaikan tugas dengan baik.
5. Sikap berani mengakui kesalahan yang dilakukan dan mau mengubah dengan tindakan yang lebih baik merupakan kunci meraih kesuksesan.

Adapun beberapa Perilaku Tanggung Jawab, diantaranya yaitu :
1. Bersungguh-sungguh dalam segala hal
2. Berusaha melakukan yang terbaik
3. Rela berkorban
4. Disiplin
5. Dapat dipercaya
6. Taat aturan
7. Jujur dalam bertindak
8. Berani menanggung risiko

Ada 4 bentuk tanggung jawab ( Munir Fuady, 1997 : 64), yaitu :
1. Tanggung jawab berdasarkan unsur kesalahan
Teori ini menyatakan bahwa seorang baru dapat dimintakan pertanggung
jawaban secara hukum jika ada unsure kesalahan yang diberlakukannya.
2. Praduga untuk selalu bertanggung jawab
Teori ini menyatakan bahwa tergugat selalu dapat dianggap bertanggung
jawab sampai ia dapat membuktikan bahwa ia tidak bersalah.
3. Praduga untuk tidak selalu bertanggung jawab
Teori ini adalah kebalikan dari prinsip yang kedua, dimana pelaku usaha tidak
dapat diminta pertanggung jawabanya dan konsumenlah yang menanggung
segala resiko. Teori praduga untuk tidak bertanggung jawab hanya dikenal
dalam lingkup transaksi konsumen yang sangat terbatas.
4. Tanggung jawab mutlak
Teori tanggung jawab mutlak dalam hukum perlindungan konsumen secara
umum digunakan untuk meminta pertanggung jawaban pelaku usaha yang memasarkan produknya yang merugikan konsumen. Asas tanggung jawab ini lebih dikenal dengan nama product liability.

IV. Kesimpulan
Tanggung jawab juga merupakan suatu kesadaran dari manusia akan perilaku ataupun perbuatan yang disengajai dan juga tidak disengajai mereka. Setiap manusia merasa memiliki tanggung jawab disebabkan ia sudah menyadari akibat yang baik ataupun buruk dari perbuatannya tersebut, dan juga sudah menyadari juga bahwasanya pihak lain yang sangat memerlukan, pengabdian ataupun pengorbanannya. Agar dapat mendapatkan hasil atau meningkatkan suatu kesadaran dalam bertanggung jawab, maka sangat diperlukan untuk menempuh usaha yang melalui penyuluhan, pendidikan, dan juga ketakwaan terhadap Tuhan.

Daftar Pustaka

Fadillah, S.F. 2019. Pengertian Tanggung Jawab Beserta Manfaat, Macam dan Contoh Tanggung Jawab. https://www.nesabamedia.com/pengertian-tanggung-jawab/. Diakses 29 September 2019.

Keluarga, Sahabat. 2016. Mengembangkan Tanggung Jawab pada anak

Randhy. 2018. Menjadi orang yang bertanggung jawab. https://revolusimental.go.id/ide/menjadi-orang-yang-bertanggung-jawab. Diakses 29 September 2019

Saputri, H.C. 2013. Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar