Selasa, 24 September 2019

Revolusi Mental Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab


Revolusi Mental Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab

Oleh : Rahmatika Chasania Meilani
(@P04-RAHMATIKA)



Abstrrak
      Hampir setiap orang ingin hidup bahagia tanpa harus banyak berusaha. Pada kenyataannya, sikap bertanggung jawab akan membuat hidup lebih berarti dan menjadi kesempatan untuk mengembangkan karakter, menjalin hubungan yang bermakna, dan mencapai keberhasilan dalam bekerja. Lakukan beberapa langkah berikut agar bisa menjadi orang yang bertanggung jawab.
1.)Ketahuilah bahwa tanggung jawab berhubungan dengan kewajiban, bukan hak.
      Jika seseorang merasa ragu saat ingin memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada Anda, mungkin karena selama ini Anda kurang peduli dalam memenuhi kewajiban yang menjadi tanggung jawab.
2.)Hentikan kebiasaan mencari-cari alasan
      Dalam situasi apa pun, selalu ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab mudah sekali mempersalahkan hal tersebut dan menjadikannya sebagai alasan.
3.)Jangan menyalahkan orang lain saat menghadapi masalah
      Cara lain untuk menerima tanggung jawab adalah dengan berhenti menyalahkan orang lain. Katakan kepada diri sendiri bahwa Anda gagal dalam tes matematika karena tidak belajar, bukan karena dibenci guru.
      Orang sukses tidak menyalahkan orang lain, tapi mengambil tanggung jawab atas tindakannya.

Kata Kunci : Tanggung jawab

       I.            Pendahuluan
Menurut wikipedia rasa tanggung jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya. Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa manusia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Rasa tanggung jawab kemudian berkembang bukan hanya pada tataran personal, tetapi selalu dikaitkan dengan hubungan dengan orang lain, sehingga dapat dibuat dalam sistem hukum, bahkan hukum pidana. Seseorang yang terhubung dengan pihak-pihak lain tidak bisa lepas dari rasa tanggung jawab yang melekat pada dirinnya.

    II.            Permasalahan
Di jaman yang serba modern ini banyak sekali orang-orang yang mulai lalai terhadap apa yang sudah menjadi tanggung jawabnya. Kita ambil sebagai contoh, seorang pelajar lebih memilih untuk bermain atau berkutat dengan smartphone masing-masing dibanding mengerjakan pekerjaan atau tugas rumah (PR) yang sudah menjadi tanggung jawab seorang pelajar. Adalagi seorang ibu yang lebih mementingkan karirnya dibanding melaksanakan tanggung jawabnya menjadi seorang istri atau ibu rumah tangga. Lalu bagaimanakah cara kita memisahkan apa yang menjadi tanggung jawab untuk kita dan apa yang menjadi kesenangan.

 III.            Pembahasan
Pada dasarnya tanggung jawab adalah keadaan wajib untuk menanggung segala sesuatu. Sehingga dapat diartikan berkewajiban menanggung, memikul jawab segala sesuatu atau memberikan jawaban serta menanggung akibatnya. Menurut Mustari, pengertian tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang dalam menjalankan tugas serta kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri,, masyarakat, lingkungan, negara dan tuhan. Menurut Mudjiono, arti tanggung jawab adalah sikap yang terkait dengan janji atau tuntutan tetrhadap hak, kewajiban, tugas yang sesuai dengan aturan, nilai, norma serta adat istiadat di dalam masyarakat. Menurut Mudjiono, arti tanggung jawab adalah sikap yang terkait dengan janji atau tuntutan tetrhadap hak, kewajiban, tugas yang sesuai dengan aturan, nilai, norma serta adat istiadat di dalam masyarakat.
Manfaat menjadi orang yang bertanggung jawab :
1.      Dihargai oleh orang lain, Pada umumnya, Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dihargai oleh orang lain. Hal ini karena dengan rasa tanggung jawab akan membuat seseorang dapat diandalkan dan juga akan lebih dipercaya dalam mengemban tugas.
2.      Jarang melakukan kesalahan, Dihargai oleh orang lain, Pada umumnya, Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dihargai oleh orang lain. Hal ini karena dengan rasa tanggung jawab akan membuat seseorang dapat diandalkan dan juga akan lebih dipercaya dalam mengemban tugas.
3.      Dapat dipercaya, Seseorang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih mudah dipercaya oleh orang lain. Rasa Kepercayaan ini bisa didapat dari hasil yang sudah dikerjakan oleh seseorang sebelumnya.
4.      Meningkatkan peluang kesuksesan, Sifat tanggung jawab yang dimiliki oleh seseorang pada umumnya dapat meningkatkan peluang kesuksesan. Hal ini karena orang yang memiliki rasa tanggung jawab akan lebih dipercaya, lebih berhati-hati dan juga akan menjalankan pekerjaan dengan baik dan benar.
5.      Hasil kerja yang dikerjakan lebih memuaskan. Ketika anda menjadi seseorang yang bertanggung jawab maka anda akan lebih fokus pada hasil akhir sehingga mereka akan maksimal dalam menjalankan pekerjaannya. Dengan demikian, orang lain akan membuat orang lain menjadi puas atas pekerjaan yang anda kerjakan. Tentunya hal ini akan menbuat anda akan disukai dan dipercaya oleh orang sekitar lingkungan anda.

Menurrut Tirtorrahardjo, Macam-macam Tanggung Jawab ada 3 yaitu  :
a.       Tanggung jawab terhadap diri sendiri
      Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang memiliki kepribadian utuh dalam bertingkah laku, menentukan perasaaan, menentukan keinganan dan dalam menuntut haknya. Jenis tanggung jawab personal ini adalah individu yang memilih untuk bertindak, berbicara atau mengambil posisi tertentu. Pada posisi tersebut, individu harus memikul tanggung jawab dan bila seseorang memilih menjadi orang berkuasa maka dia memiliki tanggung jawab atas posisi tersebut. Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah rasa penyesalan atas kesalahan yang diperbuat.
b.      Tanggung jawab terhadap kehidupan sosial.
            Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial yang hidup ditengah masyarakat dan tidak mungkin untuk hidup sendiri. Oleh sebab itu, manusia dalam berpikir, berbicara dan bertindak terikat oleh masyarakat, lingkungan dan negara. Berdasarkan hal itu maka sikap dan perilaku manusia dalam kehidupan sosial harus dapat di pertanggungjawabkan. Manusia harus berarti untuk menanggung segala tuntutan berupa sanksi dari masyarakat seperti cemohaan, hukuman penjara, dll.
c.       Tanggung jawab kepada Tuhan
            Manusia di dunia di dunia merupakan mahluk ciptaan Tuhan dan sebagai mahluk ciptaanNya mansia harus bertanggung jawab kepada tuhan misalkan merasa berdosa karena telah melakukan kesalahan.

 IV. Kesimpulan dan Sarran
      Menurut wikipedia rasa tanggung jawab adalah suatu pengertian dasar untuk memahami manusia sebagai makhluk susila dan tinggi rendahnya akhlak yang dimilikinya. Terkait rasa tanggung jawab, sebaiknya manusia melandasi anggapannya dengan mengakui kenyataan bahwa manusia dalam hubungan yang sempit dan luas memerlukan satu sama lain untuk mewujudkan nilai-nilai kehidupan yang dirasanya baik dan menunjang eksistensi dirinya. Pada dasarnya tanggung jawab adalah keadaan wajib untuk menanggung segala sesuatu. Sehingga dapat diartikan berkewajiban menanggung, memikul jawab segala sesuatu atau memberikan jawaban serta menanggung akibatnya. Menurut Mustari, pengertian tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang dalam menjalankan tugas serta kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri,, masyarakat, lingkungan, negara dan tuhan.

Daftar Pustaka
Hassan Shadily & Redaksi Ensiklopedi Indonesia (Red & Peny)., Ensiklopedi Indonesia Jilid 6 (SHI-VAJ). Jakarta: Ichtiar Baru-van Hoeve, hal. 3443

Unknown. 2019. Rasa tanggung jawab - Wikipedia Indonesia. https://id.wikipedia.org/wiki/Rasa_tanggung_jawab

Unknown. 2019. Pengertian Tanggung Jawab, Manfaat dan Macam-Macam – Pahlevi Net. https://www.pahlevi.net/pengertian-tanggung-jawab/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar