Senin, 23 September 2019

DISIPLIN ITU SOAL KOMITMEN

Disiplin itu soal komitmen

Oleh : IVAN jati purnomo
[@P022-IVAN]


Apa itu yang dimaksud disiplin? Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya serta pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman di mana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain (Wikipedia, 2017)

Saya memberi judul artikel ini karena saya juga terkadang belum disiplin, tetapi saya baru menyadari bahwa diperlukan komitmen kuat sebagai kuncinya. Ada kemauan dan effort untuk mendisiplinkan diri maka hal tersebut akan menuntun kita kearah yang lebih baik meskipun hanya sedikit.

Kata kunci : disiplin

terkenal dengan negara yang kuranng disiplin, itulah realita yang memprihatinkan tetapi pantas untuk kita. Kesadaran masyarakatnya minim akan kedisiplinan dan selalu mencoba untuk mengambil jalan pintas dari suatu proses yang semestinya dilakukan. Harus kita akui negara di Asia Timur masih jauh lebih baik dari negara kita dalam hal disiplin, dimana negara-negara dikawasan tersebut  menerapkan mindset bahwa disiplin adalah harga diri mereka, jika mereka tidak memiliki sikap disiplin maka mereka seperti tidak mempunyai harga diri. Karena itulah sikap  disiplin perlu dibangun dari hal yang sepele dahulu agar lama-kelamaan menjadi budaya moral masyarakat kita.
Unsur-unsur Disiplin
Menurut Tulus Tu’u (2004:33) menyebutkan unsur–unsur disiplin adalah sebagai berikut :
a. Mengikuti dan menaati peraturan, nilai dan hukum yang berlaku.
b. Pengikutan dan ketaatan tersebut terutama muncul karena adanya kesadaran diri bahwa hal itu berguna bagi kebaikan dan keberhasilan dirinya. Dapat juga muncul karena rasa takut, tekanan, paksaan dan dorongan dari luar dirinya.
c. Sebagai alat pendidikan untuk mempengaruhi, mengubah, membina, dan membentuk perilaku sesuai dengan nilai-nilai yang ditentukan atau diajarkan.
d. Hukuman yang diberikan bagi yang melanggar ketentuan yang berlaku, dalam rangka mendidik, melatih, mengendalikan dan memperbaiki tingkah laku.
e. Peraturan-peraturaan yang berlaku sebagai pedoman dan ukuran perilaku.
Kalau kita ingin berhasil dalam hidup ini, Terapkan disiplin dalam setiap kegiatan kita! Disiplin merupakan kunci keberhasilan sebab dengan tingkat kedisiplinan tinggi, maka tingkat konsentrasi kita dalam melaksanakan kegiatan meningkat. Jika ingin disiplin kita harus lakukan pemaksaan, pengkondisian secara ketat Untuk langkah awal pendisiplinan memang harus dipaksakan sehingga menjadi kebiasaan. Jika sesuatu sudah menjadi suatu kebiasaan sedikit lagi akan menjadi sebuah kebutuhan.

REFERENSI

Wikipedia. 2017. Disiplinhttps://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin Diakses pada tanggal 16 September 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar