Senin, 30 September 2019

Tanggung Jawab Dalam Segala Aspek

Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA





Tanggung Jawab Dalam Segala Aspek

Abstrak
Tanggung jawab dapat mencakup berbagai aspek, mulai dari tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada orangtua atau keluarga, tanggung jawab kepada masyarakat, tanggung jawab kepada organisasi, bahkan tanggung jawab kepada Tuhan. Ketika manusia terbiasa bertanggung jawab, maka risiko apapun akan dihadapinya karena ia tahu bahwa setiap bertanggung jawab maka akan ada risikonya.

Kata Kunci : Tanggung Jawab, Aspek Tanggung Jawab.

1.      Pendahuluan
Tanggung jawab merupakan nomina jika merujuk pada kbbi, namun bila ditambahkan imbuhan ‘ber’ maka akan berubah menjadi verba. tanggung jawab/tang·gung ja·wab/ n 1 keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya): pemogokan itu menjadi -- pemimpin serikat buruh; 2 Huk fungsi menerima pembebanan, sebagai akibat sikap pihak sendiri atau pihak lain; sementara arti dari bertanggung jawab/ber·tang·gung ja·wab/ v 1 berkewajiban menanggung; memikul tanggung jawab: pemimpin redaksi ~ atas isi majalahnya; 2 menanggung segala sesuatunya (kepada): kabinet ~ kepada Presiden; dia laki-laki yang tidak ~;
Tanggung jawab dapat mencakup berbagai aspek, mulai dari tanggung jawab kepada diri sendiri, tanggung jawab kepada orangtua atau keluarga, tanggung jawab kepada masyarakat, tanggung jawab kepada organisasi, bahkan tanggung jawab kepada Tuhan. Masing-masing aspek memiliki kesulitan dan juga risiko yang berbeda, namun terlepas dari itu semua, sifat tanggung jawab dan kemampuan untuk bertanggung jawab tergantung pada masing-masing individu.

2.      Permasalahan
2.1  Apa itu tanggung jawab kepada diri sendiri ?
2.2  Apa itu tanggung jawab kepada keluarga ?
2.3  Apa itu tanggung jawab kepada masyarakat ?
2.4  Apa itu tanggung jawab kepada Tuhan ?
2.5  Bagaimana cara agar menjadi orang yang bertanggung jawab ?

3.      Pembahasan
3.1  Tanggung jawab kepada diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Jenis tanggung jawab personal ini adalah individu yang memilih untuk bertindak, berbicara atau mengambil posisi tertentu. Pada posisi tersebut, individu harus memikul tanggung jawab dan bila seseorang memilih menjadi orang berkuasa maka dia memiliki tanggung jawab atas posisi tersebut.Contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri adalah rasa penyesalan atas kesalahan yang diperbuat.

3.2  Tanggung jawab kepada keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, isteri, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.

3.3  Tanggung jawab kepada masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyrakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

3.4  Tanggung jawab kepada Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisa kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang telah diatur sedemikian rupa dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam-macam agama.

3.5  Cara agar menjadi orang yang bertanggung jawab
-          Ketahuilah bahwa tanggung jawab berhubungan dengan kewajiban, bukan hak.
-          Hentikan kebiasaan mencari-cari alasan.
-          Yang terakhir adalah Jangan menyalahkan orang lain saat menghadapi masalah.

4.      Kesimpulan
Sebagai manusia hendaknya kita bertanggung jawab pada lingkungan apapun, baik pada diri sendiri, pada keluarga, pada masyarakat, dan kepada sang pencipta. Ketika manusia terbiasa bertanggung jawab, maka risiko apapun akan dihadapinya karena ia tahu bahwa setiap bertanggung jawab maka akan ada risikonya.

Referensi
KBBI
Muttaqien, Naufal. 2015. Mengenal Arti Kata “Tanggung Jawab”
Pahlevi. 2019. Pengertian Tanggung Jawab, Manfaat dan Macam-macam.
Randhy. 2018. Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar