Senin, 23 September 2019

KEDISIPLINAN

Oleh : Viviancho Samosir P (@P24-VIVIANCHO)


Abstrak
Disiplin  merujuk pada pelatihan yang didapatkan seseorang untuk memenuhi tugas tertentu atau untuk mengadopsi pola perilaku tertentu, walaupun orang tersebut lebih senang melakukan hal yang lain. Sebagai contoh, seseorang mungkin saja tidak melakukan sesuatu yang menurutnya memuaskan dan menyenangkan dengan membelanjakan uangnya untuk sesuatu yang ia inginkan dan menyumbangkan uang tersebut kepada organisasi amal dengan pikiran bahwa hal tersebut lebih penting.

Kata Kunci
Mendisiplinkan diri, penurutan atas dasar prinsip.

I. Pendahuluan
Disiplin berasal dari sebuah bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini kemudian timbulah kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin juga berasal dari bahasa inggris yaitu Disciple yang berarti pengikut atau murid. Rasa taat dan patuh terhadap nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawabnya. Dengan arti lain disiplin merupakan patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Sedangkan pendisiplinan adalah sebuah usaha yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai atau pemaksaan supaya subjek menaati sebuah peraturan. Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam wirausaha adalah mendapat kepercayaan orang lain.

II. Permasalahan
Solusi dalam menghadapi kendala untuk dapat mendisiplinkan diri sendiri

III. Pembahasan
Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai-nilai ketaatan kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban. Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi sasana belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi siswa.

Faktor penyebab lemahnya kedisiplinan sebagai berikut ;

Diri sendiri, kita harus memiliki keinginan yang kuat untuk merubah sikap malas kita menjadi lebih baik lagi dan bisa menerapkan nilai-nilai kedisiplinan
Keluarga, pihak keluarga dalam menerapkan kedisiplinan juga mempunyai peran penting, karena keluarga pun berhak untuk mengatasi anak-anaknya untuk memilih pergaulan
Lingkungan, pergaulan di lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap anak-anak remaja. Masa-masa remaja dapat membuat kita salah tingkah, karena kita berpikir kita sudah lebih dewasa dari sebelumnya
Teman, teman juga dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa siswa dapat menjadi anak yang baik tau menurut kepada peraturan yang telah ditetapkan oleh bantuan teman-teman yang ada disekitarnya.

Tujuan Disiplin Yang Harus Kamu Ketahui
Disiplin mempunyai beberapa tujuan diantaranya sebagai berikut:
  • Perintah atas diri
  • Menaklukan kuasa kemauan
  • Memperbaiki kebiasaan-kebiasaan
  • Mengajarkan menghormati orang tua dan ilahi
  • Penurunan atas dasar prinsip
  • Menghancurkan benteng setan
  • Untuk mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan manusia
  • Untuk memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala.

IV. Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Disiplin adalah proses untuk melatih dan mendidik perilaku seseorang sesuai dengan tata tertib atau aturan yang berlaku baik yang muncul dari kesadaran dirinya maupun karena adanya sanksi atau hukuman yang berlaku dengan penuh rasa tanggung jawab dan sepenuh hati, sehingga apabila dirinya melakukan suatu pelanggaran akan timbul suatu perasaan bersalah, malu, takut dan tidak mau untuk melakukan perbuatannya lagi.
Saran
Disiplin sangat penting bagi kehidupan kita. Oleh karena itu, marilah kita hidup berdisiplin. Agar kelak, kita dapat menjadi panutan setiap orang dan bisa diandalkan.

Daftar Pustaka
Mulyasa. 2015. Revolusi Mental Dalam Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
http://www.pendidikankarakter.org/articles004.html, diakses 20 September 2016
http://www. akhmad sudrajat wordpress.com, Disiplin Siswa Di Sekolah, diakses 4 April 
2008.
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara:2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar