Rabu, 09 Januari 2019

Yuk Proaktif!

Oleh: Rofiqoh Awaliyah (@K28-Rofiqoh)

Abstrak
Apakah itu proaktif? Bagaimana menjadi seseorang yang proaktif? Mengapa harus proaktif? Proaktif adalah satu dari beberapa karakter yang harus kamu miliki. Karena dengan karakter proaktif kamu dapat merubah dunia.


Kata Kunci: Proaktif

Proaktif adalah langkah pertama menuju tercapainya kemenangan pribadi. Hal ini lebih dari sekedar mengambil inisiatif, itu berarti bersikap proaktif adalah bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang, dan membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai ketimbang pada suasana hati atau keadaan.

Menurut Windasuri (2018), ciri-ciri sikap proaktif diantaranya, adalah:
a.         Tidak mudah tersinggung pada apa yang membuat pada sesuatu yang tidak sesuai
b.        Bertanggung jawab terhadap tindakannya sendiri dan memilih berfikir sebelum bertindak.
c.       Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain.
d.    Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak bisa mereka ubah.
e.    Tidak menyalahkan keadaan ataupun kondisi lingkungan jika seandainya ada yang tidak sesuai dengan keinginannya.
f.        Mampu mengambil keputusan yang tepat walaupun pada situasi yang sangat sulit.
g.       Orang proaktif biasanya menggunakan bahasa proaktif, seperti: “Saya bisa”, “Saya akan”, karena mereka berpikir positif pada setiap keadaaan.

Seseorang yang memiliki sikap proaktif biasanya memiliki visi ke depan, memandang masa depan dengan penuh optimis, selalu aktif dan memikirkan apa yang dapat mereka lakukan untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Sikap proaktif cenderung mengarah pada tindakan (action) yang positif.

Bersikap proaktif adalah bagaimana kita menentukan sikap terhadap segala hal yang terjadi di sekitar kita. Manusia memiliki akal untuk memilih untuk bersikap negatif (reaktif) atau sebaliknya bersikap positif (proaktif) terhadap keadaan sekeliling.

Orang yang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan. Mereka bertekad menjadi pendorong yang kreatif dalam hidup mereka sendiri, dan mereka menjadi inspirasi bagi orang lain. Bagaimana Cara Menjadi Pribadi yang Proaktif? Menurut Mumpuni (2018), ada tiga cara untuk menjadi proaktif, yaitu:
1.        Dari awal memang sudah berkeinginan untuk bersikap proaktif, tidak harus disuruh.
2.        Peka melihat kondisi sekitar dan mau langsung bertindak.
3.        Membiasakan diri untuk bersikap proaktif

Kesimpulan
Sikap proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Seseorang bisa bertahan saat menghadapi musibah, bisa menumbuhkan motivasi saat kondisi tidak menyenangkan, juga bisa memberikan respon positif yang disesuaikan dengan situasi, semua itu merupakan sikap proaktif yang menunjukkan pengelolaan emosi secara baik.

Daftar Pustaka
Windasuri, Heria. 2018. Apa Itu Proaktif Dan Reaktif? https://www.studilmu.com/blogs/details/apa-itu-proaktif-dan-reaktif
Mumpuni, Melvin. 2018. Bagaimana Cara Menjadi Pribadi Yang Proaktif? Dan Apa Untungnya Jadi Proaktif? Jangan Jadi yang Reaktif. https://www.finansialku.com/proaktif-reaktif/
Anonim. 2016. Aktif: Reaktif dan ProAktif. http://shofiard.blogspot.com/2016/03/miliki-sikap-proaktif.html
Dewi, Shophia R. 2009. Miliki Sikap Proaktif. https://tukul.wordpress.com/2009/06/21/aktif-reaktif-dan-proaktif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar