Minggu, 06 Januari 2019

PROAKTIF



 pembahasan kita kali ini adalah proaktif. Proaktif ataupun proaktivitas adalah orang yang relatif tidak terpengaruh oleh kekuatan situasi di sekitarnya, bahkan orang tersebut mampu mempengaruhi timbulnya perubahan dalam lingkungannya. Orang dengan proaktivitas tinggi mampu mengidentifikasi kesempatan dan mengambil tindakan yang tepat untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, menampakkan inisiatif dan mempertahankannya sampai perubahan yang bermakna terjadi. Lawan dari proaktif adalah pasif atau reaktif, yaitu orang yang cenderung untuk beradaptasi atau berkompromi dengan keadaan, daripada berusaha merubah dirinya untuk memberikan pengaruh positif pada situasi disekitarnya.

Proaktivitas manusia selalu memiliki tujuan, bergerak maju, dan berorientasi ke masa depan, serta secara internal memunculkan perilakunya sendiri.

Ciri-ciri Individu Proaktif.
 Covey meringkas definisi dan pengertian tentang sifat proaktif dari para ahli diatas dengan menjelaskan tentang ciri-ciri individu proaktif (1995). ciri-ciri individu proaktif (dibandingkan dengan individu reaktif) setidaknya ada 5 (lima), yaitu :
1. Orang proaktif selalu bertanggung jawab.
2. Orang proaktif menfokuskan upaya mereka pada lingkaran pengaruh (mencakup segala      hal yang dapat dipengaruhi).
3. Berfokus pada lingkaran pengaruh, orang proaktif bekerja dari dalam ke luar (in side –          out)
4. Orang proaktif hidup berpusat pada prinsip (principle centered)
5. Orang proaktif mengembangkan dan menggunakan “empat anugrah unik manusianya” secara optimal.

Konsekuensi Sikap Proaktif
Seorang yang memiliki sikap proaktif, bebas melakukan tindakan apa saja namun tetap mengacu kepada nilai-nilai yang diyakininya.

Manfaat Memiliki Sikap Proaktif
Seseorang yang memiliki sikap proaktif tentu sangat bermanfaat pada kualitas hidupnya. Proaktif di sini adalah bertindak aktif namun tetap mengacu kepada nilai-nilai yang diyakininya. Tapi perlu disadari bahwa segala tindakan yang dilakukan memiliki konsekuensi yang harus dihadapi dimasa mendatang. Karena kita tahu bahwa setiap tindakan itu memiliki konsekuensi.

Sudah jelas bukan, penjabaran diatas. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih baik bagi pembaca maupun sumber-sumber yang saya kaitkan, karena disini kita sama-sama belajar.
Kalau ada sumur di ladang
Boleh saya menumpang mandi
Kalau ada umur panjang
Nanti saya post lagi.
Akhirul kalam, wassalamu’alaikum wr.wb

Daftar Pustaka: 
Hakim, Soleh. 2015. Proaktif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar