Kamis, 10 Januari 2019

BERSEMANGAT

OLEH: Dwi arif rahman

Assalamualaikum Wr.Wb


Pernahkah Anda berada dalam suatu keadaan dimana Anda merasa kehilangan semangat untuk melakukan rutinitas? Atau saat dimana Anda merasa berada di titik nadir karena pikiran Anda beranggapan bahwa orang-orang tidak menghargai Anda selayaknya penghargaan yang mereka berikan kepada orang lain? Mungkin juga karena Anda beranggapan bahwa Anda merasa gagal dalam pencapaian usaha-usaha yang Anda lakukan..


Jika memang demikian keadaannya, berbahagialah.. karena keadaan seperti demikian merupakan salah satu timing yang tepat untuk membangkitkan semangat Anda kembali. Timing yang tepat berpengaruh ke cara mengkondisikan yang efektif. Semakin tepat moment anda membangkitkan semangat, semakin efektif dampaknya.

Mengangkat diri sendiri dari keterpurukan menjadi orang yang bersemangat memang sulit jika tidak mengetahui cara atau strateginya. Sulit, karena biasanya perasaan terpuruk itu menggugah perasaan sentimentil kita, bahkan membuat kita mulai menikmati menjadi orang yang layak dikasihani oleh diri kita maupun lingkungan kita.

Cara untuk membangkitkan semangat adalah mengetahui prinsip dasar bahwa satu-satunya orang yang betul-betul memahami kita adalah diri kita sendiri. Kita sendiri yang mampu menjawab apa saja yang dapat membuat diri kita bahagia. Kita sendiri yang mengerti sejauh mana kebahagiaan mempengaruhi perasaan kita dan sebaliknya perasaan kita mempengaruhi kebahagiaan kita. Hati-hati menjadikan orang lain jadi motivator atas hidup Anda sendiri, mereka tidak mempunyai kewajiban untuk itu.
Wajar bagi kita seorang manusia normal mengalami naik turunnya semangat dalam menjalani hidup. Pasti sebagian dari anda pernah mengalaminya juga bukan ?. Ya,, hal tersebut memang hal yang lumrah yang terjadi dalam kehidupan sehari2. Karena terkadang hidup begitu mudah dijalani dan terasa begitu menyenangkan. Akan tetapi terkadang pula justru hidup begitu sulit dan sangat menyedihkan. Namun ada sebagian orang yang justru bisa membuat hidupnya selalu stabil dalam hal semangat. Bukan karena hidupnya selalu mudah dan tak ada masalah. Akan tetapi itu dikarenakan ia menjadikan hidupnya bukan suatu masalah dan ia tidak menjadikan hidupnya sebagai suatu kesulitan. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? Kuncinya ada di dalam diri anda.

Tipe Pelaku Bersemangat 
Orang-orang periang dan spontan. Mereka penuh pesona, dipenuhi energi, dan pelaku-pelaku sesungguhnya. Mereka memiliki pemikiran dan pandangan yang jernih sekalipun sedang berada dalam situasi sulit. Ini membuat mereka dikenal sebagai pemecah masalah yang jitu. Kemampuan mereka dalam menyerap dan memroses informasi sangat fenomenal. Tipe Pelaku Bersemangat juga memiliki kekuatan dalam pengamatan dan perasaan tajam saat berhadapan dengan orang lain. Mereka mudah memahami, jenaka, dan cerdas. Mereka memiliki kemampuan alami meyakinkan orang lain akan pandangan mereka. Tipe Pelaku Bersemangat hidup dalam kekinian dan membuat keputusan-keputusan spontan dari waktu ke waktu. Mereka senang bersama-sama dengan orang lain dan adalah pebincang yang perasa, riang, dan menghibur. Tidak masalah bagi mereka menjadi pusat keriaan dalam sebuah pesta dan mereka adalah tuan rumah yang baik, murah hati, dan trampil. Mereka tidak berlama-lama memikirkan konsekuensi; dengan cepat mereka menangkap seluruh fakta yang relevan, membuat keputusan pragmatis, lalu melaksanakan keputusan itu dengan penuh semangat. Jika suatu keputusan ternyata keliru di kemudian hari, mereka selalu dapat membuat rencana baru.
Mulailah melakukan hal-hal berikut agar bisa menjadi individu yang penuh denga semangat

Berpikir Positif
Semangat ditentukan oleh cara berpikir kita. Jika kita mau untuk membiasakan diri berpikir positif, maka pikiran tersebut akan membimbing fokus kita kepada tujuan yang ingin kita capai. Sebaliknya, dengan cara berpikir yang negatif, kita akan cenderung mencari kesalahan pada diri sendiri, orang lain ataupun keadaan atas kegagalan yang kita alami. Cara berpikir yang seperti itulah yang membuat kita semakin terpuruk dan menjadi pribadi yang terlalu sentimentil.

Menata Semangat di Pagi Hari

Dipercaya bahwa awal hari adalah penentu kondisi kita seharian. Carilah cara efektif bagi anda bila anda melakukan sesuatu di awal hari tersebut, sisa hari anda begitu lancar dan terasa lebih bersemangat. Kita bisa menata semangat di pagi hari dengan cara-cara yang sederhana, seperti membereskan kamar sambil berpikir alangkah indahnya pagi ini.. menikmati sarapan pagi yang telah disediakan.. atau yang lainnya.

Ajukan Pertanyaan yang tepat, Untuk Mendapatkan Jawaban yang Tepat

Fakta menunjukkan bahwa bukan peristiwa yang membentuk kehidupan, tapi bagaimana cara interpretasi dan evaluasi pengalaman yang membentuk kehidupan kita. Ajukan beberapa pertanyaan yang membangkitkan semangat setiap kali ada peristiwa baik atau buruk yang datang kepada anda.

Berbagi Semangat Dengan Orang Lain

"Tersenyumlah, maka dunia pun akan tersenyum kepada Anda" Dunia merupakan cerminan dari pribadi kita. Jika Anda berbagi semangat dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda, maka semangat mereka akan memantul balik kepada diri Anda sendiri. Tentu saja Anda akan menjadi lebih bersemangat jika melihat orang lain bersemangat karena Anda. ;-)

Lakukan Strategi Pembangkit Semangat ini dimanapun dan kapanpun Anda membutuhkannya.

"Bangunlah disaat orang lain tengah tertidur, Berpeluh bukan alasan untuk mengeluh"





DAFTAR PUSTAKA

·         Anonim,2016. “Pelaku Bersemangat” http://www.ipersonic.net/id/9.html (diakses 30 des 2018)
·         Anonim,2016. “Strategi Membangkitkan Semangat” http://indonesiaindonesia.com/f/109376-strategi-membangkitkan-semangat/ (diakses 30 des 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar